Terobosan Apple Chip M1 dengan CPU 8 Core Tercepat di Dunia

Terobosan Apple Chip M1 dengan CPU 8 Core Tercepat di Dunia

chip-apple-m1-8-core

Apple M1 menyatakan bahwa setiap model baru yang dilengkapi M1 - MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini - memiliki kinerja yang kira-kira tiga kali lebih tinggi dari pendahulunya, dan bahkan mengklaim bahwa MacBook Air baru lebih cepat dari 98 persen laptop PC. terjual setahun terakhir.

Kami hanya dapat mengambil kata-kata Apple untuk ini dan perusahaan tidak mengungkapkan detail seperti kecepatan jam jadi ini bukan kasus sederhana untuk melihat ke GHz untuk melihat apakah mesin lebih cepat atau lebih lambat. Apple hanya mengungkapkan jumlah core - ada CPU 8-core, kartu grafis 8-core (7 untuk Air level pemula) dan Neural Engine 16-core.

Ide silikon Apple mengambil alih platform komputer seperti halnya soket iPhone dan iPad telah ada sejak lama. Salah satu pendekatan yang disebutkan adalah bahwa prosesor berbasis ARM untuk seluler dapat pindah ke ruang komputer tradisional hanya dengan membawa perangkat lunak iOS bersama dengan chip seri A. Karena Apple tampaknya memusatkan sebagian besar sumber dayanya pada iPhone dan iPad sehingga merugikan divisi komputer, itu tampak masuk akal. Tetapi sekarang kita melihat bahwa Apple sedang merancang untuk sistem OS X lengkap mereka.

Melihat kembali tata letak umum silikon M1, desainnya sangat mengingatkan pada prosesor seri A dan prosesor aplikasi seluler pada umumnya. Mungkin perlu beberapa waktu untuk mengetahui apa saja yang tumpang tindih, dan saya yakin banyak analis denah lantai akan mulai menarik kesejajaran antara A14 Apple dan M1 mereka.

CPU 2.8x lebih cepat

Menurut Apple, CPU M1 baru hingga 2,8 kali lebih cepat daripada CPU di MacBook Pro lama. Apple juga mengklaim bahwa M1 MacBook Pro "3x lebih cepat dari laptop Windows terlaris di kelasnya".

Bagaimana Apple sampai pada angka ini dijelaskan lebih detail di catatan kaki - dengan detail yang menarik. Menurut cetakan kecil, untuk sampai pada lompatan kinerja yang diklaim Apple membandingkan "sistem PC berbasis Intel Core i7 dengan Intel Iris Plus Graphics".

Apple selanjutnya mengklaim bahwa "MacBook Pro 13in baru sekarang menjadi notebook pro kompak tercepat di dunia," sebuah klaim yang didasarkan pada perbandingan dengan "sistem PC berbasis Intel Core i7 dengan grafis diskrit".

Model perbandingan ini adalah model quad-core murah dengan CPU Core i7, bukan model teratas dengan quad-core generasi Intel kesepuluh atau bahkan Core i9 dengan 8 core.

Peningkatan kinerja itu sendiri terdengar kredibel, itu diuji dengan contoh-contoh dari pemrograman sehari-hari dan open source telah dibuat: Dengan Xcode 12.2 dengan Apple Clang 12.0.0, Ninja 1.10.0.git dan CMake 3.16.5. Hasil tangkapan: ini adalah versi Xcode ARM. Pengukuran kinerja dengan perangkat lunak non-asli seperti Premiere atau Word bisa jauh lebih buruk.

Grafik 5x lebih cepat

Solusi grafis terintegrasi seperti Intel Iris Plus Graphics 645 dari MacBook Pro lama agak lambat dan hanya cocok untuk game pada tingkat yang sangat terbatas. Dengan grafis chip M1, Apple menjanjikan peningkatan kinerja yang sangat signifikan - dengan faktor sekitar lima.

Masih ada kekurangan aplikasi ARM asli, sehingga versi awal Final Cut Pro 10.5 dipilih untuk menguji kinerja grafis bersama dengan proyek 10 detik dengan Apple ProRes 422 pada resolusi 3840 × 2160 dan 30 bingkai per detik .

Rendering tampaknya telah dipercepat untuk MacBook Air dengan faktor 5,3 - sangat mengesankan. Tapi M1 juga bekerja dengan baik dalam uji permainan 'nyata'. Dibandingkan dengan Intel Mac mini, versi M1 menghasilkan frekuensi gambar empat kali lipat - kinerja yang mengesankan dan terlebih lagi karena game tersebut mungkin tidak tersedia sebagai versi ARM.

Bahkan dibandingkan dengan MacBook Air dengan kartu grafis Iris yang lebih baik, kinerjanya meningkat secara signifikan: dengan Tom Raider dengan faktor 3,1. Yang kurang mengesankan adalah kinerja Shapr3D, di sini kinerja 3D real-time hanya meningkat 2,2 kali lipat.

Tetapi yang tidak boleh Anda lupakan: Apple menguji kinerja dengan chip M1 dengan RAM 16GB. Bukan 8GB yang datang sebagai standar. Versi M1 dengan RAM 8GB kemungkinan akan bekerja lebih lambat secara signifikan - terutama karena RAM pada CPU M1 dan kartu grafis berbagi.

Kecepatan Neural Engine 

Neural Engine juga harus 11x lebih cepat. Namun, ini telah diuji dalam kasus yang sangat khusus: dengan versi pra-rilis Xcode 12.2 dan Buat ML 2.0, dengan model Klasifikasi Tindakan yang dibuat di aplikasi.

Ini hanya relevan jika pengembang perangkat lunak mendukung mesin ini - yang sedikit mengingatkan kita pada unit Altivec lama dari prosesor G4 (ini adalah unit pemroses vektor 128-bit yang dipasarkan Apple sebagai Mesin Velocity.

Apple M1 Bersaing Ketat dengan GeForce GTX 1050

apple-m1-with-geforce-gtx-1050-world


Apple telah menggunakan GPU 8-core yang menjanjikan kinerja grafis terintegrasi terbaik di industri. Muncul dengan 128 unit eksekusi, menjalankan hingga 24.576 thread bersamaan, memberikan kinerja grafis 2,6 teraflop.

Apple mengklaim chip M1 barunya untuk menghadirkan grafis terintegrasi terbaik di kelasnya yang memungkinkan Anda mengedit video 4K dan menggunakan aplikasi berat seperti Adobe Premiere Pro, Photoshop, Final Cut Pro pada resolusi tertinggi, dan dukungan untuk layar 6K, pengkodean media, dan mesin decoding, dan yang lainnya.

Hal ini telah meningkatkan banyak harapan dari chip kecil baru Apple, tetapi bagaimana kinerjanya di dunia nyata? Berkat kebocoran baru, kami melihat GPU internal chip M1 memposting 18.656 poin pada OpenCL.

Seperti yang kita lihat di grafik, chip Apple M1 akan memberikan kinerja level GPU desktop hampir GeForce GTX 1050. Ini seharusnya cukup bagus untuk banyak orang karena ini adalah kinerja grafis terintegrasi.

Selain itu, dipasangkan dengan mesin Neural 16-inti Apple, chip Apple M1 akan memberikan kinerja keseluruhan yang baik untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk tugas produktivitas yang berat atau beban kerja normal. Menarik untuk melihat bagaimana kinerja Apple Mac baru di aplikasi dunia nyata dalam beberapa hari mendatang.

Anda mungkin menyukai postingan ini