Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Dampak Adware

Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Dampak Adware


Pengertian Adware - Adware adalah sebuah iklan yang dipasangkan kesebuah website maupun mobile android yang dimana tujuannya untuk memperoleh keuntungan kepada pengembang aplikasi dan adware tersebut ditanamkan di perangkat mobile ataupun komputer. Adware bisa dikatakan blackhatnya seorang publisher iklan alias melakukan cara apapun demi meraup keuntungan besar dari media periklanan.

Adware berbeda dengan media periklanan seperti Google Adsense ia cenderung kepada menampilkan iklan pop-up dan itu bisa terjadi berkali-kali. Adware bisa memborbardir browser Anda tiap kali membuka sebuah halaman website / user interfaces aplikasi android yang sudah terinfeksi adware dengan memanfaatkan iklan yang menarik untuk di klik. Adware bukan virus melainkan hanya pop-up iklan yang muncul bertubi-tubi di sebuah perangkat komputer / android walau begitu adware juga tidak bisa diremehkan jika browser Anda sudah terinfeksi segera atasi masalah tersebut sebab jika didiamkan itu bisa menjadi masalah serius.

Jenis-Jenis Adware

  • Mobile Adware
Adware yang menargetkan pengguna android baik dalam keadaan root ataupun unroot akan tetap kena imbas jika sang pengguna tidak hati-hati dalam menggunakan smartphone yang dimilikinya. Para peretas biasanya membuat aplikasi yang menarik untuk di install yang di dalamnya telah ditanam adware ataupun memanfaatkan aplikasi yang memiliki sebuah kerentanan.
  • Computer Adware
Adware di komputer memanfaatkan aplikasi bajakan yang bertebaran di internet maupun pada situs tersebut sendiri yang sudah dipasangkan adware. Dengan history web dari pengguna, adware akan menampilkan iklan yang sesuai dengannya namun intensitas pop-up dari adware menjadi pengalaman browsing yang mengganggu.

Cara Kerja Adware

  • Browsing / Download  
Biasanya ketika mengunjungi sebuah situs sudah pasti terdapat iklan mulai dari banner, teks, redirect hingga pop-up namun tidak sebuah iklan bisa diartikan adware. Situs yang memiliki kerentanan menjadi sasaran empuk untuk ditanamkan sebuah adware dan malware dan ketika situs tersebut sudah terinfeksi kita sangat sulit membedakan iklan yang bersih dari adware sebab iklan akan menampilkan yang sesuai dengan konten dan menarik untuk di klik.

Tak lupa juga saat ini banyak situs yang menyediakan software bajakan yang di dalamnya kita tidak dapat mengetahui apakah ada adware atau tidak nahh biasanya situs-situs yang menyediakan layanan itu terdapat tombol download yang beraneka ragam dan ketika tidak teliti mungkin saja kita salah meng-klik link download yang menyebabkan kita akan di redirect ke situs yang terinfeksi adware.
  • Install Software
Ketika sudah berhasil melewati rintangan download, software bajakan seringkali meyakini pengguna bahwa software tersebut terdapat pembaruan fitur namun siapa sangka bukan fitur yang ditambahkan akan tetapi malah adware yang diselipkan.

Dampak Adware

  • Lambatnya dalam browsing
Ketika komputer memiliki ruang penyimpanan yang besar dan baru membuka chrome / firefox sudah terasa lambat secepatnya Anda harus memeriksa ada kemungkinan komputer tersebut sudah terinfeksi adware ataupun berbagai macam virus lainnya. 
  • Serangan iklan bertubi-tubi
Jika Anda mengunjungi sebuah situs blogger dan terlihat ada sebuah iklan belum tentu itu adalah adware selagi iklan relevan apalagi dari media periklanan populer seperti Google Adsense iklan tersebut sangat bersahabat dan tampilan normal akan tetapi jika Anda pernah mendapati situs yang tiba-tiba memunculkan pop-up dan sulit untuk keluar bisa diartikan komputer Anda sudah terinfeksi oleh adware.
  • Koneksi internet melambat
Salah satu tanda-tanda komputer terinfeksi adware yaitu koneksi melambat ketika sedang browsing ini disebabkan adware sudah bekerja dan mengunduh iklan dari situs lain secara tersembunyi.
  • Browser crashing
Ketika sedang browsing di internet lalu secara tidak sengaja kita meng-klik sesuatu pada situs dan diarahkan ke situs lain hingga bertubi-tubi layer tab / tab baru hingga crash patut diwaspadai gejala adware mungkin saja sudah terjadi.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Dampak dari Adware. Sebagai pengguna internet sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam mengunjungi sebuah situs dan lebih teliti terhadap apa yang ingin kita download sebab ratusan software sudah terinfeksi adware ataupun malware yang tidak kita ketahui.

Anda mungkin menyukai postingan ini