Widget HTML Atas

6 Rekomendasi Aplikasi Mirroring Android ke PC Laptop Hingga TV Terbaik 2020


Penggunaan Android memang sulit dilepaskan dari kehidupan berteknologi manusia ini wajar karena beberapa faktor manusia memanfaatkan Android sebagai salah satu sarana mencari informasi di Internet selain laptop / pc. Namun selain itu, Android bisa digunakan dalam hal lain termasuk screen mirroring. Screen Mirroring saat ini sedang digandrungi banyak orang untuk merasakan fitur yang tidak ada di Android pada umumnya.

Umumnya screen mirroring digunakan untuk aktifitas bermain game, streaming film atau hanya sekedar mencoba fitur masing-masing aplikasinya. Aplikasi screen mirroring memiliki fitur yang tidak terlalu spesial hanya saja tujuannya yaitu memaksimalkan kualitas membagi layar di Android lalu diarahkan kepada layar pc ataupun laptop.

Di tahun 2020, sudah banyak sekali macam-macam aplikasi screen mirroring yang ada di Google Play Store maupun di browser chrome dan beberapa diantaranya tidak mengharuskan pengguna membayarnya alias GRATIS untuk menggunakannya. Jika ingin mendapatkan fitur tambahan keren lainnya jangan khawatir disini juga ada pilihan versi premiumnya.

Jika saat ini sedang mencari aplikasi mirroring android, kamu berada di tempat yang tepat untuk memilih dari sekian banyak aplikasi yang berserakan di halaman pencarian chrome maupun Google Play Store. Berikut pilihan rekomendasi aplikasi mirroring android terbaru dan terupdate.

1. AirMirror (FREE and PAID)


AirMirror selain membawakan fitur membagikan aktifitas layar Android ke pc / laptop ia juga memiliki fitur lainnya seperti remote control, remote camera dan remote support. Dikarenakan terdapat fitur tambahan maka ada pengaturan tambahan juga yaitu membutuhkan aplikasi AirDroid PC.

Lebih dari 1 Juta pengguna yang sudah mencoba menikmati fitur AirMirror dan setidaknya 8.587 pengguna sudah memberikan apresiasi penilain terhadap kinerja aplikasi tersebut.

Namun untuk mendapatkan manfaat fitur premium kamu dapat membayarnya sesuai yang ada di aplikasi. AirMirror menerima pembayaran melalui Paypal, Credit/Debit/Prepaid Card, dan Google Play.

Download: Play Store

2. Vysor (FREE and PAID)


Pilihan aplikasi mirroring Android selanjutnya disusul oleh Vysor. Cara bekerja dari Vysor ini membutuhkan browser Chrome karena nanti sebelum menggunakan ada notifikasi untuk memasang extension sebagai penghubung antara hp dan pc. Usahakan ketika ingin install Vysor perbarui Google Chrome terlebih dahulu.

Vysor memiliki dua pilihan kepada pengguna yaitu gratis dan berbayar. Namun sangat disayangkan sekali di dalam aplikasi Vysor gratisan fitur yang ditawarkan tidak selengkap aplikasi mirroring Android lainnya hanya dua fitur saja yang bisa digunakan yaitu mirror control Android dan screenshot sedangkan untuk aplikasi Vysor berbayar terdapat enam fitur yang bisa kamu coba.

Download: Play Store

3. Miracast Screen Mirroring (FREE)


Bagi kamu yang saat ini sedang mencari aplikasi mirroring Android untuk TV maka pilihan terbaiknya adalah Miracast yang ditawarkan oleh Studiosoolter ini. Kamu bisa berbagi layar / menampilkan layar HP Android ke TV secara instant dan cepat.

Aktifitas apapun yang sedang berjalan di HP Android seperti streaming film, memutar musik, streaming youtube, bermain game bisa ditampilkan ke TV menggunakan Miracast. Perangkat HP apapun bisa kamu coba untuk menikmati fitur keren yang dimiliki Miracast ini lohh.

Sebagai informasi tambahan, Miracast sudah di download lebih dari 5 Juta pengguna Google Play Store dan sudah mencapai 25.943 pengguna yang memberikan apresiasi berupa bintang dan komentar. 

Namun sebelum menginstall aplikasi Miracast screen mirroring ada baiknya membaca panduan yang sudah dijelaskan di Google Play Store sebagai persyaratan penggunaan. Syarat-syarat tersebut diantara lain yaitu TV yang kamu miliki sudah mendukung fitur layar nirkabel dan tersambung ke Wi-Fi pada satu jaringan yang sama.

Download: Play Store

4. TCGames Mirror Android (FREE and PAID)


TCGames sebagai salah satu aplikasi mirror Android yang wajib kamu coba, pasalnya fitur-fitur yang ada di dalamnya cukup banyak meskipun berlabelkan free edition. Berbagai fitur dari TCGames bisa dimanfaatkan di dalam aplikasi tersebut ketika sudah terhubung antara HP dan PC.

Aplikasi ini juga ringan ketika kamu menggunakannya dan CPU tetap akan bekerja normal meskipun panel-panel fitur yang banyak sekalipun dan aplikasi ini bekerja di berbagai perangkat seluler minimal Android 4.0 keatas.

Tidak hanya sekedar mirroring Android, TCGames bisa melakukan banyak hal lain seperti menerima / membalas pesan Line, WhatsApp, SMS, Facebook, Twitter, Instagram dan platform sosial media lainnya. Kamu juga bisa melakukan live streaming melalui Facebook, Tiktok, Youtube bahkan Twitch.

Download: Play Store

5. ApowerMirror (FREE and PAID)


Pilihan terbaik selanjutnya yaitu ApowerMirror. Tidak hanya Android di aplikasi ini kamu bisa menggunakan berbagai macam tipe iOS untuk mencerminkan / berbagi layar perangkat selelur ke PC / laptop.

ApowerMirror juga dilengkapi dukungan mouse dan keyboard untuk bermain game, live streaming atau hanya sekedar membalas pesan. ApowerMirror juga mendukung pencerminan Android ke TV dengan berbagai merk seperti Sony, LG, Xiaomi hingga Sharp.

Untuk menggunakan ApowerMirror setidaknya perangkat seluler minimal versi Android 5.0 dan pastikan penyimpanan memori mencukupi. Jika dirasa kamu bosan dengan fitur gratisnya bisa di upgrade agar dapat merasakan fitur lainnya.

Download: Play Store

6. ScreenStream (FREE and PAID)


MobzApp menghadirkan aplikasi pencerminan layar yang keren dan praktis seperti halnya kompetitor lainnya. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan perangkat apapun seperti smart tv, browser, chromecast dan berbagai macam jenis lainnya. Selain itu kamu juga dapat melakukan aktifitas live streaming di beberapa platform sosial media diantara lain seperti Youtube, Facebook, Twitch, Ustream dan berbagai macam server lainnya yang bisa dipilih sesuka hati.

Download: Play Store

7. TeamViewer Remote Control (FREE)


Tak heran aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan karena tampilan serta panel fitur yang sangat mudah dimengerti dan kamu tidak perlu repot untuk mencerminkan layar ke laptop atau pc sekalipun. Remote control teamviewer sangat kompatibel di berbagai perangkat seluler , laptop, komputer hingga tablet.

Tidak hanya digunakan pencerminan layar, Teamviewer versi mobile ini juga dapat melakukan transfer file, kelola kontak, transmisi suara dan video dengan keamanan super tinggi yaitu menggunakan 256 Bit AES Sesi Encoding, 2048 Bit RSA Key Exchange aman, cepat dan professional pastinya.

Download: Play Store

8. Chrome Remote Desktop (FREE)


Tidak mau kalah dengan kompetitor lainnya perusahaan raksasa Google juga menghadirkan aplikasi screen mirror untuk Android. Pencerminan layar chrome remote desktop dapat dioperasikan dalam berbagai tipe dan merk perangkat seluler ataupun sistem operasi laptop.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sedang diluar dan tidak memegang sebuah laptop oleh karena itu chrome remote desktop menjadi salah satu solusi memonitoring ataupun mengerjakan tugas office dengan mudah tanpa ribet.

Download: Play Store

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai beragam aplikasi screen mirror yang ada di Play Store dan jangan lupa sebelum menginstall aplikasi diatas ada baiknya melihat ulasan dan komentar mengenai fitur beserta kelebihan serta kekurangan dari aplikasi tersebut. Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih baik maka sangat disarankan melakukan upgrade atau berbayar.

Demi menghargai developers usahakan memberikan komentar positif dan tidak menggunakan ejekan atau hinaan terkait aplikasi yang ia diluncurkan dan lebih bagus lagi memberikan masukkan terhadap kekurangan yang ada. Semoga bermanfaat.