5 Fitur Baru WhatsApp Terbaik Sepanjang 2020, Apa Saja ?

5 Fitur Baru WhatsApp Terbaik Sepanjang 2020, Apa Saja ?

fitur-whatsapp-sepanjang-2020

WhatApp merupakan salah satu aplikasi pesan modern yang saat ini sudah banyak digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Aplikasi WhatsApp juga mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, 5G ataupun Wi-Fi yang memudahkan pengguna tetap bisa berkomunikasi jarak jauh, berbagi file, video call dan lain sebagainya.

Awalnya aplikasi WhatsApp hanya diperuntukkan bagi pengguna iPhone. Seiring perkembangan waktu Facebook melirik canggihnya metode pengiriman perpesanan yang aman dan mudah dan akhirnya Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan kesepakatan nilai jual sekitar Rp222 Triliun.

Untuk mempersingkat waktu mari kita langsung membahas pembaruan fitur WhatsApp yang wajib dicoba dan mungkin saja sebagian orang belum mengetahui. Berikut 5 fitur baru terbaik yang diluncurkan oleh WhatsApp:

Fitur WhatsApp Terbaru 2020

1. Dark Mode

Mode gelap merupakan salah satu favorite setiap pengguna aplikasi, ini dikarenakan sangat memanjakan mata dan tidak membuat layar menjadi terlalu silau serta fitur ini adalah permintaan pengguna WhatsApp yang paling banyak diminta untuk dihadirkan.

Seperti halnya pada Facebook yang juga memiliki mode gelap, guna mengurangi cahaya yang terang dan mencegah ketegangan mata ketika berada ditempat yang gelap dan tertutup.

Dengan adanya mode gelap, WhatsApp menginginkan mode gelapnya sebagai eksperimen terhadap cahaya layar dan menguranginya dan juga agar pengguna dapat memfokuskan ke layar tanpa gangguan silau yang berlebihan dan membuat mata jadi lelah.

Untuk menggunakan mode gelap, pengguna Android 5+ atau iOS 13 juga bisa melakukannya dengan cara Setelan > Chat > Tema > Mode gelap.

2. Panggilan Grup dan Panggilan Suara Ditambahkan Jadi 8 Peserta

Sebelum adanya COVID-19, WhatsApp hanya meluncurkan panggilan grup dan panggilan suara 4 peserta. Seiring hari perkembangan WhatsApp terus melonjak dan permintaan panggilan grup juga disuarakan agar dapat menjangkau lebih banyak peserta grup.

Menurut WhatsApp, selama pandemi kegiatan aktifitas manusia saat ini berfokus pada aplikasi dan seluruh pengguna WhatsApp menghabiskan waktunya untuk melakukan panggilan grup maupun panggilan suara dengan kerabat.

3. Tersedia Fitur Pembayaran Bagi Pengguna Bisnis

WhatsApp dengan serius membantu pengguna yang memiliki usaha mikro dengan cara menghadirkan fitur pembayaran di aplikasinya tanpa perlu keluar dari chat. Hal sederhana ini guna memudahkan transaksi jual-beli di dalam aplikasi WhatsApp katalog.

Istimewanya lagi yaitu dalam fitur ini tidak ada biaya apapun untuk mengirim uang dan cara kerja dari fitur ini hampir mirip dengan transaksi yang menggunakan kartu kredit.

Sebagai tindakan keamanan dari transaksi tidak sah, sebelum transaksi nantinya akan dimintai sidik jari ataupun PIN bersama itu juga WhatsApp telah bekerja sama dengan berbagai bank ternama untuk membangun mitra yang lebih banyak serta lebih berkembang di masa mendatang.

Namun sangat disayangkan, fitur pembayaran hanya tersedia di negara Brazil dan belum tersedia di negara Indonesia akan tetapi WhatsApp bersama Facebook Pay akan berusaha menerapkan sistem pembayaran melalui aplikasi di berbagai negara nantinya.

4. Tersedia Kode QR & Dark Mode versi WhatsApp Web

Lebih dari 2 miliar pengguna WhatsApp sudah bisa menggunakan fitur menarik yang sudah diluncurkan yaitu stiker animasi, kode qr, mode gelap versi WhatsApp Web dan Desktop.

Kode QR sudah bisa digunakan untuk pengguna Android maupun iOS 13 sebagai fitur terbaru dari WhatsApp untuk memudahkan menambah kontak baru dengan cara scan kode QR tanpa perlu mengetikkan nomor telepon pengguna lain satu per satu.

Demi menambah keseruan di dalam aplikasi, WhatsApp juga menambahkan fitur stiker animasi berbagai macam model lucu dan stiker tersebut untuk saat ini bisa dapat bergerak.

5. Peluncuran Perdana Pesan Sementara

Fitur terbaru WhatsApp ini resmi diperkenalkan pada 5 November 2020 yaitu pesan sementara sebagai pembaruan agar aplikasi selalu ringan dan tidak perlu menyimpan chat terlalu banyak di telepon.

Fitur ini hanya bisa aktif ketika dinyalakan dan cara kerja pesan sementara adalah ketika pesan baru dikirimkan ke pengguna lain maka dalam 7 hari chat tersebut akan hilang secara otomatis. Ada dua opsi untuk menggunakan fitur ini yaitu untuk pengguna individual yang masing-masing dalam menonaktifkan atau menyalakan fitur pesan sementara sedangkan untuk grup hanya admin yang bisa menjalankannya.


Anda mungkin menyukai postingan ini