10 Situs Alternatif Pastebin Terbaik

10 Situs Alternatif Pastebin Terbaik

pengganti-pastebin-alternatif

Pastebin adalah jenis layanan penyimpan konten berupa text bisa maupun berbagai macam bahasa pemrograman dengan varian yang sangat komplit. Pastebin lebih banyak digunakan oleh programmer untuk berbagi kode sumber terbuka, forum, unduhan, dan tautan. 

Setiap situs yang memiliki kemiripan dengan Pastebin, memiliki tujuan yang sama hanya saja mungkin tampilan masing-masing layanan akan beda. Namun, tidak menghilangkan makna berbagi kode tautan di dalamnya. Beberapa alternatif pastebin juga memiliki enkripsi dan memiliki sifat rahasia agar tidak bisa dilihat secara publik. Bahkan, ada juga yang memberikan password demi menjaga keamanan agar kode / data  mereka tidak dicuri.

Tidak hanya Pastebin.com saja yang menyimpan kode sumber terbuka, ada banyak sekali situs lain yang memberikan bantuan kepada seluruh orang di dunia untuk menyimpan kode program, data, ataupun hanya tautan semata. Berikut kumpulan alternatif situs Pastebin terbaik.

1. Hastebin

Hastebin.com adalah layanan sumber terbuka untuk saling berbagi kode ataupun tautan sumber secara gratis. Tampilan antarmuka yang clean dan cukup bagus dipandang menjadi nilai tambah yang luar biasa, apalagi situs ini tidak memiliki iklan sekalipun. Hastebin juga menjaga apa yang kamu bagikan, sebab apa yang kamu salin tidak di crawl oleh mesin pencari manapun.

2. Paste Ubuntu

Paste.Ubuntu.com. Selain sistem operasi yang ia miliki, Ubuntu juga menyediakan layanan Pastebin untuk berbagi kode dan bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membayar sepeserpun. Disini kamu dapat menyalin kode dengan pilihan bahasa pemrograman yang sangat lengkap dan kamu juga bisa melakukan penyetelan untuk tanggal kadaluarsa berdasarkan hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Namun, data yang dikirim tidak menjamin ini bisa diakses secara permanent. Kamu dapat menggunakannya secara suka-suka tanpa khawatir spam iklan. 

3. 99Paste

99Paste.com. Sekilas antarmuka yang digunakan hampir mirip dengan situs Pastebin.com hanya saja sudah di modifikasi dan terlihat sudah lebih baik serta responsive. 99Paste menyediakan halaman form register dan login yang dimaksudkan agar kode yang kamu bagikan bisa dirubah kembali tanpa membuat ulang. Bahasa pemrograman yang tersedia juga sangat banyak bahkan dilengkapi dengan adanya navigasi "Trending". Namun, tidak disarankan untuk berbagi kode yang bersifat kredensial. Karena 99Paste mengizinkan mesin pencari untuk melakukan crawl di halaman situsnya.

4. yBin

ybin.me. Seorang programmer rata-rata menyukai warna hitam untuk meminimalisir terjadinya kelelahan mata. Oleh karena itu, yBin hadir memberikan solusi yang terbaik untuk berbagi kode tanpa terkendala layar silau. Kekurangan yang ada pada yBin tidak terlihat pilihan bahasa pemrograman. Selain itu, untuk warna kode yang sudah disalin tetap setelan default. Disisi keamanan berbagi kode, situs ini bisa jadi rekomendasi alternatif pastebin karena sudah dilengkapi robots.txt yang mendisallow url rawdata.

5. Ghostbin

Ghostbin.co. Antarmuka yang sederhana tapi masih terkesan elegan, dia adalah Ghostbin. Seperti namanya, semua yang ada di dalamnya berwarna hitam dengan icon hantu yang unik. Kamu dapat berbagi kode disini dengan variasi bahasa pemrograman cukup lengkap (tidak termasuk bahasa alien). Selain itu, ada opsi lain yang bisa dimanfaatkan, menambahkan masa kadaluarsa atau memasangkan password agar semuanya rahasia. Tenang, Ghostbin sama seperti lainnya yang tidak mengizinkan mesin pencari melakukan aksi crawl.

6. Rentry

Rentry.co. Kamu tidak dituntut untuk pendaftaran atau aksi tambahan lainnya disini bebas untuk berbagi kode dengan siapapun. Disini semuanya sederhana tanpa ada iklan bahkan semuanya bersih sekalipun dan uniknya kamu dapat custom url hingga ada opsi pilihan untuk export ke png, pdf atau raw. Syntax bahasa pemrograman sangat bervariasi untuk melihat pilihannya, klik bagian bawah yang bertuliskan "langs". Sayangnya, Rentry mengizinkan mesin pencari untuk melakukan crawl di halaman ini, kemungkinan besar kode yang kamu bagikan dapat dilihat orang lain.

7. 0bin

0bin.net. Hitam yang dipadukan dengan warna biru menjadi ciri khas situs berbagi kode ini. Kamu dapat menuliskan, menyalin maupun unggah file yang ingin disebarkan secara publik melalui situs 0bin. Ia menggunakan enkripsi AE256  dengan pilihan masa kadaluarsa harian, bulanan atau tidak sama sekali. Sebanyak 596.000 yang sudah menggunakan layanan berbagi kode secara gratis melalui 0bin.

8. ZeroBin

Zerobin.net. Situs berbagi kode ini adalah salah satu dari sekian banyak layanan berbagi kode lain yang menggunakan tampilan sederhana. Selain minimalis, ZeroBin juga dilengkapi dengan adanya enkripsi AES256 bits ditambah lagi untuk penggunaan password agar kode program, tautan berharga yang kamu salin terjaga dengan baik. ZeroBin juga mempunyai jaringan pada Tor Browser yang beralamatkan http://zerobinqmdqd236y.onion/.

9. SnippetHost

Snippet.host. Semuanya terlihat sederhana dan ringan ketika diakses ini dikarenakan antarmuka yang bersih tanpa iklan yang aneh. Kamu dapat menggunakan opsi mendaftar atau masuk untuk mengelola hasil salinan di situs ini. Bahasa pemrograman yang disediakan tidak terlalu lengkap seperti diatas. Namun, bahasa pemrograman yang disediakan lebih dari cukup dan familiar seperti Python, PHP, CSS, C++, Bash, Golang, Perl, dan lainnya. Sementara itu, kamu juga dapat memilih opsi apakah kode yang sudah kamu buat boleh di crawl oleh mesin pencari atau tidak. SnippetHost juga tersedia untuk Tor Browser.

10. Notepad

Notepad.pw. Apa yang kamu lihat dan pikirkan atas nama tersebut? Apakah ini produk dari notepad c++? Tidak. Hanya situs layanan berbagi kode biasa yang membantu siapapun dalam menyalin hingga menyebarkan tautan melalui Notepad.pw. Dua opsi yang bisa diaktifkan di halaman ini, yaitu mode gelap atau mode terang dengan cara mengklik icon lampu. Notepad.pw juga menyediakan tools lain yang berguna, seperti enkripsi teks, speech to teks, dan teks to speech dan kebergunaan spellcheck yang bisa dicoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini