Harga Bitcoin Sentuh Angka $15.000 Kalahkan Saham Paypal dan Netflix

Harga Bitcoin Sentuh Angka $15.000 Kalahkan Saham Paypal dan Netflix

Berdasarkan data pasar kapitalisasi dalam beberapa bulan terakhir, bitcoin meroket dengan harga tertingginya sekitar $280 miliar yang sebelumnya hanya bisa mencapai $190 miliar. Alhasil dengan melonjaknya pasar kapitalis bitcoin berhasil melampaui perusahaan ternama dunia.

Di awal bulan September lalu, pasar kapitalisasi bitcoin mencapai $214 miliar dan pada saat itu harga 1 bitcoin setara dengan $10.000. Data tersebut didapat dari grafik coinmarketcap.com.

Hanya hitungan dua bulan, harga bitcoin melonjak drastis hingga $15.840 USD atau sekitar 225 Juta sedangkan untuk harga pasar kapitalisasinya mencapai $292 miliar dan juga bitcoin menjadi salah satu aset kripto yang melampaui perusahaan ternama di AS.

Pasar Kapitalisasi Bitcoin Setara Perusahaan Ternama di AS

Nilai harga pasar kapitalisasi jika disandingkan dengan perusahaan terbesar di AS, bitcoin akan menduduki peringkat ke-18 dan mengalahkan perusahaan besar seperti Abbott Laboratories, Merck dan lainnya.

Diposisi ke-17 diduduki oleh Home Depot yang memiliki harga pasar kapitalisasi mencapai $306 miliar. Sebelumnya diposisi ke-18 di isi oleh Verizon dengan aset kapitalisasi sebesar $242 miliar disusul Paypal dan Adobe.

Posisi 18 hingga 29 ditempati oleh Verizon, Paypal, Adobe, Salesforce, Disney, Netflix, Coca Cola, Bank of America, Thermo Fisher, Comcast, Merck dan Abbott Laboratories.

Saat ini pasar kapitalisasi bitcoin berada di harga $292 miliar artinya ia lebih besar dan memungkinkan menggeser seluruh daftar perusahaan terbesar tersebut.


Photo: Marketcap Capitalization (dogsofthedow.com)

Jika bitcoin ingin menggeser peringkat NVIDIA, Mastercard, UnitedHealth maupun JPMorgan Chase maka hitungannya adalah harga bitcoin sekitar $23.000 dengan pasar kapitalisasinya sebesar $426 miliar.

Baca Juga: Youtube Down, Apa Penyebabnya?

Pada hal yang sama, untuk menembus dan melampaui singgasana perusahaan Apple maka harga bitcoin harus mencapai angka $120.000 dengan harga pasar kapitalisasi setidaknya menyentuh angka sebesar $2 triliun.

Memungkinkan Investor Tertarik oleh Bitcoin

Di akhir tahun 2020 perjalanan rally bitcoin menemukan harga tertingginya namun analisis penggiat kripto berharap bitcoin dapat menemukan harga barunya dan menjadikan nilai tertinggi untuk tahun 2021 nanti.

Rekor harga tertinggi bitcoin berada di tahun 2017 saat itu terjadi karena pengurangan hadiah untuk blok di tahun 2016. Namun pada bulan Mei 2020 bitcoin mulai kembali normal dan kemungkinan besar harga tertinggi barunya akan dilihat di pertengahan 2021.

Investor Tyler Reynolds sekaligus sebagai mantan karyawan Google mengatakan pasokan bitcoin membuat sejumlah investor lainnya tertarik karena aset lindung yang tidak dibatasi dan juga tahan lama.

Investor lainnya seperti Paul Tudor menyebutkan bahwa bitcoin menjadi salah satu aset kripto yang paling dominan bermain di inflasi dan menjadi aset safe-heaven layaknya emas yang bakal menunjukkan eksistensi di tahun berikutnya.


Anda mungkin menyukai postingan ini