Sistem Keamanan Protocol DeFi Flash Loan Diretas dan Hacker Ambil Untung $6000.000 USD di DAI

Sistem Keamanan Protocol DeFi Flash Loan Diretas dan Hacker Ambil Untung $6000.000 USD di DAI


Value DeFi mengklaim memiliki teknologi keamanan tinggi yang mampu mencegah serangan pinjaman kilat. Namun, tweet tersebut telah dihapus karena peretas berhasil menjebol sistem keamanan protocol yang dimilikinya. Selain itu pelaku peretas juga berhasil mencuri $8 Juta USD di dalam brankasnya.

Sehari Value DeFi membuat postingan tersebut, sindikat peretas langsung meluncurkan serangan dan menjarah seluruh brankas stablecoin milik Value DeFi dan diperkirakan yang dicuri peretas mencapai $8 Juta stable coin dari DAI. Namun, peretas itu hanya mengambil $6 Juta dan sisanya dikembalikan. Selain itu, peretas juga meninggalkan pesan kepada Value DeFi, "Apakah Anda tahu tentang Flash Loan?".

Atas insiden peretasan Flash Loan, Value DeFi ungkap kerugian besar mencapai $6 Juta USD. Value DeFi juga menambahkan bahwa peretas mengembalikan $2 Juta USD ke protocol.

Kemudian, peretas juga mencuri pinjaman dengan total 80.000 Eter dari platform Aave dan mengalihkan serangan kembali pada Uniswap disertai berhasilnya ia mendapatkan pinjaman $116 Juta USD dari DAI. Value DeFi jug mengklaim bahwa peretas menukarkan pinjaman ETH dengan stablecoin ke dalam protocol.

Sebelum memutarkan stablecoin, peretas meretas terlebih dahulu brankas protocol Value DeFi baru kemudian memutarkan hasil yang ia curi dengan USDT, USDC dan DAI.

Flash Loan merupakan pinjaman tanpa adanya angunan karena penyedia layanan mengharapkan mendapatkan keuntungan dari satu blok transaksi milik pengguna tersebut. Alhasil celah ini dimanfaatkan peretas dalam mengeksploitasi kerentanan untuk mencuri jutaan dollar dan meraup keuntungan besar dalam satu hari.

Value DeFi mencari cara untuk menggantikan jumlah dana bagi pengguna yang terkena imbas atas insiden peretasan ini. Cara yang dicoba adalah pengguna dapat mengambil sekitar 20% di DAI. Selain itu, protocol juga menaikkan biaya agar kompensasi bagi seluruh pengguna bisa terpenuhi.

"Kompensasi ganti rugi ini di dapat dari dana dev, dana asuransi dan sebagian dari hasil harga yang sudah dinaikkan oleh protocol," ujar Value DeFi.

Peretasan ini terjadi setelah insiden lainnya yang juga terkena imbasnya yaitu Akrapolis sebanyak $2 Juta USD dan harga token Value DeFi untuk saat ini mengalami penurunan harga sekitar 28%.


Anda mungkin menyukai postingan ini