Widget HTML Atas

9 Fitur Tercanggih dan Terbaru Android 11 Versi Final


Google resmi mengumumkan adanya pembaruan sistem operasi pada versi terbarunya yaitu Android 11. Pembaruan ini bisa kamu rasakan khususnya pengguna Google Pixel namun jangan khawatir untuk pengguna smartphone lainnya seperti Xiaomi, Realme, Samsung, Vivo, Oppo dan lainnya juga akan mendapatkan pembaruan sistem operasi ini.

Kini sebutan untuk versi terbaru hanya Android 11 dan Google juga mengabarkan tidak memberikan julukan seperti versi sebelumnya. Jika sudah menggunakan Android 10 kamu mungkin akan tertarik dengan berbagai fitur terbaru milik Android 11.

Fitur unggulan yang dimiliki Android 11 tidak berbeda jauh dengan Android 10 namun di versi terbaru ini ada pembaruan yang mungkin ditujukan kepada opsi pengembang. Untuk pengguna umum kamu bisa melihat perubahan serta perbedaan yang lebih keren disini.

Nah jika kamu penasaran dengan sistem operasi terbaru milik Google dan ingin mencobanya tapi kamu harus tau dulu nih tentang macam-macam fitur di dalamnya. Berikut daftar fitur terbaru dan terupdate Android 11.

1. Pilihan berbagai notifikasi

image by androidauthority.com

Jika sebelumnya kamu menggunakan Android 10 maka hampir seluruh notifikasi mungkin muncul setiap harinya dan jika aplikasi tersebut tidak mengirimkan notifikasi akan secara otomatis masuk dalam kategori senyap.

Namun semuanya dirombak, di versi terbaru ini kamu mendapatkan pilihan notifikasi diantaranya yaitu pemberitahuan, percakapan dan juga mode senyap. Dibagian ini kamu bisa prioritaskan notifikasi percakapan yang nantinya akan muncul setiap saat akan tetapi jika ada aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu penting maka gunakan mode senyap.

2. Perekam layar tanpa download

image by androidauthority.com

Android 11 menawarkan sebuah fitur screen recorder yang ada di menu atas smartphone. Meskipun tidak memiliki fitur yang lengkap layaknya aplikasi di Google Play Store ini benar-benar sangat membantu untuk mengurangi jumlah aplikasi perekam layar di smartphone.

Jika merasa tidak puas terhadap fitur perekam layar tersebut dan membutuhkan aplikasi perekam layar dengan segudang fitur kamu tetap dapat bisa mendownloadnya di Google Play Store. Namun fitur perekam layar milik Google sudah cukup untuk mengirit penyimpanan.

3. Opsi cepat melalui smart home

image by androidauthority.com

Google tampaknya juga mengikuti tren yang berkembang di kalangan smartphone selain Google Pixel ini dikarenakan fitur terbaru Android 11 memiliki kemiripan fungsi dan penggunaannya. Kelebihan fitur yang satu ini kamu dapat mengkontrol perangkat secara cepat dan mudah hanya melalui tombol daya.

Opsi / pintasan cepat ini menampilkan beberapa menu lainnya untuk mengkontrol berbagai macam fitur lainnya yang terdapat di smart home. Kamu dapat menggunakannya hanya dengan menahan tombol daya dan tidak lama akan disuguhkan berbagai opsi pilihan untuk mengatur semua secara cepat dan praktis.

4. App permission beserta auto reset

image by androidauthority.com

Canggihnya di fitur ini ketika kamu mengizinkan aplikasi untuk sesi tertentu dengan hanya sekali ketuk dan ketika aplikasi tidak digunakan / ditutup maka secara otomatis izin dari aplikasi itu akan dicabut sepenuhnya. Apakah terlihat ribet ? Tidak. Opsi untuk mengizinkan aplikasi setiap saat masih tetap tersedia namun mungkin di beberapa aplikasi opsi ini tidak tersedia sebagaimana Google ingin melindungi data privasi setiap penggunanya.

Nah untuk fitur auto reset bukan seperti reset pabrik, auto reset yang ada pada Android 11 dimaksudkan untuk berbagai macam izin akses aplikasi yang tidak pernah dibuka dan jika sewaktu-waktu aplikasi tersebut digunakan kembali maka harus mengizinkannya seperti awal kamu mengizinkannya. Bagaimana kalau aplikasi tidak digunakan dalam waktu yang lama ? Seluruh permintaan izin akses aplikasi tersebut akan dicabut.

5. Mode senyap untuk kamera

image by androidcentral.com

Kamu mendapati sebuah pemandangan indah untuk di foto ataupun melakukan perekaman apapun cara dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik nanti namun ketika semua sudah siap tetapi ada notifikasi pemberitahuan yang membuat kamu menjadi terganggu dan meresahkan

Di Android 11 kamu akan mendapati fitur ini yang berfungsi mencegah notifikasi apapun yang masuk ketika kamu membuka kamera dan hasilnya semua menjadi aman tanpa terganggu notifikasi kembali.

6. Dukungan SIM digital di masa depan

image by androidcentral.com

Google mengeluarkan fitur canggih lainnya yang dituangkan di dalam Android 11 termasuk fitur yang satu ini yaitu dukungan lisensi SIM digital. Sistem operasi yang diluncurkan Android 11 saat ini sudah menggunakan ISO 18013-5 yang berfungsi sebagai lisensi digital di masa depan.

7. Catatan riwayat notifikasi

image by androidcentral.com

Jika kamu memiliki notifikasi penting namun secara tidak sengaja menggesernya lalu hilang, tenang jangan panik di Android 11 semua masalah bisa diselesaikan salah satunya diluncurkannya riwayat notifikasi.

Untuk dapat menikmati fitur ini kamu harus melakukan konfigurasi manual karena ini tidak terpasang secara default. Tahapannya seperti ini Settings > Apps & notifications > Notifications > Notification History jangan lupa nanti disesuaikan dengan smartphone kamu yaa.

8. Media Control

image by androidauthority.com

Ketika menggunakan Android 10 atau bahkan dibawahnya maka ketika kita sedang memutar musik mungkin akan muncul icon di layar atas smartphone. Dalam hal ini Google melakukan revisi terhadap itu karena media control bukanlah sebuah notifikasi melainkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan namun dengan versi mini.

Aplikasi mini maksudnya? Yaps, di fitur ini kamu bisa melakukan setelan khusus di Android 11 yang bekerja untuk memperkecil pemutar musik / video dan ketika sudah bosen mendengarkannya kamu bisa menghilangkan pemutar tersebut secara otomatis. Menakjubkan.

9. Atur jadwal dark theme

image by androidauthority.com

Dark theme sebenarnya sudah dikenalkan oleh beberapa pabrikan lain misalnya ColorOS namun ia diaktifan dalam mode tertentu namun yang unik di Android 11 kamu mendapatkan dark theme dengan dua pilihan yaitu menjadwalkan tampilan gelap dari pagi atau sore dan bisa diaktifkan secara custom.

No comments for "9 Fitur Tercanggih dan Terbaru Android 11 Versi Final"