8 Aplikasi Chatting Populer dengan Keamanan Enkripsi Tercanggih di Dunia

Aplikasi-Chat-Perpesanan-Obrolan-Terbaru

Aplikasi chatting di tahun ini semakin banyak varian dan menawarkan fitur unik di dalamnya yang begitu banyak. Akan tetapi bukan hanya fitur yang ingin dirasakan pengguna melainkan keamanan privasi yang selalu terjaga dengan aman ketika menggunakan aplikasi tersebut. Selain keamanan, pengguna juga menginginkan performa yang stabil dan tidak mudah down entah itu dari jaringan maupun dari aplikasi itu sendiri.

Tidak sedikit juga aplikasi chat obrolan telah membocorkan data privasi dari pengguna aktif untuk dilemparkan kepada pihak ketiga seperti halnya pada insiden milik platform sosial FaceChance yakni LimitChat atas kasus kebocoran database yang berisi sekitar 132,214 files termasuk gambar, video, audio dan stiker gif.

Untuk menghindari kebocoran data, LocalHunter sudah merangkum pilihan aplikasi chatting terbaik yang paling populer dan memiliki keamanan terenkripsi terbaik yang pernah ada. Beberapa diantaranya sudah menggunakan variasi RSA dan AES sebagai enkripsi dan hash kunci yang paling aman untuk saat ini. Berikut aplikasi obrolan paling aman dan populer untuk di unduh.

Berikut adalah aplikasi chatting populer yang diklaim paling aman karena menggunakan enkripsi terbaik di dunia.
  1. Signal Private Messenger
  2. Wickr
  3. Messenger
  4. WhatsApp
  5. Telegram
  6. Wire
  7. Viber
  8. Briar Project

Aplikasi Chatting Terbaik dan Teraman Tahun 2021

1. Signal Private Messenger

Download-Signal-Logo-LocalHunter
Photo: Signal App (Wiki)

Aplikasi perpesanan yang satu ini memang belum terkenal di Indonesia akan tetapi beberapa orang penting telah menggunakan aplikasi ini seperti Edward Snowden, Jack Dorsey, Laura Poitras, dan Bruce Schneier yang masing-masing memberikan penilaian terbaik kepada Signal sebagai aplikasi obrolan paling aman digunakan.

Signal menggunakan protokol enkripsi end-to-end, dalam enkripsi ini berarti hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan masuk. Jika sebuah aplikasi tidak menggunakan enkripsi end-to-end maka server aplikasi diantara pengirim dan penerima mungkin dapat melihat pesan keduanya. Protokol ini sudah diterapkan untuk menjaga pesan gambar, video, audio hingga stiker.

Dengan menjunjung nilai keamanan data privasi pengguna, aplikasi Signal menggunakan enkripsi X3DH + Double ratchet + AES-256 ditambah lagi dengan key-exchange cryptographic Pre-keys, Curve25519 dan HMAC-SHA256.

Baru-baru ini aplikasi obrolan Signal menambahkan enkripsi untuk panggilan grup agar semuanya tetap terlindungi. Aplikasi ini berbasis open-source namun tidak membiarkan pengguna merasa terancam akan bahaya yang mengintai sebab Signal tidak akan merekam anggota grup, judul grup maupun atribut grup di dalamnya.

Signal dapat diunduh melalui Android, iOS, Windows, Linux dan macOS secara gratis.

Informasi selengkapnya: https://signal.org/

2. Wickr

Download-Wickr-Me-Free
Photo: Wickr Me (Wickr)

Mengedepankan keamanan privasi pengguna, Wickr meluncurkan dua produk berbeda untuk gratis dan berbayar yang masing-masing diberi nama Wickr Me, Wickr Pro dan Wickr Enterprise. Ketiga produk itu memiliki keamanan terenkripsi berbeda dengan tingkatan level sangat aman bahkan aplikasi ini banyak digunakan untuk instansi pemerintahan maupun militer.

 Untuk keamanan, Wickr belum pernah ada kasus kebocoran data oleh oknum peretas jahat alias bersih dari kasus seperti itu. Enkripsi end-to-end dan dilengkapi dengan teknologi antiforensik hingga multifactor autentikasi semakin meyakinkan bahwa aplikasi obrolan ini sangat menjaga pengguna dengan aman.

Wickr membawa enkripsi andalannya yang disebut sebagai Wickr Messaging Protocol yang di dalamnya berisikan Enkripsi end-to-end, Perfect Forward Secrecy dan Protection of Metadata. Artinya, dengan kelengkapan ketiga itulah pengguna akan dilindungi dari peretas yang ingin membocorkan pesan maupun informasi penting lainnya. Selain itu, Wickr juga tersedia cryptographic menggunakan SHA-256 dan HKDF.

Wickr Me, Wickr Pro, dan Wickr Enterprise dapat di unduh di berbagai platform termasuk Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux.

Informasi selengkapnya: https://wickr.com/

3. Messenger

Messenger-Icon-Logo-LocalHunter
Photo: Messenger (Mashable)

Messenger menjadi aplikasi favorit di Play Store karena memudahkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa harus membuka akun Facebook pribadinya. Pertama kali diluncurkan pada 9 Agustus 2011 yang dikembangkan langsung oleh platform raksasa media sosial Facebook.

Bukan hanya mengandalkan fitur chatting saja, Messenger juga memiliki fitur serupa dengan WhatsApp yang bisa melakukan video call, menonton film ataupun tontonan acara TV.  Aplikasi chat ini juga dapat melakukan aktivitas mengirim dan menerima uang dengan menambahkan akun Paypal, kartu debit dan kartu prabayar akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan untuk negara AS.

Messenger juga memiliki kemiripan dengan fitur WhatsApp terbaru yakni pesan akan menghilang sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh pengguna itu sendiri. Jika kamu pengguna gadget iPhone atau iPad, Messenger menyediakan keamanan ekstra ketat dengan menggunakan fingerprint ataupun masuk melalui face ID.

Kami menyarankan untuk mengaktifkan fitur keamanan yang ada pada pengaturan aplikasi Messenger masing-masing karena secara default ini tidak diaktifkan. Enkripsi yang digunakan Messenger adalah X3DH, Double ratched dan AES-256 sedangkan untuk cryptographic dan key-exchange menggunakan Pre-keys, Curve25519 dan HMAC-SHA256.

4. WhatsApp

Download-WhatsApp-Terbaru-2021
Photo: WhatsApp (LogosWorld)

WhatsApp merupakan salah satu opsional selain Messenger yang paling banyak di unduh di seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan mengutamakan kemudahan, cepat nan praktis untuk berkomunikasi secara daring. Pada versi terbaru, WhatsApp menambah pembaruan yang lebih berwarna salah satunya untuk keamanan privasi.

WhatsApp menggunakan Signal protokol yang di desain langsung oleh Open Whisper Systems sebagai basis enkripsi end-to-end dalam berkomunikasi yang aman dan terhindari dari pihak ketiga. Tipe publick-key yang digunakan WhatsApp ada tiga jenis yaitu Identity Key Pair, Signed Pre Key, dan One-Time Pre Key.

Komunikasi antara WhatsApp client dan WhatsApp server sudah di enkripsi seaman mungkin dengan menggunakan Curve25519, AES-GCM dan SHA256. Kemampuan lain yang dimiliki oleh WhatsApp juga dapat menyembunyikan metadata dari penyerang yang masuk secara tidak sah dan meminimalisir terjadinya kebocoran informasi pengguna. WhatsApp juga meyakinkan bahwa segala sesuatu yang bersifat penting dan rahasia tidak akan disimpan di server.

5. Telegram

Download-Telegram-Terbaru-2020-2021
Photo: Telegram (Nicepng)

Aplikasi chat Telegram juga tidak kalah populer dengan aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Aplikasi Telegram sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia karena banyak fitur yang menarik dibandingkan dengan WhatsApp yang terkadang sangat rentan sekali nomor telepon akan terbanned oleh sistem.

Pada versi Telegram 4.6, pengguna Telegram saat ini sudah menggunakan protokol MTProto 2.0 berbasis cloud chats dan enkripsi server-client sehingga semuanya terkendali dengan aman. Pesan yang dikirimkan akan terenkripsi oleh MTProto untuk membuat sistem yang kuat dengan melindungi data seperti seperti server salt (64-bit), session id, nomor urut pesan, panjang pesan dan waktu pengiriman pesan.

Server salt secara otomatis akan mengacak sesi setiap 24 jam atas permintaan server. Pesan yang baru saja dikirimkan untuk pengguna lain akan terisi salt baru. Kegunaannya adalah mencegah dari serangan replay dan trik tertentu yang dapat membahayakan untuk sisi pengguna.

Telegram membawa dukungan dua layer yang sangat terlindungi yaitu enkripsi server-client yang menggunakan Cloud Chats (privasi dan grup chat) dan enkripsi client-client yang berarti semua data seperti teks, gambar, audio, video ataupun dokumen akan terjaga. Jika digabungkan keseluruhan keamanan yang digunakan oleh Telegram terdiri dari MTProto 2.0, AES-256, AES IGE IV 256, Pre keys, Curve25519, dan HMAC-SHA256.

Dari seluruh aplikasi chat yang paling aman di dunia mungkin kita akan merekomendasikan pada aplikasi Telegram. Mengapa begitu? Pihak Telegram sendiri mengatakan siapapun yang dapat membocorkan pesan antar pengguna akan diberi hadiah sebesar $300,000 namun belum ada yang berhasil menemukan celah fatal di Telegram. Untuk mendapatkan pengalaman privasi yang lebih kuat silahkan memulai obrolan dengan mengetuk "Start Secret Chat".

6. Wire

Wire-Messenger-Pro-Enterprise
Photo: Wire Messenger (Wire)

Aplikasi chat Wire memang belum terkenal untuk pengguna di Indonesia akan tetapi masalah keamanan privasi tidak kalah juga dengan yang lain. Aplikasi perpesanan ini memiliki tiga produk diantaranya adalah Wire Red, Wire Pro dan Wire Enterprise yang ke semuanya tidak gratis alias berbayar.

Dari segi tampilan antarmuka, aplikasi ini tampaknya lebih cocok digunakan untuk perusahaan bisnis maupun instansi kenegaraan apalagi dengan ketiga produk berbeda sudah pasti menawarkan kelebihan yang berbeda pula.

Wire mengguanakan transfer protokol SRTP yang dikembangkan langsung oleh Real-Time Transport Protocol dengan fitur enkripsi, autentikasi, integritas pesan hingga mengontrol traffic dan menghindari serangan ke dalam data RTP secara langsung.

Wire juga diklaim handal dalam menangani serangan man-in-the-middle karena aplikasi chat ini sudah terlindungi oleh keamanan fingerprint. Lebih dari itu, aplikasi Wire juga memiliki keunggulan yang dimana jika lawan komunikasi sudah mengganti perangkat baru maka secara otomatis akan terdeteksi oleh sistem Wire dan jika ingin melanjutkan mengirimkan pesan sebelumnya maka ada dua opsi yang ditampilkan yaitu tampilkan kontak dan kirim pesan ulang.

Untuk mengamankan data informasi pengguna, Wire sudah mengaplikasikan keamanan terenkripsi terpercaya seperti Axolotl dan Double ratched untuk cryptographicnya sendiri menggunakan Curve25519, HMAC-SHA256, ChaCha20, dan AES-GCM-256.

Informasi selengkapnya: https://wire.com/en/

7. Viber Messenger

Viber-Messenger-PlayStore-AppStore
Photo: Viber Messenger (1000logos)

Yang satu ini juga belum populer di Indonesia namun sudah banyak digunakan di benua Eropa khususnya Inggris, Portugis, Jerman, Spanyol, Prancis hingga Rusia dan total unduhan menurut Play Store Viber sudah berhasil menembus angka 500 Juta di seluruh dunia.

Fitur perpesanan dari Viber juga tidak berbeda dengan kompetitor lain termasuk mengirim pesan, video call, audio, mengirim gambar, grup chat, panggilan grup chat, gabung komunitas, membuat stiker dan mengatur pesan menghilang secara otomatis.

Dengan Viber, komunikasi yang kamu lakukan dijamin aman dari serangan-serangan berbahaya yang ingin mencoba masuk ke perangkat secara tidak sah. Viber juga menjamin obrolan antar pengguna maupun panggilan telepon dan video tidak akan dapat dilihat serta di dengarkan oleh siapapun termasuk Viber sendiri. Selain itu, Viber juga menyediakan PIN yang berguna untuk menyembunyikan obrolan dan mencegah siapapun melihat obrolan kamu dengan pengguna lainnya.

Viber mendukung seluruh transfer protokol termasuk Http, Https dan SRTP yang secara otomatis sudah dihidupkan ketika perangkat membuka aplikasi. Meskipun enkripsi yang digunakan hanya Double ratched untuk menutupi kekurangan itu Viber melengkapinya dengan keamanan cryptographic Curve25519, HMAC-SHA256 dan ECDH.

Informasi selengkapnya: https://www.viber.com/

8. BriarProject

Photo: Briar Messenger (BriarProject)

Aplikasi obrolan dengan protokol Http ataupun Https mungkin sudah biasa dijumpai khususnya pada aplikasi seperti Messenger, WhatsApp dan kompetitor lain akan tetapi aplikasi chat Briar sedikit berbeda dengan salah satu andalannya yakni membawa enkripsi koneksi milik Tor. Protokol http milik Tor kali ini di masukkan ke dalam aplikasi chatting yang dimana segala komunikasi semuanya aman terkendali layaknya kita menggunakan Tor Browser dalam menjelajah internet.

Aplikasi perpesanan Briar menyediakan perpesanan pribadi super aman untuk digunakan sebagai publik, forum maupun blog dan menghindari pengawasan ancaman berdasarkan sensor seperti Metadata, pengawasan konten, filter konten, takedown, serangan DoS ataupun pemadaman internet. Enkripsi yang digunakan Briar adalah BTP dengan menggunakan cryptographic Pseudo random function milik BLAKE2b, uthenticated cipher dan random numbers.

Informasi selengkapnya: https://briarproject.org/

Kesimpulan

Terkadang kita hanya terfokus pada aplikasi obrolan yang hanya itu-itu saja akan tetapi banyak aplikasi lain yang tak kalah bagusnya namun dengan tingkat keamanan yang begitu terjaga. Sebenarnya aplikasi yang sudah diuraikan diatas memiliki tingkat keamanan paling canggih tinggal bagaimana pengguna menggunakan untuk berkomunikasi yang sewajarnya.

Aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia masih mendominasi Messenger, WhatsApp dan Telegram tak terkecuali kamu juga akan mencoba beberapa pilihan daftar terbaru aplikasi obrolan yang unik dan memiliki keamanan yang berbeda satu sama lain. Apakah kamu baru tahu aplikasi yang disebutkan diatas? Segera sebarkan ke temanmu dan rasakan manfaat keamanan privasi yang sebenarnya!