FujiFilm GFX100 IR: Kamera Canggih untuk Digital Forensik, Ini Fitur Terbaiknya!

FujiFilm-GFX100-IR-Kamera-Digital-Forensik

Belum lama ini produsen kamera FujiFilm meluncurkan kamera digital dengan sebutan GFX100 IR. Dari segi desain hampir sama persis dengan GFX100, bedanya ada pada penggunaan sensor diagonal dengan skala 55mm dan dilengkapi mirrorless infrared beresolusi tinggi.

Meskipun desain sama dengan pendahulunya, untuk tipe yang terbaru ini lebih memiliki sensasi yang lebih menakjubkan, dikarenakan kamera ini dibalut dengan teknologi X-Processor 4 sebagai mesin utama yang diklaim memiliki kecepatan 0,4 detik untuk menghasilkan jepretan hingga 400 Megapiksel.

FujiFilm pertama kalinya menerapkan kamera digital mirrorless yang dilengkapi oleh In-body Image Stabilization (IBIS) sehingga pada produksinya dapat menghasilkan sensor berkualitas tinggi. Agar hasil foto menjadi presisi dan tetap berkualitas, GFX100 IR menggunakan sensor format sekitar 35mm dengan bantuan mekanisme dari Image Stabilization 5-axis compensation.

FujiFilm juga memperhatikan body kamera digital ini dengan sangat serius, terbukti dari rancangan body resistance yang mampu menahan kondisi ekstrim dari debu, kelembapan, bahkan suhu terdingin sekalipun. Kamera ini sangat kuat dalam temperatur -10℃ – 40℃.

Panel monitor belakang dari GFX100 IR berfungsi sebagai menampilkan berbagai data hasil jepretan yang sebelumnya ditampilkan di LCD utama. Sub monitor ini menggunakan layar sentuh berjenis LSD Monitor dengan ukuran 3.2 inci dengan aspek rasio 4:3. Monitor ini dapat dimiringkan ketiga arah sekaligus, 90° arah atas, 60° arah kanan, dan 45° arah bawah.

Fitur istimewa GFX100 IR yang dibuat oleh FujiFilm adalah terintegrasinya sensor infrared yang dapat mendeteksi objek foto dengan detail dan tajam. Namun, saking canggihnya sensor infrared dari GFX100 IR kamera digital ini tidak dijual sembarangan, mungkin nantinya akan dijadikan kamera digital dengan tujuan penelitian forensik dan cagar budaya.

Fitur fotografi menarik yang dipersembahkan oleh GFX100 IR juga tak kalah keren, misalnya Range priority, Highlight tone, Shadow tone, Sharpness, Noise reduction, Lens Modulation Optimizer, Pixel mapping, AF Illuminator, Preview depth, Multiple exposure, Face/Eye Digital Split Image, Color space serta dilengkapi wireless transmitter.

Ketersedian kamera digital FujiFilm GFX100 IR akan siap luncur pada Quartal 2021, mengingat kualitas spesifikasi yang memukau harga yang ditawarkan mungkin bisa ditaksir ratusan juta apalagi kamera ini tidak diperjual belikan secara massal dan hingga hari ini FujiFilm belum memberikan edaran pasti soal harga GFX100 IR.