Widget HTML Atas

Apa itu Litecoin ? Panduan Bagi Pemula

 


Litecoin adalah salah satu cryptocurrency yang diluncurkan untuk umum pada tahun 2011 dibawah lisensi open source MIT/X11. Litecoin sendiri diciptakan oleh seorang mantan karyawan Google sekaligus alumni dari MIT yang bernama Charlie Lee.

Litecoin hadir setelah era Bitcoin yang memiliki tujuan melebihi performa dari Bitcoin yaitu murah, cepat dan ringan serta pendirinya juga mempunyai gagasan untuk membuat koin yang dapat ditambang dengan komputer / laptop rumahan tidak selalu dengan perangkat keras dengan biaya tinggi.

Litecoin juga tidak berbeda jauh dengan Bitcoin, teknologi untuk penambangan dengan GPU yaitu menggunakan jaringan Peer-to-Peer dengan algoritma PoW ( Proof-of-Work). Sebenarnya litecoin adalah turunan dari Bitcoin Core namun terdapat peningkatan suplai koin yaitu 84 Juta koin di seluruh dunia dan hashing yang digunakan Scrypt sedangkan Bitcoin menggunakan SHA-256.

Kamu ga perlu khawatir tentang sistem operasi apa saja untuk menambang litecoin, karena litecoin diciptakan untuk sistem operasi yang biasa digunakan pada umumnya seperti Windows, Linux, Mac Os bahkan smartphone kamu bisa digunakan untuk menambang juga lohh.

Baca Juga: Apa Itu Ethereum?

Pasar Kapitalisasi Litecoin

 

Walaupun litecoin termasuk turunan Bitcoin namun untuk harga pasar kapitalisasi harganya murah tidak seperti Bitcoin yang super tinggi. Total aset harga pasar milik litecoin pada hari Kamis (17/09/2020) mencapai 47 Miliar dan litecoin sendiri perkoinnya dihargai 711 Ribu pada saat artikel ini ditulis.

Peningkatan akan terus terjadi pada pasar kapitalisasi ataupun nilai jual dari litecoin karena suplai yang sudah diedarkan sudah mencapai 65.477.369 Juta koin sedangkan untuk edaran maksimal litecoin hanya mencapai 84 Juta koin.

Rekomendasi Investasi Kripto

Litecoin biasa disebut dengan silver koin juga sama halnya seperti Bitcoin yang bisa dijual dan ditabung pada ekosistem blockchain yang seluruh transaksi seperti menjual dan membeli akan dijamin keamanannya.

Aset kripto litecoin sangat direkomendasikan bagi yang ingin berinvestasi mata uang digital sebagai acuan pertama yaitu harganya sama persis dengan emas selain itu keuntungan investasi dengan litecoin kamu tidak perlu bergantung kepada jangka pendek atau jangka panjang karena harga kapitalis dari litecoin sendiri sangat stabil dari waktu ke waktu.

Di masa pandemi, seharusnya kamu sudah merencakan investasi alternatif selain emas fungsinya sebagai cadangan keuangan keluarga agar tidak terpatok selalu kepada nilai harga emas jika disandingkan dengan emas harga litecoin tidak buruk juga dan patut dicoba untuk menabung.

No comments for "Apa itu Litecoin ? Panduan Bagi Pemula"