TSMC Konfirmasi Akan Luncurkan Chip 3nm dengan 80 Miliar Transistor GPU Pada 2022

tsmc-intel-amd-samsung-chip-3nm

Perusahaan TSMC mengkonfirmasi pabriknya akan memproduksi node chip 3nm secara massal pada tahun 2022. Menurut portal berita China, ItHome, chip 3nm milik TSMC akan dikemas dengan 250 juta transistor per milimeter persegi silikon. Setidaknya dua kali lebih padat daripada chip 10nm terbaru yang dimiliki oleh Intel. Ini berarti chip TSMC dengan teknologi 3nm dapat lebih unggul dalam pengaktifkan GPU dan tiga kali lebih kompleks dibanding chip AMD Radeon RX 6000.

TSMC juga berkolaborasi dengan CPU Ryzen dan GPU Radeon guna memproduksi perangkat berkinerja tinggi. Tidak hanya itu, TSMC juga turut memproduksi chip kelas atas yang dimiliki oleh NVIDIA. Dengan adanya teknologi chip 3nm, kemajuan kinerja komputer akan jauh lebih cepat dan lebih kompleks.

Intel menganggap produksi chip 10nm terbaru yang dimiliki sangat bagus untuk bekerja pada 100 juta transistor per milimeter persegi. Namun, chip 7nm TSMC diklaim paling halus dan sedikit lebih cepat dengan 113 juta transistor per milimeter persegi.

TSMC memberanikan diri untuk memproduksi chip 3nm dengan 250 juta transistor per milimeter persegi, kemungkinan besar akan mendekati 300 juta transistor GPU. Jika produksi ini dilakukan di akhir tahun 2022, maknanya perusahaan TSMC berhasil meluncurkan chip 2.5x dan 3x lebih padat dibanding chip 7nm yang digunakan oleh AMD dan chip grafis lainnya saat ini.

TSMC mengembangkan chip dengan kepadatan jauh lebih kecil dan kompleksitas harga murah. Namun, chip yang ia buat tidak mengurangi proses kinerja yang tinggi dan super cepat. TSMC juga sangat mempertimbangkan untuk pendesainan chip yang lebih kompleks dan menyesuaikan chip grafis ternama, seperti AMD.

Jika TSMC mendorong produksi chip 3nm dengan 80 miliar transistor GPU, maka GPU AMD Navi 21 pada seri Radeon 6800 dan Radeon 6900 7nm akan jauh tertinggal, sebab ia hanya memiliki 27 miliar transistor GPU.

Meskipun begitu, AMD tidak penasaran terhadap chip yang dibuat oleh TSMC, karena perusahaan TSMC sendiri sudah memproduksi chip 5nm terbaru milik Apple dan diklaim memiliki nilai 173 juta transistor per milimeter persegi. Mau tak mau AMD juga harus mendesain ulang kembali pada chip 7nm miliknya.

Namun, jangan terlalu berharap jika AMD GPU akan memiliki 80 miliar transistor GPU di tahun 2022 mendatang. Meskipun begitu, ini mungkin saja terjadi dan hanya waktu yang akan menjawabnya.

Disisi lain, AMD juga memberikan angin segar kepada publik dengan mengungkapkan arsitektur CPU berikutnya yang akan rilis, yakni Zen 4 yang dibangun diatas node chip 5nm milik TSMC di tahun 2022. Jadi, CPU AMD dengan chip 3nm belum ada kabar pastinya untuk peluncurannya di tahun 2022.

Intel juga turut meramaikan pasar pembuatan chip di akhir tahun 2022 dengan proses node chip 7nm dan pihaknya akan siap menggunakan 250 juta transistor per milimeter persegi. Sedangkan untuk Samsung, juga akan hadir dengan chip 3nm yang akan bersaing dengan TSMC pada paruh kedua 2022.

#TSMC #Chip