Widget HTML Atas

Menjelajah Internet Menggunakan Google Dork

image by freepik.com

Google sebagai salah satu mesin pencari yang paling populer di dunia dan sering digunakan dalam mencari sebuah sesuatu apapun di dalamnya seperti contoh untuk mencari artikel, file ataupun informasi yang dianggap sebagai data penting. 

Fungsi umum dari Google Search yaitu melakukan indexing web, analisa web, pencarian informasi serta memberikan hasil peringkat di halaman pencarian. Dengan berbagai fitur lengkap yang ditawarkan Google Search dalam mencari sesuatu maka ada banyak cara juga untuk hasil cepat apa yang ingin kita cari dan teknik ini disebut Google Dorking.

Di tahun 2016 lebih dari 60 triliun website yang ada di dunia berhasil di indeks oleh Google Search dan hasil indeks tersebut akan terus bertambah seiring waktu dan perubahan algoritma yang mereka buat. Oleh karena itu Google masih mendominasi sebagai mesin pencari terbaik di dunia sampai sekarang.

Apa Itu Google Dork dan Bagaimana Cara Kerjanya

Istilah Google Dork sebenarnya ditujukan kepada seorang hacker yang dimana ia mencari sebuah website yang mungkin terdapat kerentanan, informasi sensitif ataupun berupa dokumen yang dianggap penting oleh suatu pemerintahan / perusahaan di suatu negara. Teknik ini adalah senjata awal dari hacker.

Google Dork pertama kali dikenalkan oleh Johnny Long seorang ahli proffesional di bidang keamanan komputer yang pada saat itu ia menggunakan Google Search untuk mencari sesuatu yang rentan dan mencari informasi-informasi penting di halaman pencarian.

Untuk menemukan sebuah artikel atau apapun itu secara spesifik kamu harus memahami beberapa simbol tanda baca dan operator untuk dapat menghasilkan apa yang dicari secara relevan. Contoh beberapa tanda baca dan simbol yang umum digunakan sebagai berikut:


Kamu bisa membuat kata-kata yang ingin dicari menggunakan simbol tersebut namun tidak semua website bisa dicari menggunakan Google Dork. Google sendiri menciptakan sesuatu untuk mengatur ini semua yang disebut META, fungsi dari tag meta banyak sekali namun sebagian akan saya tulis disini.
Selain tag meta, ada juga file htaccess yang mencegah siapapun untuk mengakses sebuah file direktori website yang dimana direktori tersebut berisikan informasi penting atau memang tidak di izinkan diakses oleh publik.

Berikut adalah beberapa tag meta dan isi file htaccess yang sering digunakan di sebuah website:

1. Meta Robots

Penggunaan: <meta name="robots" content="index, follow" />, jika sebuah website menggunakan tag ini maka googlebot (bot indexing milik google) akan melakukan indexing halaman dan melakukan crawl yang terdapat link di halaman tersebut. Namun jika kamu ingin mencegah halaman tersebut di indeks oleh Google maka pilihannya adalah <meta name="robots" content="noindex, nofollow" />.

Nah jika hanya menggunakan <meta name="googlebot"> maka website kamu akan di crawl dan di indeks khusus untuk googlebot sedangkan <meta name="robots"> ini berlaku untuk seluruh mesin pencari seperti Bing, Yandex, Microsoft, Ask.com dan berbagai macam mesin pencari lainnya.

2. Meta Description

Penggunaan: <meta name="description" content="Halo SobatLH" />, dari nama saja sudah bisa kita simpulkan bahwa tag ini bertujuan untuk menjelaskan kepada pengunjung mengenai deskripsi yang nantinya akan muncul di pencarian.

3. Meta Verification Site

Penggunaan: <meta content='iETptx4TmX_cWquwKjWlqr0Ow_CG48iBlT6qriybDCs' name='google-site-verification'/>, Kebanyakan sebuah situs pasti terdapat meta tag yang satu ini ada beberapa metode untuk melakukan verifikasi kepemilikan site untuk Google Search Console salah satunya menempel tag tersebut di website.

4. Meta Noarchive

Penggunaan: <meta name="robots" content="noarchive">, tag ini menjelaskan bahwa website yang kamu miliki tidak akan pernah muncul saat orang lain melakukan pencarian menggunakan webcache.
 
Praktik menggunakan situs webcache sebagai berikut:
https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:local-hunter.com

Perlu diketahui tag noarchive bisa digunakan bahkan kepada website yang sudah diblokir sekalipun. Ada beberapa website yang menggunakan tag meta ini untuk mencegah siapapun dapat mencari / mengakses sebuah halaman di mesin pencarian.

Sedangkan penggunaan file htaccess untuk mencegah halaman ataupun direktori website di cari seseorang ini juga sangat berguna sebagai meminimalisir jika ada sesuatu yang rentan dibobol seperti pada halaman login layaknya wordpress yang kerap kali jadi sasaran serangan brute force. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan seperti yang ada di bawah ini.

1. Htaccess Version 1


   
        Options -MultiViews -Indexes
    


2. Htaccess Version 2


Options -Indexes

Sebenarnya masih banyak sekali isi dari htaccess sebagai perlindungan untuk website namun akan dibuatkan artikel sendiri dilain waktu pada pembahasan kali ini kita akan berfokus pada judul "Google Dorking".

Contoh Google Dorking Terlengkap


Sebelum memulai mencari sesuatu di internet ada baiknya kamu memahami perintah dasar dari Google Dork dan yang paling umum digunakan sebagai berikut:

1. intitle:

Perintah ini bisa kamu gunakan di berbagai mesin pencari untuk menampilkan judul artikel sebuah website.

Contoh intitle:awal mula mediatek

2. inurl:

Perintah ini bisa digunakan dalam mencari path secara spesifik yang mungkin sudah di indeks oleh googlebot.

Contoh: inurl:/ppdb/login

3. intext:

Mencari sebuah kata yang memiliki kemiripan atau sama persis di suatu artikel website.

Contoh intext:berita corona saat ini

4. filetype:

Mencari sebuah file ataupun dokumen berdasarkan extension

Contoh filetype:pdf

5. site:

Pencarian ini akan menampilkan berdasarkan nama domain dari sebuah website.

Contoh site:local-hunter.com

Cara Menggabungkan Google Dork

Jika kamu ingin mencari yang lebih spesifik dan tertarget dalam artian hanya ingin menampilkan artikel dari situs A, maka perhatikan perintah-perintah di bawah ini:
  • intitle:awal mula mediatek site:local-hunter.com
  • intext:belajar dirumah site:kemdikbud.go.id
  • filetype:pdf intext:universitas
  • inurl:/ppdb/login site:sch.id

Kesimpulan

Pada pembahasan kali ini seharusnya kamu sudah memahami hal mendasar seputar Google Dorking beserta beberapa contoh dari perintah-perintah untuk menampilkan apa yang ingin kita cari di halaman pencarian Google Search.

Panduan ini sangat berguna sekali bagi kamu yang ingin cepat menemukan sebuah artikel / dokumen dari sebuah website yang ingin dituju dan Google Dork juga sangat berguna sebagai langkah awal menjadi hacker lohh. Bukan dari Google Dorknya yaa akan tetapi hasil dari Google Dork ketika muncul di pencarian yang bisa dijadikan referensi belajar.

Jangan khawatir saya juga akan melakukan pembaruan secara berkala untuk cheat-sheet google dork, jadi tetap pantau terus blog ini. Demikian informasi artikel tentang Google Dorking apa yang kalian baca semoga menjadi nilai bermanfaat kedepannya. Jangan lupa untuk di share kepada teman-teman yaa. Enjoyy

No comments for "Menjelajah Internet Menggunakan Google Dork"