Layanan Situs Foto Terkenal Kebocoran Data 8.3 Juta Akun Pengguna

Layanan Situs Foto Terkenal Kebocoran Data 8.3 Juta Akun Pengguna

Layanan situs photo beralamatkan 123rf.com mengalami masalah kebocoran data setelah informasi ini menyebar luas di forum hacker yang menjelaskan bahwa ia mendapatkan database 8.3 Juta akun pengguna aktif.

Situs 123rf.com merupakan layanan stok photo premium yang sangat populer. Di situs tersebut juga menjual berbagai macam bahan multimedia seperti vector, video, footage, audio serta terdapat tools untuk desain. Dari hasil data yang di dapat dari SimilarWeb, 123rf.com memiliki pengunjung setia sebanyak 26 Juta dari seluruh dunia setiap bulannya.

Photo: 123rf.com Leaked Database (BleepingComputer)

Isi sample database yang dijual belikan di forum seperti alamat email, email paypal dan termasuk juga alamat IP, password MD5, nama perusahaan dan nomor telepon. Informasi kebocoran data ini tidak termasuk alamat penagihan maupun kartu kredit.

123rf.com Konfirmasi Atas Insiden Kebocoran Data

Inmagine Group selaku pemilik dari situs 123rf.com menyatakan atas insiden kebocoran data pada server pusat data itu benar terjadi dan dilakukan oleh sindikat kelompok hackers.

Selain itu Inmagine Group juga memberitahu bahwa database yang diperoleh hacker bukan catatan baru melainkan isi database sudah lampau yakni tanggal 27 Oktober 2019. Sementara dilain hal, password yang diterapkan oleh 123rf.com hanya menggunakan enkripsi MD5.

Baca Juga: Gawat! 15 Juta Akun Pengguna Tokopedia dibobol

Demi menjaga keamanan data pengguna, Inmagine Group akan berupaya membawa insiden ini ke pihak berwenang sebagaimana pihaknya ingin selalu menjaga privasi seluruh anggota yang terdaftar di situs 123rf.com.

Anda mungkin menyukai postingan ini