Bitcoin Turun, Apakah Bisa Menyentuh Angka Tertinggi Lagi Pada Desember 2020?

bitcoin-marketcap-$15900

Bitcoin baru saja hampir menyentuh angka 300 Juta di bulan November ini. Namun, pergerakan mulai turun dan saat ini berada di posisi kisaran 237 Juta kemungkinan akan terus turun. Bitcoin tampaknya belum bisa melewati harga jual di 300 Juta. Apakah Bitcoin bisa mencatat record tertingginya di bulan Desember ?

Investor Crypto memang masih mengandalkan Bitcoin sebagai tempat perlindungan karena adanya wabah COVID-19 dan sejumlah negara ekonominya anjlok disertai inflasi besar-besaran yang didorong dengan ekspetasi adopsi sebagai arus utama saat ini.

Bitcoin sebagai aset kripto terbesar di dunia berkembang pesat menunjukkan angka 150% untuk tahun 2020 dan peningkatan terus berlanjut dari awal bulan Maret sejak bencana COVID-19 dimulai kira-kira naik 360% hingga November saat ini.

Banyaknya faktor, campuran struktur pasar yang beragam serta fundamental yang kokoh, Bitcoin mampu menunjukkan eksistensinya dalam beberapa hari untuk mencapai level tertinggi sepanjang masa. Oleh karena itu, untuk saat ini belum terlihat tanda-tanda Bitcoin bangkit dari keterpurukan nilai jualnya.

Tren eksistensi Bitcoin juga didorong dengan banyaknya permintaan yang kuat di berbagai sektor terutama pemerintah dan perbankan guna menjalankan stimulus yang tak tertandingi serta mengurangi efek COVID-19 dan anjloknya perekonomian di dunia.

Menurut pengamat analis crypto, Bitcoin menjadi andalan salah satu aset kripto yang paling bisa melindungi nilai harga jualnya terhadap inflasi di masa mendatang dan nantinya akan muncul stimulus yang sebelumnya belum pernah terjadi.

Naiknya harga Bitcoin juga dibantu oleh PayPal yang belum lama ini meluncurkan pembayaran seluler yang memperdagangkan aset kripto terutama Bitcoin, dimana perusahaan tersebut bernama Venmo. Namun, untuk memanfaatkan pembayaran menggunakan aset kripto pengirim atau penerima harus tinggal di Amerika Serikat.

Turunnya harga Bitcoin disebabkan karena penambang Bitcoin melakukan aksi ambil untung karena hari-hari sebelumnya Bitcoin menunjukkan harga tertinggi di bulan ini. Sebagaimana yang dikatakan oleh Naeem Aslam selaku Chief Market Analyst, AvaTrade : "Jangan khawatir, Bitcoin menunjukkan koreksi yang sehat,"

Meskipun harga jual Bitcoin pekan ini mengalami penurunan sekitar 15%, tak menutup kemungkinan Bitcoin akan pulih kembali dengan level barunya di bulan Desember sampai awal bulan Januari 2021.