Widget HTML Atas

7 Hacker dari Indonesia Paling Menggemparkan dan Disegani di Dunia, Ini Buktinya

Bicara soal hacker memang tidak akan pernah ada habisnya banyak sekali talenta-talenta muda di Indonesia yang sangat tertarik dengan bidang yang satu ini. Pasalnya Indonesia memiliki asset berharga paling penting dan disegani di dunia. Asset yang dimaksud adalah Indonesia memiliki hacker dengan kemampuan diatas rata-rata layaknya sebuah film yang bisa meretas ini itu.

Tidak perlu ke benua eropa untuk mencari hacker terhebat ternyata kita juga memiliki hacker yang paling ditakuti dan paling menghebohkan di jagat dunia maya. Dimana dalam daftar yang akan dijelaskan nanti termasuk hacker paling melegenda sampai sekarang.

Istilah hacker mengacu pada talenta / bakat yang dimiliki seseorang dalam memahami alur dari sebuah sistem keamanan jaringan / web aplikasi. Untuk bisa menjadi seorang hacker tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama bagi sebagian orang dikarenakan kamu harus mempelajari dari yang paling mendasar yaitu mengerti akan hal jaringan komputer terlebih dahulu.

Nahh pada kesempatan kali ini ada beberapa hacker indonesia yang cukup disegani dunia dan pernah menjadi berita trending lhoo.

7 Nama Hacker Indonesia Terhebat dan Diakui Dunia

    1. Jim Geovedi


Pasti kamu semua tidak asing dengan nama yang satu ini, ya Jim Geovedi menjadi salah satu dari sekian banyak hacker indonesia paling ditakuti dan namanya melegenda sampai sekarang.

Viralnya nama Jim Geovedi dikarenakan aksi yang pernah dilakukannya yaitu mengubah arah orbit satelit Indonesia dan China.

Keahlian yang ia miliki mendatangkan beberapa undangan menjadi pembicara beberapa konferensi sistem keamanan jaringan satelit umumnya yang dibahas adalah GEO Mobile Radio, Gateway 
Station Subsystem, Mobile Earth Station, Satellite Control Facility dan masih banyak lagi.

Beberapa uandangan konferensi keaman jaringan satelit diantara lain sebagai berikut:
  • HIRBSecConf 2008 (Hacking a Bird in the Sky)
  • HITB2011KUL (Satellite Telephony Security)
  • HITBGSEC2017 (Unstructured Data is The New Gold

     2. Hmei7


Salah satu hacker paling ditakuti selanjutnya adalah hmei7. Saat ini ia memegang gelar sebagai Master Mass Defacer tidak lain tidak bukan gelar itu benar-benar ditujukan pada dirinya sebab hmei7 termasuk defacer yang paling aktif.

Aktifitas defacing yang pernah mengguncang dunia adalah ketika situs IBM, ASUS dan Microsoft pernah diretas dan setelah kejadian peretasan tersebut nama hmei7 menjadi melambung tinggi secara cepat hingga dibicarakan di beberapa forum IT di Indonesia.

Tidak hanya itu siapapun yang menggunakan wordpress dan joomla serta rentan terhadap bug maka hmei7 akan hadir di halaman depan sebuah website tersebut ini dibuktikan dari ribuan situs dalam negeri dan luar negeri yang diretas dalam waktu singkat.

Tidak ada yang pernah tau siapakah orang dibalik nama hmei7 yang kerap kali menjadi pembicaraan berbagai macam forum namun untuk pastinya ia adalah orang Indonesia. Aktifitas hacking yang dilakukan hmei7 tidak memiliki tujuan untuk mencuri sebuah data informasi ini murni aksi defacing dan satupun perusahaan yang berhasil diretas tidak ada kabar data bocor.

    3. Bio666x

image by hipwee.com

Usia bukanlah menjadi patokan untuk menjadi seorang yang profesional dan salah satunya adalah hacker yang bernama Yogi Nugraha dengan sebutan Bio666x salah satu hacker muda Indonesia berusia 19 tahun dari sekian banyak talenta muda lainnya.

Bio666x menjadi trending pada saat itu setelah kejadian peretasan jaringan miliki militer Singapura dan peretasan yang menghebohkan selanjutnya adalah ketika ia berhasil mematikan jaringan internet di Malaysia.

    4. Xnuxer


Apa kamu sudah pernah mendengar nama ini? Nama Xnuxer jauh sebelum teknologi canggih dimulai. Nama aslinya adalah Dandi Firmansyah. Xnuxer sebagai salah satu seorang hacker yang pertama kali menembus keamanan situs pemerintah KPU pada April, 2004 silam.

Xnuxer melakukan peretasan menggunakan beberapa metode namun yang diketahui untuk menerobos ke dalam sistem yaitu Cross-site-scripting (XSS) stored dan SQL Injection.

Setelah berhasil masuk kedalam sistem database ia mengganti beberapa nama partai politik menjadi lucu yaitu dengan nama buah-buahan.

    5. AnonGhost


Sekelompok tim hacker yang paling populer dalam melakukan aktifitas hacking yaitu AnonGhost. Yaps komunitas hacker ini pernah melakukan tindakan mass deface di berbagai negara salah satunya yang pernah menjadi sasarannya adalah Israel.

Ribuan situs Israel yang ia targetkan mempunyai tujuan yaitu membela kebebasan rakyat Palestina di Al-Aqsa dengan cara melakukan defacing dan membuat pesan secara langsung melalui halaman depan website tersebut.

Tagar #OPIsrael juga pertama kali dikibarkan oleh tim hacker satu ini untuk membangkitkan seluruh pemuda yang memiliki talenta hacking dan dari kejadian tersebut nama AnonGhost mencuat ke berbagai media berita saat itu.

Nama hacker yang teridentifikasi berasal dari Indonesia dan bergabung dengan AnonGhost diantara lain yaitu virusa w0rm, pasangan galo, Maniak k4Sur dan Tanpa Bicara. Ini dibuktikan dengan adanya hasil karya salah satu member dari Indonesia yaitu virusa w0rm yang membuat shell backdoor dengan beberapa text menggunakan bahasa jawa dan inggris.

"Learn to figure it out about something it's make be better. mbuh ngomong opo iki.. lol..yen ono seng salah yo tulong dibenerke, tapi yen bener yo ojo disalahke.. kan iso sinau bareng.. wkkwk..
tools not make hacker, but try to learn about tools. tried to find out why it's tool works. it's will be better than nothing.. " -virusa w0rm

    6. 4prili666h05T

image by devianart.com

Pendiri dari salah satu tim hacker indonesia yang diberi nama PhantomGhost memiliki sepak terjang yang sedikit mirip dengan AnonGhost yang menyuarakan aspirasi keluhan masyarakat Palestina terutama di sekitaran Al-Aqsa / Gaza.

Aksi peretasan yang paling fenomenal adalah ketika hacker ini meretas ribuan situs Israel di tahun 2004 hanya dalam dua hari.

    7. Surabaya BlackHat


Tim / komunitas hacker ini benar-benar menjadi salah satu berita trending di tahun 2018 dengan berbagai tema mengenai serangan siber di berbagai negara seperti Amerika.

Sasaran utama aktifitas hacking pada komunitas ini adalah situs asing bukan situs Indonesia hal ini dijelaskan oleh pendiri Surabaya BlackHat. Tidak hanya peretasan website SBH juga tersirat kabar melakukan penyebaran ransomware dan pembobolan kartu kredit.

Kata-kata yang dimaksud pendiri SBH sebagai berikut dan kutipan ini dilansir dari tirto.id.
"Meskipun kami peretas bukan berarti kami hancurin negara sendiri".

Kasus peretasan yang dilakukan oleh Surabaya BlackHat juga pernah diproses oleh Polda Metro Jaya hingga kabarnya beberapa anggota dari SBH menjadi buronan FBI.

No comments for "7 Hacker dari Indonesia Paling Menggemparkan dan Disegani di Dunia, Ini Buktinya"