Ransomware REvil Targetkan Layanan Hosting Managed.com Hingga Rugi Miliaran

Ransomware REvil Targetkan Layanan Hosting Managed.com Hingga Rugi Miliaran

managedcom-diserang-ransomware-revil

Penyedia layanan hosting terkemuka, Managed.com baru saja diserang ransomware yang diberi nama REvil. Akibatnya, seluruh server pusat ataupun milik pelanggan-nya diputuskan dan tidak bisa diakses sebagai tindakan pencegahan terjadinya enkripsi file penting milik pelanggan.

Menurut laporan ZDNet, awal terjadinya serangan ransomware REvil tercatat pada Senin (16/11/20) yang mengakibatkan lumpuh-nya layanan jaringan hosting Managed.com hingga kabarnya beberapa pelanggan yang sudah terdaftar juga terkena dampak atas serangan ini.

Managed.com juga mengkonfirmasi bahwa sejumlah pelanggan disana juga terkena dampak-nya. Akan tetapi, pihaknya secara cepat dan sigap langsung memutuskan layanan jaringan hosting milik pelanggan tersebut.

"Atas informasi serangan ini, kami sangat mewaspadai dan berhati-hati jika terjadi serangan lanjutan. Maka dari itu, kami putuskan untuk menonaktifkan seluruh sistem baik dari cloud hosting, shared hosting dan layanan lain yang tersedia," ujar Managed.com.

Sudah 3 hari setelah serangan ransomware REvil dilancarkan untuk Managed.com sehingga situs web resminya hingga saat ini tidak bisa diakses.

Awalnya, Managed.com tidak menanggapi secara serius dan menganggap ini hanya serangan terjadwal biasa. Namun, beberapa pelanggan sudah terkena imbas terlebih dahulu dan operator penyebar ransom REvil mengirimkan email dan pesan kepada Managed.com.

Secar teknis, serangan ini mengganggu sistem hosting terkelola seperti WordPress, DotNetNuke, FTP, RDP, DNS, Email Server hingga database milik pelanggan.

Managed.com saat ini sudah membawa laporan ke penegak hukum untuk menindaklanjuti terkait layanan hosting-nya diserang peretas sembari memulihkan ekosistem layanan hosting milik pelanggan-nya.

REvil Meminta Tebusan 7 Miliar

Berdasarkan informasi yang dikutip dari BleepingComputer, bahwa operator penyebar ransomware REvil menuntut perusahaan Managed.com untuk membayar sejumlah uang dalam bentuk mata ung kripto Monero sebesar $500.000 USD atau sekitar 7 Miliar jika ingin mendapatkan decryptor dari REvil.

Tidak hanya Managed.com yang menjadi korban serangan ransomware REvil, akan tetapi, sejumlah daftar layanan hosting lain-nya juga pernah menjadi target sasaran serangan ini, termasuk Equinix, CycrusOne, Cognizant, X-Cart, A2 Hosting, SeaChange, SmarterASP, Internet Nayana, Travelex dan Brown-Forman.


Anda mungkin menyukai postingan ini