Widget HTML Atas

Pelaku Pembuat Prakerja.vip Berhasil di Identifikasi, Siapa Dia?

Beredar maraknya penyebaran situs palsu prakerja.vip di sosial media. Faktanya situs asli Kartu Prakerja hanya memiliki satu alamat website yaitu prakerja.go.id dan dipastikan jika berbeda itu sangat fatal sekali jika kita mengisi data di situs phising.

Kartu Prakerja adalah sebuah program milik pemerintah yang membantu masyarakat dalam meningkatkan keterampilan berupa modal saldo yang diberikan melalui akun di situs prakerja.go.id. Saldo tersebut hanya bisa digunakan dalam membeli beberapa materi pembelajaran yang berbeda-beda.

Jika persyaratan sudah terpenuhi hingga akhir pembelajaran maka pendaftar Kartu Prakerja akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp600.000/4 bulan dan survey yang juga akan mendapatkan uang sebesar Rp50.000/3x survey.

Semuanya mendadak berubah dengan viralnya situs palsu yang mirip dengan Kartu Prakerja dari pemerintah. Kabar viralnya situs palsu ini sebenarnya semenjak gelombang 10 akhir dari Kartu Prakerja di tahun 2020, namun situs palsu ini mengklaim dan lebih mendahului situs aslinya dalam membuka gelombang 11.

Salah seorang pengguna Facebook berhasil menemukan siapa dibalik layar pembuat situs prakerja.vip. Informasi pelaku pembuat situs palsu ini juga di posting pada salah satu fanpage di Facebook yang menjelaskan dalang di balik penipuan pendaftaran Kartu Prakerja palsu.

Dari identifikasi dan penelusuran yang di dapat bahwa pembuat situs prakerja palsu adalah seorang WNI.  Berikut informasi mengenai dalang di balik pembuat situs prakerja.vip.

source by Federasi Intelejen Sosmed Indonesia

Jika dilihat dari source code diatas, pelaku membuat situs Kartu Prakerja menggunakan platform milik google yaitu blogger. Untuk meyakinkan pendaftar percaya terhadap situs tersebut pelaku hanya membeli sebuah domain .vip berbeda dengan situs aslinya yang menggunakan go.id.

Pada bagian author email meskipun tidak ditampilkan namun tetap saja masih terdeteksi oleh mesin pencari google hanya dengan mengetikkan nama author di halaman pencarian otomatis sudah muncul seperti gambar di bawah ini.

source by Federasi Intelejen Sosmed Indonesia

Pelaku diketahui juga pernah melakukan aksi defacing sebanyak 24 situs dari tahun 2014 - 2019. Salah satu file html miliknya membawakan tim bernama Sukabumi Idiots Team kemungkinan besar pelaku berada di daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Selain situs Kartu Prakerja ternyata pelaku membuat situs phising lainnya yang juga tidak kalah menggiurkan promosinya akan tetapi macam-macam situs tersebut masih menggunakan platform blogger dan sudah bertebaran di google. Berikut situs phising pelaku selain Program Kartu Prakerja.

source by Federasi Intelejen Sosmed Indonesia

Kesimpulan

Kartu Prakerja adalah program buatan milik pemerintah bukan milik individual. Perlu diperhatikan ketika saat mengunjungi dan ingin mendaftar Program Kartu Prakerja yaitu alamat domain. Domain resmi hanya ada satu yang beralamatkan pada https://prakerja.go.id/. Untuk membedakannya lihat pada akhir domain yaitu go.id. Jika berbeda ? Tinggalkan dan jangan sesekali mendaftar di situs tersebut.

Demikian informasi seputar situs palsu Program Kartu Prakerja dengan adanya artikel ini teman, kerabat, keluarga terhindar dari penipuan berkedok pendaftaran seperti ini. Meskipun tampilan sama tetap perhatikan nama domain dari situs tersebut atau jika tidak mengerti tanyakan kepada orang terdekat yang mengerti.


No comments for "Pelaku Pembuat Prakerja.vip Berhasil di Identifikasi, Siapa Dia?"