Apa Itu Ethereum ?

Apa Itu Ethereum ?


Ether adalah mata uang digital cryptocurrency yang dimiliki oleh Ethereum dan tersimpan di Blockchain sedangkan Ethereum adalah platform kripto yang lebih modern dari Bitcoin yang mengandalkan dua teknologi utamanya yaitu Smart Contract dan DApps.

Bagaimana dengan SobatLH dengan cuplikan sedikit tentang Ethereum? jika belum mengerti dan masih bingung jangan khawatir kamu berada di tempat yang cocok untuk memulai pembelajaran cryptocurrency Ethereum. Mari kita mulai pembahasan yang menarik ini.

Sejarah Ethereum

Vitalik Buterin adalah pencetus Ethereum sekaligus seorang programmer, pada saat umur 17 tahun ia dikenalkan oleh ayahnya tentang Bitcoin dan sangat tertarik hingga menulis buku bernama Bitcoin Magazine. Di dalam buku tersebut ia memberikan ide-ide kepada Bitcoin salah satunya ide Bitcoin mengharuskan menggunakan bahasa scripting namun ide tersebut tidak dilirik oleh Bitcoin alhasil ia membuat terobosan baru tentang mata uang digital yang diberi nama Ethereum.

Di tahun 2014 pada acara Konferensi Bitcoin di Amerika Utara pendiri Ethereum memperkenalkan sebagai mata uang digital yang memiliki pondasi tanpa perantara, bersifat open source desentralisasi, dan tidak dikontrol oleh pemerintah, perusahaan ataupun negara. Teknologi Smart Contract juga dijelaskan bagaimana ia bekerja untuk blockchain.

Setelah diluncurkan pada tahun 2015 selang 3 tahun pasar kapitalisasi Ethereum melonjak pesat yaitu di kisaran harga 713 trilyun yang pada saat itu sebagai pendamping crypto Bitcoin. Namun update terbaru saat ini menurun 1 trilyun dari data marketcap milik CoinGecko.



Berikut adalah daftar nama-nama pendiri Ethereum yakni Vitalik Buterin, Myself, Charles Hoskinson, Mihai Alisie, Amir Chetrit, Joseph Lubin, Gavin Wood, & Jeffrey Wilke.

Teknologi Canggih ala Ethereum

Ethereum juga tidak berbeda jauh dengan crypto lainnya yang memanfaatkan teknologi blockchain. Ethereum sendiri menciptakan aplikasi sejenis wallet, finansial, pasar desentralisasi bahkan pembuatan aplikas games dan kelebihan games yang diciptakan Ethereum juga bisa menghasilkan uang. Perkenalkan dua teknologi yang sangat diandalkan Ethereum hingga kini:

Smart Contract

Transparan dan tanpa perantara itulah yang sangat dijunjung tinggi oleh Ethereum dengan adanya smart contract transaksi apapun tetap terkendali.

Prinsip yang digunakan smart contract yaitu "bila mana kondisi terpenuhi maka program akan berjalan semestinya". Contoh dalam teknologi ini "Ketika Andre mewajibkan mengirim uang Rp200.000 setiap bulan kepada Ibu kost secara langsung selama 7 bulan maka Andre tidak perlu ke ATM untuk mengirimkan uang dan jika Andre tidak membayarnya maka ia akan diusir akan tetapi ia sangat rajin membayar uang kost tepat waktu hingga 7 bulan tersebut."

Dari cerita singkat diatas ada dua yang bisa kita ambil yakni tidak membutuhkan perantara dan ketika kamu belum kontrak maka hal itu tidak akan terjadi. Jika bayaran Andre terpenuhi maka ia tidak akan diusir.

Ethereum juga memberikan informasi mengenai bahasa pemrograman yang digunakan dalam smart contract yaitu Solidity (object-oriented) dan Vyper.(contract-oriented).

DApps

Kepanjangan DApps yaitu decentralized application sebuah teknologi jaringan blockchain yang mendapat manfaat dari cryptocurrency untuk menjalankan transaksi sebagaimana mestinya dan teknologi ini bukan berjalan diatas Ethereum melainkan dari blockchain.

Tidak hanya tentang aset digital DApps juga disebut-sebut menjadi persaingan e-commerce, platform social media dan lainnya dikarenakan pengembang dari Ethereum juga bisa membuat aplikasi terbaru dan menarik ini didukung dari bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Solidity. Solidity juga memiliki kemiripan terhadap JavaScript dan C++. 

Anda mungkin menyukai postingan ini