3 Cara Menghilangkan Kode URL ?m=1 dan ?m=0 di Komputer maupun HP

menghilangkan-m1-blogger

Seorang blogger sudah pasti ingin memiliki segalanya yang user-friendly dan tampilan yang menarik serta responsive untuk itu berbagai cara mencari template yang bagus dan ramah untuk pengguna PC ataupun perangkat mobile. Namun, pernahkah kamu melihat URL situs blog milik orang lain yang memiliki akhiran ?m=1 ataupun ?m=0, jika iya maka itu akan sedikit mengganggu keindahan permalink kan.

Lalu, apa si arti kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL blogger ? Parameter URL itu adalah penanda identitas sebuah blog yang biasanya tidak dipasangi rel=canonical oleh pembuat template, contohnya seperti ini <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> jika ini dipasang seharusnya tidak ada masalah menganai hal ini.

URL yang diakhiri dengan ?m=1 adalah penanda bahwa seseorang mengakses situs blog melalui perangkat seluler, sedangkan untuk akhiran ?m=0 adalah kode URL yang diakses melalui komputer atau laptop. Sebenarnya ini tidak menjadi masalah yang besar, namun setidaknya perlu diperbaiki untuk mendapatkan parameter URL yang user-friendly di mata Google.

Apakah Kode ?m=1 di Blogger Perlu Diatasi?

Jika kamu ingin membuat tampilan situs blog yang profesional mulai dari template hingga konten seharusnya masalah kecil seperti ini perlu diatasi juga. Sebagian orang mengatakan bahwa kode ?m=1 dapat mengakibatkan duplikat konten dan sedikit mengurangi nilai SEO pada situs. Apakah hal tersebut benar adanya?.

Untuk masalah akhiran URL ?m=1 pada blog ini tidak mengganggu nilai SEO pada sebuah blog. Sedangkan untuk pertanyaan duplikat konten mungkin ada sedikit pembenaran yang menurut pribadi itu benar adanya. Jika akhiran kode itu masih ada di blog, kamu akan mendapati pemberitahuan di Google Webmaster Tools pada menu Cakupan dan jika ada tulisan "Duplikat, URL yang dikirim tidak dipilih sebagai versi kanonis" maka periksalah apakah ada kode ?m=1 atau tidak di URL blog kamu.

Perlu diketahui, ini bukan masalah besar untuk situs blog, kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal akhiran kode tersebut. Namun, setidaknya harus mengatasi dan memperbaiki parameter URL blog agar terlihat ringkas dan rapih khususnya ketika diakses oleh pengunjung.

Untuk mengatasi kode URL ?m=1 dan ?m=0 situs blogger yang diakses melalui PC atau perangkat seluler ada dua cara yang nantinya akan dibagikan.

Cara Menghilangkan URL ?m=1 dan ?m=0  pada Blogger HP / PC

Cara Pertama

1. Silahkan masuk akun Blogger dan pastikan kamu adalah pemilik Blogger tersebut.

2. Pada halaman dashboard, silahkan pilih menu Tema > Edit HTML, setelah itu tinggal copy-paste kode yang ada di bawah ini tepat diatas tag </body>


3. Jika sudah, simpan tema dan silahkan akses blog kemudian refresh.

Cara Kedua

1. Silahkan masuk akun Blogger sebagai pemilik pribadi

2. Pergi ke halaman Tata Letak > Edit HTML / JavaScript lalu lakukan copy-paste kode yang ada di bawah ini.


3. Kemudian simpan dan silahkan refresh blog.

Cara Ketiga

1. Silahkan login menggunakan akun Blogger

2. Pilih menu Settings > Search Preferences lalu aktifkan fitur custom robots.txt, kemudian copy-paste kode berikut ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow: /?m=1
Allow: /
Sitemap: https://yourblog.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

3. Simpan setelan dan coba lihat dan perhatikan kode URL situs blog.

Posting Komentar

0 Komentar