Aset Kripto Libra Milik Facebook Siap Rilis Awal Januari 2021

Libra-Facebook-Rilis-Januari-2021

Facebook sedang bersiap-siap untuk merilis aset kripto Libra sebagai mata uang digital milik mereka versi ini diklaim lebih kecil dibanding paket aslinya. Kabar beredar di internet bahwa Libra siap luncur pada awal bulan Januari 2021 nanti.

Mata uang kripto Libra yang diusulkan oleh platform media sosial terbesar, Facebook, bersiap diri untuk memperkenalkan kepada khalayak luas project yang selama ini mereka kerjakan. Sistem pembayaran yang disediakan oleh Asosiasi Libra untuk mendukung stable coin mata uang, diantaranya yaitu USD, EUR, GBP dan lain-lain. Koin utama yang nantinya akan digunakan disebut Libra Coin.

Namun, tanggal perilisan dari Libra Networks belum diketahui karena saat ini sedang dalam proses pengajuan dan meminta persetujuan kepada operator Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (FINMA) sebagai lembaga sistem pembayaran lokal di Swiss. Jika pengajuan ini diterima, maka Libra Networks akan tunduk pada pengawasan badan Otoritas FINMA.

Nantinya Libra Networks akan menjadi sistem pembayaran dengan biaya murah serta dapat digunakan di seluruh dunia. Perlu dipahami, Libra Coin adalah sebagai pelengkap bukan sebagai pengganti mata uang lokal negara tersebut.

Menurut Financial Times, Asosiasi Libra dalam perilisan pertama akan menggunakan stablecoin satu mata, misalnya USD. Namun, kedepannya mungkin akan ditambah pilihan stablecoin yang lain.

Setiap stablecoin tersebut akan di dukung oleh Libra Reverse, artinya uang tunai atau yang setara dengan kebijakan pemerintah memiliki jangka waktu pendek yang di dominasikan oleh mata uang tersebut sesuai dengan nilai negara asal itu.

Asosiasi Libra sendiri adalah organisasi yang independen dan didirikan di Jenewa, Swiss. Saat ini terdapat 27 anggota yang terdaftar pada asosiasi Libra, diantara lain James Emmett (Managing Director of Libra Networks), Steve Bunnell (Chief Legal Officier), David Marcus (Head of Novi), Wences Casares (CEO Xapo) dan masih banyak lagi.

Asosiasi Libra berkomitmen untuk selalu menciptakan sistem terhadap keselamatan, keamanan dan keintegritasan data yang mendorong partisipan pelaku bisnis di jaringan Libra Networks. Libra Networks juga meyakinkan bahwa ia akan tunduk kepada hukum, aman, ramah serta mendukung layanan bank sentral lokal. Selain itu, Libra Networks juga memerangi pencucian uang dan bersih dari pendanaan terorisme.