Widget HTML Atas

Awal Mula MediaTek Didirikan Hingga Menjadi Duet Sengit Bersama Qualcomm


Jika kita membahas daratan China untuk soal teknologi memang tidak akan ada habisnya dinegara itu sumber daya manusianya sangat berpotensi memajukan ekonomi keuangan negara dan saat ini China menjadi negara adidaya kedua setelah Amerika Serikat. Kenapa saya sebut adidaya kedua ? Selain mempunyai alutsista modern untuk militer ternyata China sangat berkembang pesat di dunia teknologi khususnya smartphone.

Bukan hanya smartphone hampir seluruh produk yang ada di Indonesia bertuliskan "Made in China". China merupakan negara dengan terpadat penduduk pertama di dunia dan salah satu negara paling berpengaruh saat ini. Jika dilihat dari berbagai vendor perusahaan smartphone China lah yang paling banyak memunculkan produk tersebut seperti Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO, Realme, Infinix dan masih banyak lagi.

Menilik Sejarah MediaTek

Berbagai produsen smartphone memang saat ini berlomba-lomba menghadirkan daya pacu yang terbaik untuk konsumen oleh karena itu pemilihan chipset menjadi peranan penting dalam spesifikasi sebagai penopang kekuatan utamanya. MediaTek hadir membawa perubahan teknologi bagi smartphone untuk memudahkan bagi produsen smartphone tanpa perlu membuat chipset sendiri.

MediaTek Inc didirikan oleh Tsai Ming-Kai seorang kewarganegaraan Taiwan kelahiran 6 April 1950. Awal sejarah MediaTek berawal dari United Microelectronics Corporation (UMC) sebuah perusahaan yang berfokus merancang chipset namun dengan target pemasaran hanya untuk produk home entertainment.

Tsai Ming-Kai mendirikan MediaTek pada umur ke 47 tahun dan MediaTek resmi diluncurkan pada tanggal 28 Mei 1997 yang bermarkas besar di Hsinchu, Taiwan. MediaTek termasuk dalam industri Semikonduktor Fabless yang bertugas membuat, mendesain dan mengembangkan chip semikonduktor. Chip inilah yang saat ini digunakan pada smartphone, komputer dan berbagai macam lainnya.

Di tahun 2001 MediaTek Inc terdaftar pada Stock Exchange di Taiwan. Perusahaan tersebut adalah sebuah lembaga keuangan yang terletak di Taipei, Taiwan. Di Stock Exchange ini terdaftar 809 perusahaan yang memiliki kapitalis pasar dengan jumlah besar salah satunya yaitu MediaTek Inc.

Setelah menjadi perusahaan resmi, MediaTek Inc mulai merancang dan mengembangkan serta melakukan uji coba terkait drive optik / chip khususnya untuk produk digital seperti smartphone, komputer, televisi digital hingga tablet. Dari hasil yang mereka rancang MediaTek berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan yang memperoleh pangsa besar.

MediaTek mulai memfokuskan produk rancangan chipnya kepada smartphone di tahun 2004 dan di produk ini lah mereka berhasil dan menjadi produsen chip ternama dunia selain Qualcomm. 7 tahun berjalan tepatnya di tahun 2011 MediaTek menerima pesanan sebanyak kurang lebih sekitar 500 juta unit untuk chip smartphone.

Pesanan chip buatan MediaTek meningkat drastis di akhir tahun 2014 yaitu mencapai lebih dari 700 juta unit dan pendapatan dari pangsa pasar meledak hingga sebesar USD $5.3 miliar.

Pada pertemuan antara MediaTek dan Intel di tahun 2019 mereka akan membuat sebuah teknologi komputer yang akan di upgrade ke dalam jaringan 5G dan kabarnya hadirnya teknologi tersebut di tahun 2021 / 2022.

Daftar Perusahaan Yang Diakuisisi MediaTek

MediaTek Inc berhasil meraup keuntungan besar disektor mendesain chip semikonduktor untuk smartphone dan kesuksesan itu membuatnya mengambil alih perusahaan lainnya yang tidak jauh juga dengan perancangan untuk smartphone, diantara lain sebagai berikut:
  1. Inprocomm sebagai perusahaan di bidang semikonduktor nirkabel chip 802.11a, b dan a / g (2005).
  2. Analog Device Inc, perusahaan yang bermarkas di Amerika bertugas merancang konversi data, pemrosesan sinyal (DSP), dan manajemen daya (2007).
  3. Ralink Technology, perusahaan yang sudah terkenal merancang teknologi Wi-Fi dengan chipset IEEE.802.11 (2011).
  4. Coresonic AB, sebagai salah satu perusahaan yang diakuisisi oleh MediaTek bermarkas dieropa untuk komunikasi nirkabel dan juga multimedia (2012).
  5. MStar Semiconductor, Inc perusahaan yang membuat dan mendesain perangkat keras chip televisi digital dan chip handset untuk smartphone (2012).
Di tahun 2020 kedua chip antara MediaTek dan Qualcomm saling mengeluarkan produk terbarunya entah itu seri untuk gaming ataupun seri untuk kebutuhan sehari-hari. Keduanya saling memberikan fitur-fitur yang telah ditingkatkan daripada generasi sebelumnya serta membawakan teknologi terbarunya seperti contoh pada Qualcomm yang baru saja meluncurkan Snapdragon 750G yang ditambahkan dengan teknologi jaringan mmWave.

Duet sengit ini terjadi di dunia persilatan  teknologi smartphone terbaru yang nantinya akan menggunakan jaringan terintegrasi 5G namun upaya tersebut saat ini sedang dalam pengembangan dan hanya di negara tertentu seperti Amerika Serikat sinyal 5G bisa dapat digunakan.

No comments for "Awal Mula MediaTek Didirikan Hingga Menjadi Duet Sengit Bersama Qualcomm"