Cara Mencari Domain Expired Berkualitas Untuk PBN, Blog Zombie, SEO, Aged Domain, Moneysite

Cara Mencari Domain Expired Berkualitas Untuk PBN, Blog Zombie, SEO, Aged Domain, Moneysite

expired-domain

Cara Mencari Domain Expired Berkualitas. Membangun sebuah blog memang harus mempunyai perjalanan yang panjang apalagi blog tersebut masih dalam kategori baru. Blog baru akan sangat sulit untuk bersaing dengan berbagai macam situs besar apalagi yang menggunakan CMS Wordpress, Joomla, Opencart dan lainnya yang mungkin secara fitur mereka mempunyai tools-tools optimasi seo sendiri.

Agar situs blog yang kita miliki dilirik oleh Google banyak cara yang harus dikerjakan mulai dari optimasi onpage, optimasi offpage, backlink dan segala macam trik SEO. Terutama pada pembahasan di artikel ini yakni cara mencari domain expired berkualitas dan sedikit pengertian apa itu domain expired. Mari kita kupas tuntas semuanya !

Apa Itu Expired Domain?

Sebuah alamat domain memiliki history tanggal pembuatan hingga masa kaduluarsa. Untuk mencegah domain yang dikelola dari masa kadaluarsa maka pemilik situs tersebut harus memperpanjang umur domain sebelum masa kadaluarsa. Jika pemilik situs tidak memperpanjang domain, maka domain tersebut akan dihapus oleh registrar, tidak bisa diakses bahkan artikel di dalamnya akan di deindex oleh Google.

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

1. Seleksi Nama Domain

Ketika sedang mencari sebuah nama domain yang sudah expired, maka kamu harus memperhatikan hal-hal yang buruk seperti penggunaan frase kata atau exact-match domain. Exact-Match digunakan untuk menembak kata kunci secara langsung agar berhasil muncul di halaman pertama pencarian. Namun ide tersebut saat ini sudah tidak berlaku karena memiliki kualitas rendah di mata Google.

Apakah kita boleh menggunakan nama domain dari instansi / perusahaan lain yang sudah expired? Apakah kita nanti terjerat hukum terkait menggunakan merk orang lain? Jawabannya adalah sah saja. Sebab di Indonesia belum menerapkan tentang kebijakan peraturan yang secara khusus mengatur nama domain dan sejauh ini penamaan domain masih tunduk pada peraturan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai otoritas yang berwenang mengurusi IP Address dan nama domain secara internasional.

Namun jika terjadi sengketa nama domain maka akan diarahkan dan tunduk kepada UDRP (Uniform Dispute Resolution) akan tetapi di Indonesia juga belum menerapkan UDRP sebagai undang-undang.

Simpulannya adalah bahwa nama domain merupakan konsep penamaan dari sebuah ip address, sedangkan merk adalah status kepemilikan yang mutlak. Untuk peraturan Undang-Undang Merk sudah diatur dalam UU MIG Pasal 100 ayat (1) dan (2). Meski belum ada aturan tentang penamaan domain secara rinci sebaiknya tinggalkan saja daripada ribet jadinya.

2. Sesuaikan Niche

Pastikan dalam mengeksplore expired domain sesuaikan dengan niche blog yang kamu miliki seperti contoh jika topik utama blog membahas seputar teknologi maka cari juga blog yang serupa dengan topik pembahasan tersebut.

Jika kamu tidak ingin sesuai dengan niche atau hanya ingin menjadi blog gado-gado maka bisa menerapkan general niche dan bangunlah blog yang kamu miliki dengan berbagai macam kategori menarik.

Sebisa mungkin dan lebih baik sesuaikan niche agar backlink dari domain expired tersebut menjadi relevan dan memberikan pengaruh yang berkualitas pastinya.

3. Patokan Umur Domain

Perlu diperhatikan juga untuk umur domain dari sebuah blog yang sudah expired. Setidaknya umur domain yang disarankan adalah 2 tahun dihitung dari awal domain tersebut di daftarkan. Untuk mengecek umur domain dari sebuah situs, silahkan gunakan alat bantu whois.net, who.is, whois.domaintools.com ataupun menggunakan archive.org.

4. Cek Index Google

Domain expired yang berkualitas kemungkinan besar masih tersedia di halaman pencarian sebab jika sebuah situs yang tidak menampilkan data artikel di pencarian maka artinya situs tersebut terkena pinalti dan akibatnya situs tersebut sudah di deindexed oleh Google. Angka minimal yang baik yaitu muncul di beberapa halaman pencarian Google setidaknya 1 atau 2 halaman itu sudah cukup bagus.

5. Backlink Anti Spam

Hal ini sangat disarankan dalam mencari domain expired berkualitas. Untuk poin yang satu ini mengharuskan kamu melakukan cek ulang secara manual apakah backlink dari situs yang sudah kita targetkan sesuai dengan niche atau hanya backlink spam dan tidak relevan dengan niche blog kamu.

Backlink yang bagus dan baik serta berkualitas adalah contextual link yaitu backlink bagian dari sebuah artikel yang dibuatnya. Hal yang harus kamu hindari adalah spam anchor text seperti contoh frase kata sell, buying, online, cheap dan segala macam jenisnya.

Usahakan backlink antara atribut dofollow dan nofollow memiliki nilai yang seimbang agar Google melihat situs blog yang kamu miliki terlihat natural bukan spam.

6. Parameter Metrik DA / PA

Umumnya parameter Domain Authority dan Page Authority tidak terlalu penting untuk mencari domain expired yang berkualitas. Mengapa demikian? Karena tools yang menampilkan data DA / PA ataupun TF / CF dari sebuah situs tidaklah akurat 100% meskipun ia memiliki nilai yang sangat tinggi apalagi tools yang bertebaran di mesin pencari bukanlah milik Google. Namun dengan angka tersebut bisa menjadi acuan untuk mencari domain expired yang baik.

Anda mungkin menyukai postingan ini