Cara Membuat Auto Reply Pesan di Gmail Hanya 2 Menit

Cara Membuat Auto Reply Pesan di Gmail Hanya 2 Menit

email-auto-responder-gmail


Sebagai pekerja kantoran rata-rata memiliki waktu yang tidak banyak untuk liburan bersama keluarga terutama di saat hari weekend. Di saat liburan sudah seharusnya kita nikmati dan melepaskan penat yang berkaitan dengan pekerjaan.

Namun, sebagai pekerja yang memiliki koneksi dengan banyak orang pastilah gadget yang kamu miliki tidak pernah sepi dari notifikasi email dari rekan kerja ataupun seseorang yang membutuhkanmu di waktu genting meskipun kamu sedang liburan bersama keluarga.

Untuk meminimalisir banyaknya pesan email pada gmail, kamu cukup memberitahukan kepada mereka bahwa untuk beberapa hari kedepan tidak bisa membalas gmail secepat hari biasanya. Gimana caranya?Jika kamu pengguna Gmail, fitur ini wajib dicoba bagi yang tidak memiliki waktu untuk pekerjaannya di hari libur.

Dengan adanya fitur balasan otomatis melalui email maka itu sangat membantu sekali bagi kita yang sedang berlibur. Namun bagaimana caranya? Berikut cara membuat pesan balasan otomatis melalui aplikasi Gmail.

1. Login akun Gmail kamu melalui komputer ataupun laptop. Kemudian arahkan cursor ke icon gear pada bagian kanan atas. Setelah itu pilih opsi "Lihat semua setelan".


2. Pada bagian tab Umum, silahkan scroll ke bagian bawah dan temukan fitur bertuliskan "Penjawab saat libur" atau "Vacation responder".

3. Aktifkan fitur "Penjawab saat libur" dan silahkan aktifkan juga untuk tanggal liburan hari pertama dan hari terakhir. Tanggal ini akan menjadi acuan untuk membalas pesan secara otomatis.

4. Selanjutnya, isi kolom subjek bahwasanya kamu sedang liburan bersama keluarga, sedang sibuk ataupun hal lainnya yang menurutmu pesan tersebut tidak bisa di balas di hari yang sama. Bagian isi pesan silahkan sesuaikan saja dengan kondisi kamu mengapa tidak bisa membalas email di hari tersebut. Kamu juga dapat memilih siapa saja yang menerima pesan otomatis dengan cara mencentang bagian bawah yang "hanya di dalam daftar kontak saya".

5. Jika semua sudah selesai dikonfigurasi dengan baik, silahkan simpan perubahan. Untuk memastikan konfigurasi tersebut berjalan normal. Maka kirimkan pesan kepada email yang sudah dikonfigurasi. Selamat email responder sudah bisa digunakan.


Demikian informasi singkat mengenai fitur pesan auto-reply aplikasi Gmail dan tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi sebagian orang yang memiliki notifikasi email pesan masuk setiap harinya. Kamu dapat membuat kategori bebas untuk mengisi subjek dan bagian isi, tinggal sesuaikan saja apa yang perlu disampaikan pada pesan tersebut. Namun sayangnya, fitur ini tidak bisa membalas pesan yang dikategorikan email spam.


Anda mungkin menyukai postingan ini