Investasi Bitcoin dan Emas Yang Menggiurkan di Masa Pandemi


Pada zaman dulu kita dikenalkan dengan celengan selembar demi selembar uang kita masukkan ke tabungan demi melihat hasil akhirnya yaitu ketika celengan berhasil penuh dan dapat digunakan namun seiring perkembangan zaman dan teknologi semua itu perlahan berubah.

Saat ini tidak hanya celengan yang dapat menyimpan cadangan keuangan akan tetapi banyak cara agar keuangan tidak boros dan dapat digunakan untuk kebutuhan di masa mendatang. Salah satu cara untuk menabung yang paling relevan yaitu melalui bitcoin ataupun emas.

Bitcoin awal pertama kali dikenalkan ia sama sekali tidak bernilai akan tetapi semuanya telah berubah ini dikarenakan ekonomi pada saat itu melemah dan merosot. Namun tahun telah berjalan selang beberapa tahun bitcoin mulai eksis di jagat maya yang kian meroket nilai harganya.

Kesamaan Bitcoin dan Emas

Mata uang digital bitcoin sering sekali disandingkan dengan emas entah itu harga ataupun keuntungan yang di dapatinya namun kalian perlu ketahui keduanya memiliki persamaan yang tak dapat dipisahkan sebab mereka memiliki sesuatu yang sangat berarti ketika kita berinvestasi. Apakah kalian sudah mengetahui kesamaannya ? Jika belum, mari simak artikel ini sampai selesai dan segera pikirkan investasi yang cocok menurut Anda.

1. Bitcoin dan Emas adalah Limited Edition

Semakin langka suatu barang maka semakin berharga nilainya. Mungkin kata-kata itu bisa kita peragakan untuk kedua aset ini karena mereka mempunyai batas suplai yang ada di dunia. Investor menilai dengan canggihnya modern dan meningkatnya mata uang dollar mungkin bitcoin dan emas sangat cocok untuk dijadikan ladang investasi.

Batas akhir suplai bitcoin ketika sudah mencapai 21.000.000 namun saat ini suplai yang sudah diedarkan mencapai 18.486.300. Bitcoin akan segera habis diperkirakan sebelum tahun 2140 dan mungkin saja lebih cepat disebabkan di masa pandemi masyarakat akan menarik perhatiannya untuk menabung.

Sedangkan untuk emas sendiri diperkirakan masih tersisa 54.000 ton secara keseluruhan benua asia adalah yang paling banyak menyumbang emas yaitu sekitar 23% dan disusul oleh afrika 19% jumlah ini akan terus menyusut dan semakin langka.

2. Harga Komoditas Stabil

Harga emas antam 1 gram pada Jum'at (11/09/2020) saat ini menjadi Rp1.028.000. Harga tertinggi emas antam diraih pada bulan Agustus yaitu sebesar Rp1.065.000/gram walaupun mengalami penurunan di bulan September 2020 namun perlahan harga mulai kembali stabil.

Harga bitcoin hari ini pada Sabtu (12/09/2020) sudah merangkak naik menjadi Rp155.081.660 beberapa hari sebelumnya hanya mencapai Rp149 Jutaan hal ini diperkirakan masih terdapat kenaikan di beberapa hari kemudian.

3. Tidak Dikendalikan Oleh Pemerintah

Umumnya di beberapa negara yang mengenal bitcoin dan emas sama sekali tidak diatur oleh pemerintah sebab keduanya berdiri tegak sendiri dan pemerintah tidak punya kendali untuk mengatur harga komoditas di kedua aset tersebut.

Jaringan blockchain yang dimiliki oleh Bitcoin diklaim mempunyai sistem keamanan yang sangat tinggi dan ini juga faktor bitcoin tetap terjaga dari peretasan ataupun campur tangan orang lain yang ingin merubah harga dipasaran.

Penambangan emas dilakukan dengan adanya permintaan oleh karena itu jika permintaan terus mengalir maka pengerjaan tetap dilakukan. Jika emas semakin langka di masa mendatang maka harga otomatis akan semakin mahal ini murni kenaikan harga dan tidak terikat apapun dengan pemerintah.

4. Menabung Tanpa Bank

Kedua aset ini bisa Anda tabung tanpa harus datang ke sebuah bank konvensional. Jika Anda ingin membeli bitcoin maka saat ini sudah terdapat beberapa platform bitcoin yang ada di Indonesia misalnya Indodax. Indodax sendiri tidak hanya menyediakan bitcoin namun ada pilihan lainnya  yang bisa Anda pilih sebagai alternatif seperti Ethereum, Litecoin, Bitcoin Cash dan masih banyak lagi.

Sama seperti halnya bitcoin Anda juga tidak perlu ke bank, jika Anda membutuhkan emas maka langsung pergi ke toko emas dan mungkin akan dijelaskan bagaimana sistem menabung emas.

Mana Yang Lebih Profit Emas atau Bitcoin?

Jika Anda ingin menambah pengetahuan dan tidak serta merta uang melulu maka pilihan yang terbaik ialah Bitcoin. Di dalam teknologi yang mengamankannya disebut Blockchain nah jika Anda tertarik mempelajarinya seharusnya ini menjadi pilihan investasi saat ini.

Soal harga, Bitcoin sampai saat ini bertahan di ribuan dollar walaupun pernah terjadi penurunan harga yang sangat drastis itu tak menyurutkan penggiat penambang Bitcoin untuk selalu mencari hasil terbaiknya dan terbukti harga bitcoin sampai saat ini masih stabil.

Daya tarik pemilik bitcoin biasanya adalah untuk orang super kaya dan kaum millenial muda sebab mereka menyukai keamanan blockchain yang sulit diretas. Namun sayangnya Bitcoin belum sepenuhnya dapat digunakan sehari-hari.

Disisi lain Emas juga akan melindungi cadangan keuangan ketika Anda berada di masa sulit. Walaupun semua serba canggih pada teknologi bagaimanapun Emas tetap akan menjadi nilai yang sangat berharga di suatu hari nanti ini tidak bisa dipisahkan dari nilai sejarah.

Jika Anda memiliki keuangan yang lebih dari cukup Bitcoin mungkin salah satu yang terbaik dari beberapa pilihan lainnya. Di Bitcoin tidak mengharuskan Anda bermain jangka panjang ini dikarenakan Bitcoin pernah memiliki nilai tertingginya pada tahun 2017 .

Sedangkan Emas, sangat cocok bagi Anda yang memiliki keuangan yang terbatas untuk kehidupan sehari-hari dan ingin membuat tabungan emas jangka panjang nilai harga komoditas juga tetap stabil dan masih bisa diharapkan untuk dijual dimasa mendatang.

No comments for "Investasi Bitcoin dan Emas Yang Menggiurkan di Masa Pandemi"