Apa Itu Spam Score dan Cara Mengetahuinya Pada Website

apa-itu-spam-score

Apa Itu Spam Score - Pentingnya membangun backlink yang berkualitas agar situs web yang kita kelola semakin dipandang oleh Google dan pastinya memberikan manfaat yang besar untuk tampil di halaman penelusuran. Akan tetapi, ada sejumlah faktor yang dapat menurunkan performa situs web salah satunya spam backlink.

Banyaknya backlink belum tentu situs web tersebut menjadi sukses di peringkat penelusuran, hal yang paling sering dijumpai bagi seorang pemula yang baru mencoba SEO yaitu menautkan backlink secara massal / sembarangan. Spam backlink yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah seperti penalti Google, peringkat merosot dan kasus yang paling parah halaman menjadi deindex.

Untuk mencegah terjadinya hal buruk seperti itu, kamu harus tahu bahwa algoritma Google penelusuran tidak dapat dipastikan, sebaiknya hindari praktik spam backlink yang tidak relevan dengan situs web yang kamu kelola. Nahh pada artikel ini kita akan mengulas mengenai "Apa itu Spam Score" dan beberapa indikator yang harus diperhatikan. Simak penjelasan berikut ini.

Metrik Spam Score untuk SEO

Julukan 'Spam Score' pertama kali diperkenalkan oleh Direktur Data Science dari perusahaan Moz tahun 2015 yang bernama Dr. Matt Peters. Penggunaan metrik ini diartikan untuk menunjukkan performa bagaimana domain dianggap spam oleh Google.

Perlu diketahui, Spam Score adalah metrik yang dikembangkan oleh pakar-pakar SEO dari perusahaan Moz dan ini bukan milik Google sebagai metrik algoritma untuk menentukan sebuah website. Umumnya, hasil dari hitungan Spam Score dapat memberitahu seorang SEO untuk selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti yang sudah disebutkan diatas.

Pakar SEO dari Moz membuat susunan indikator untuk menganalisis sebuah website dengan cara penilaian Spam Score. Setidaknya ada 27 indikator yang sudah diperbarui sebagai acuan apakah website tersebut dianggap spam oleh Google atau tidak. Jika situs web yang kamu miliki ada di salah satu indikator itu tidak perlu khawatir, yang perlu dikhawatirkan adalah semakin tinggi nilai Spam Score maka dapat dianggap spam oleh Google.

Pedoman Webmaster Google juga telah menjelaskan siapapun yang melanggar akan menindak manual seluruh situs tersebut. Berikut adalah contoh indikasi yang dianggap spam menurut Google:
  1. Membuat akun spam pada hosting gratis untuk membuat backlink sebanyak mungkin.
  2. Membuat postingan spam yang tidak relevan dengan situs web di berbagai forum.
  3. Melakukan teknik spam komentar pada situs orang lain.

Cara Mengetahui Spam Score Pada Website

Banyak situs yang menyediakan layanan untuk mengecek atau mengetahui berapa spam score yang ada pada situs web kalian. Untuk itu ada beberapa situs yang sering jadi patokan untuk melihat metrik penilaian spam score pada sebuah website. Berikut ini adalah situs-situs spam score checker terbaik.

1. Moz

Untuk menggunakan  layanan cek spam score website, kamu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah mendaftar, maka masuk ke halaman analitycs Moz yang beralamatkan https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/spam-score setelah itu masukkan nama domain dan klik tombol Analyze. Moz juga menyediakan persentasi nilai spam score melalui Linking Domain.

Menurut Moz, persentase yang aman untuk sebuah website adalah 1-30%, selanjutnya 31-60% dikategorikan resiko level medium dan 61-100% tingkatan paling parah yang memungkinkan Google akan menindak manual situs tersebut.

2. WebsiteSeoChecker


Situs ini menyediakan berbagai macam fitur yang membantu kamu dalam memperbaiki SEO onpage / offpage khususnya untuk menganalisis persentase nilai spam score. WSC adalah situs website checker yang digunakan kebanyakan SEO karena fitur lumayan banyak dan kelebihan lain yaitu gratis serta iklan tidak terlalu banyak.

Untuk mengecek spam score website, gunakan tautan https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority yang nantinya akan diarahkan ke halaman DA PA Checker. Lah kok malah kesitu ? Tenang, persentase spam score akan ditampilkan dengan kode URL sebagai SS tepat disamping URL MT (Moz Trust). Jika kamu bingung apa arti kode URL yang ada di WSC, arahkan cursor mouse ke huruf tersebut.

Indikator SEO Moz untuk Spam Score

Perusahaan Moz telah membuatkan daftar-daftar penilaian terhadap situs web apakah ia memiliki score yang bagus atau sebaliknya yang dianggap spam oleh Google. Analisis yang dikumpulkan oleh Moz menggunakan machine learning yang di dapat dari kumpulan data domain dari seluruh dunia yang terkena hukuman dari Google bahkan deindex. Berikut daftar indikator penting yang harus diperhatikan.

1. Moz Trust dan Moz Rank

Kedua metrik ini digunakan oleh Moz yang menentukan sebuah situs web yang memiliki backlink berkualitas rendah atau terlalu banyak backlink yang sembarangan. Cara kerja dari Moz Trust adalah jika nilai persentase website rendah dibanding nilai Moz Rank maka dapat dianggap situs spam perbandingan yang digunakan yaitu 1:10. Untuk menganalisa hal ini kamu dapat menggunakan Moz Link Explorer.

2. Rasio Dofollow dan Nofollow

Proporsi backlink yang berkualitas dan sehat akan berdampak kedepannya bagi situs yang kamu kelola, nah untuk menurunkan spam score secara alami kamu gunakan teknik yang mudah yakni memperhatikan rasio backlink dofollow dan nofollow. Hitungan rasionya kira-kira 50% untuk dofollow dan 50% untuk nofollow. Pastikan nilai ini selalu konsisten sebab algoritma Google sangat canggih dalam menilai sebuah backlink berkualitas atau tidak.

3. Rasio Anchor Text

Spam achor text sering dijumpai di halaman komentar yang biasanya situs tersebut sudah tidak diurus oleh pengelolanya. Meskipun kamu membuat anchor text yang banyak itu tidak terlalu berpengaruh kepada mesin crawl milik Google di halaman penelusuran. Contoh sederhana anchor text "solder uap", "blogging", "obat-obatan", "web gaming" dan lain-lain. Perilaku ini akan membuat dampak buruk pada peringkat situs web nantinya karena menggunakan praktik spam. Setidaknya achor text dioptimalkan secara organik dengan persentase 1-10% untuk membuat backlink anchor text.

4. Tautan Link Sedikit

Setiap situs yang memilik konten artikel lebih dari 400-600 kata dengan umur kurang lebih 2-4 tahun itu seharusnya memberikan dampak yang positif. Akan tetapi, jika halaman situs tersebut memiliki tautan link yang sangat sedikit maka tidak ada nilainya bagi Google. Jika konten yang dibuat berkualitas maka akan mendatangkan tautan berkualitas, sebaliknya jika konten tidak relevan dan tidak ditautkan oleh situs lain lama-lama akan dianggap situs spam.

5. Panjang dan Pendek Meta Keywords

Setidaknya tag meta keywords juga menjadi hal yang terpenting bagi seorang blogger pemula agar situsnya mudah dicari menurut kata kunci yang relevan dengan situsnya. Namun, untuk menggunakan meta keywords sebaiknya tidak terlalu panjang dan menggarap seluruh keywords yang ada.

6. Panjang Meta Description

Dua tag meta keywords dan description menjadi acuan untuk membantu mengoptimalkan performa SEO yang diterapkan di situs tersebut. Tidak bagus juga untuk membuat meta description yang terlalu panjang dan tidak user-friendly karena Google juga akan memotong setidaknya 120-150 karakter pertama.

7. Korelasi Domain TLD

Banyak sekali situs web yang membuat subdomain melalui hosting gratisan ditambah lagi tanpa adanya SSL kemungkinan besar Google akan mendeteksi hal tersebut menjadi situs spam karena dianggap tidak di imbangi dengan konten berkualitas.

8. Nama Domain Terlalu Panjang

Situs yang menggunakan nama domain terlalu panjang sudah pasti akan dianggap spam oleh algoritma Google sebab URL tersebut sangat tidak user-friendly dan sulit untuk dicari di halaman penelusuran. Apalagi dengan menambahkan kata kunci secara langsung pada nama domain, hal yang akan terjadi mungkin bisa saja situs itu terkena pinalti oleh Google.

9. Tidak Ada Form Kontak

Sebuah situs mengharuskan adanya halaman "hubungi kami" atau "kontak" untuk memudahkan pengunjung dapat berkomunikasi dengan sang pemilik situs. Ini juga menyangkut reputasi sebuah situs yang memiliki informasi dasar bagaimana pengunjung dapat menghubunginya.

10. External Link Menu Navigasi

Jika menggunakan template blogger gratis yang biasanya terdapat external link maka usahakan bersihkan terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Biasa external link pada template dapat ditemukan pada menu navigasi, footer ataupun sidebar, jika tautan external link semakin banyak pada web maka semakin tinggi juga spam score yang akan di dapat.

Demikian informasi mengenai Spam Score dan beberapa indikator yang penting untuk diketahui agar situs web / blog yang dikelola tidak terkena pelanggaran dari Google. Sebaiknya teruskan untuk membuat konten artikel yang bermanfaat sebisa mungkin hindari spam komentar yang tidak relevan di situs orang lain. Nilai spam score adalah nilai keseluruhan penilaian kualitas yang ada pada situs web bukan hanya sekedar backlink semata.