NVIDIA Siap Gunakan Teknologi Smart Access Memory Mirip AMD

NVIDIA Siap Gunakan Teknologi Smart Access Memory Mirip AMD

nvidia-amd-smart-access-memory-technology

AMD telah menerbitkan benchmark untuk Radeon RX 6000 yang menunjukkan peningkatan kinerja dengan menggunakan Smart Access Memory bersama dengan prosesor seri Ryzen 5000 terbaru. Tapi NVIDIA sudah ada hubungannya dengan keunggulan ini.

Menurut pernyataan dari perusahaan kepada Gamers Nexus, itu akan memperkenalkan fitur serupa yang akan meningkatkan efisiensi transfer data antara GPU dan prosesor. Faktanya di lab NVIDIA, fungsi ini sudah berfungsi pada kartu grafis Ampere.

Selain itu, NVIDIA mengklaim bahwa teknologinya akan bersifat universal dan akan dapat bekerja sama baiknya dengan prosesor Intel dan AMD, termasuk melalui PCIe 3.0, sedangkan solusi AMD membutuhkan prosesor seri AMD Ryzen 5000, motherboard pada chipset X570 dan akselerator grafis Radeon RX 6000.

Deskripsi tersebut mengatakan bahwa Smart Access Memory memungkinkan CPU dan GPU untuk bertukar informasi melalui saluran PCIe yang lebih luas. Detail teknisnya tidak diketahui, dan AMD hanya mengatakan bahwa CPU dan GPU biasanya dibatasi pada aperture 256 MB untuk transfer data, yang membuat tangan pengembang game terikat dan juga membutuhkan perpindahan yang sering antara prosesor dan memori utama jika datanya melebihi batas ini. Akibatnya, efisiensi turun dan produktivitas menurun.  Smart Access Memory menghilangkan penghalang itu, ujar AMD.

amd-ryzen-rx-5000-smart-access-memory-nvidia

Deskripsi ini seperti mengubah ukuran BAR PCIe dengan fitur standar yang dijelaskan dalam spesifikasi PCIe, menurut NVIDIA. Dan jika pengolah grafis mendukungnya, maka kamu dapat meningkatka kinerja  dengan hanya mengatur parameter yang sesuai di BIOS dari kartu video dan motherboard. NVIDIA mengatakan GPU-nya mendukung fitur ini, meskipun itu membutuhkan aktivasi. Sedangkan untuk prosesor, setiap chip Intel dan AMD yang bekerja dengan PCIe harus dapat mengaktifkan teknologi ini.

Mungkin AMD akan menurunkan persyaratan prosesor dan motherboard di masa mendatang jika NVIDIA benar-benar memperkenalkan fungsionalitas serupa di semua platform. Untuk saat ini, NVIDIA mengatakan pengujian awalnya menunjukkan peningkatan kinerja yang serupa melalui AMD Smart Access Memory dan bahwa fitur serupa akan disertakan dalam pembaruan firmware di masa mendatang. Namun, perusahaan belum mengumumkan tanggal rilis untuk pembaruan ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini