Buruan Upgrade! WhatsApp Tidak Akan Bekerja untuk Android dan iPhone Versi Jadul di 2021

WhatsApp-Hentikan-Layanan-Android-iPhone-2021

WhatsApp melayangkan kebijakan baru bahwa pihaknya tak lama lagi tidak akan mendukung sistem operasi jadul untuk Android dan iPhone. Aturan ini akan diterapkan dan beberapa smartphone terancam tidak bisa menggunakan layanan chatting WhatsApp lagi. Ponsel apa saja yang dinilai tidak akan mendapatkan update terbaru dari WhatsApp di tahun 2021?

Dilansir dari halaman resmi, WhatsApp hanya dapat digunakan minimal pada perangkat yang menjalankan OS Android 4.03 dan yang lebih tinggi sedangkan untuk dukungan perangkat iPhone tetap dapat dioperasikan minimal versi iOS 9 dan yang lebih baru. Selain itu, ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 di wajibkan untuk memperbarui sistem operasi masing-masing.

WhatsApp menyarankan kepada seluruh pengguna ponsel Android dan iPhone untuk memperbarui sistem operasi maupun perangkat lunak yang dimiliki ke versi terbaru. Selama perangkat yang kamu gunakan sudah pada versi terbaru maka tidak usah khawatir dengan hal seperti ini.

Daftar HP yang Diberhentikan Gunakan WhatsApp

Aturan ini secara resmi sudah diumumkan oleh pihak WhatsApp agar pengguna terus memperbarui perangkat untuk selalu mendapatkan informasi seputar aplikasi WhatsApp di masa mendatang. Disisi lain WhatsApp juga ingin menerapkan keamanan yang lebih privasi dan terlindungi dari sistem operasi yang telah usang dan meminimalisir terjadi kebocoran data.

Ponsel Android yang dinyatakan tidak akan mendapatkan akses ke WhatsApp antara lain yaitu HTC Desire,, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, Samsung Galaxy S2 dan semua perangkat yang menjalankan sistem operasi di bawah OS 4.0.3.

Sementara dari ponsel iPhone yang sudah tidak bisa mengoperasikan WhatsApp, seperti iPhone 4 dan yang paling rendah untuk sistem operasinya. Sedangkan pengguna iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S diwajibkan untuk melakukan pembaruan sistem operasi iOS yang setidaknya diatas iOS 9.

WhatsApp juga memberitahu bahwa layanan chatnya tidak mendukung opsi transfer riwayat chat dari Android ke iPhone ataupun sebaliknya. Namun, untuk opsional mengekspor riwayat chat dalam bentuk attachment email masih disediakan.

Cara Update Sistem Operasi Android dan iPhone

Sebelum melakukan pembaruan sistem pada perangkat smartphone sebaiknya cek terlebih dahulu sistem operasi apa yang saat ini sedang berjalan. Untuk perangkat yang menggunakan OS Android dapat dilakukan dengan cara membuka menu Settings > About. Kemudian nanti ada tampilan yang terdapat informasi detil seputar perangkat yang digunakan dan juga sistem operasinya. Beberapa smartphone Android ada juga yang hanya tinggal klik Tentang Ponsel tinggal sesuaikan saja untuk masing-masing perangkat kamu ya sob!.

Sedangkan bagi pengguna smartphone iPhone, caranya mudah yaitu membuka pengaturan dengan memilih Settings > General > Software Update. Di halaman ini sobat akan melihat informasi seputar ponsel yang sedang digunakan termasuk versi iOS tersebut.

Oiya sob, untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan selalu backup riwayat chat yang menurut kamu penting ya sebelum melakukan pembaruan aplikasi maupun sistem operasi dari perangkat ponsel tersebut. Hal ini dilakukan karena beberapa ponsel smartphone setelah melakukan pembaruan ada sedikit bug yang pasti ditemukan khususnya bagi pengguna Android. Demikian informasi mengenai pengumumman WhatsApp yang menyatakan tidak lagi mendukung perangkat Android dan iPhone versi lawas di tahun 2021 mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar