Perbedaan PHP Native dan Framework Lengkap

Perbedaan PHP Native dan Framework Lengkap


Seiring perkembangan teknologi semakin cepat pula berkembang pesat suatu bahasa pemrograman untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintahan, bisnis, pekerjaan maupun personal. Banyaknya seseorang yang belajar memahami mengenai bahasa pemrograman PHP Native maupun framework yang sudah bertebaran di Internet akan tetapi balik lagi kepada soal kebutuhan masing-masing dan apakah ingin mempercepat menyelesaikan pekerjaan atau hanya sekedar iseng membuat website.

Bahasa pemrograman PHP sampai saat ini masih populer digunakan oleh programmer di Indonesia ya mungkin saja banyak lowongan pekerjaan yang mencari programmer di bidang web developer ini terbukti dari banyaknya komunitas hingga lowongan pekerjaan web developer di setiap media sosial terutama Telegram dan Facebook. 

Dari kata PHP Native yang berarti asli/alami bahasa pemrograman PHP yang dibuat oleh programmer ditambah dengan barisan kode lainnya seperti HTML, CSS, Javascript dan Bootstrap. Sedangkan Framework, barisan kode PHP yang lebih terstruktur dan kompleks guna memudahkan programmer dalam membuat aplikasi website secara cepat dan efisien waktu.

PHP Native

PHP Native adalah sebuah barisan kode asli yang dibuat sendiri oleh programmer tersebut yang di dalamnya terdapat beberapa barisan kode lainnya seperti HTML, CSS, JavaScript hingga sentuhan bootstrap. Ketika programmer junior menggunakan PHP Native maka manfaatnya jauh lebih efektif sebelum menggunakan framework PHP seperti CodeIgniter ataupun Laravel sebab PHP Native adalah basicnya belajar framework.

Penggunaan PHP Native tidak cocok untuk membuat website besar seperti pemerintahan, online shop dan lain-lain dikarenakan file-file PHP yang dibuat oleh programmer akan dipisah dan memakan waktu yang sangat lama. PHP Native juga tidak memiliki fitur keamanan layaknya CodeIgniter dan Laravel yang mendeteksi dan mencegah serangan XSS, SQLi ataupun CSRF sebaliknya jika ingin ada fitur tersebut maka programmer harus membuat fitur itu sendiri.

PHP Native lebih cocok digunakan untuk pemakaian personal atau bisa di implementasikan untuk membuat website sekolah walau sudah adanya framework, PHP Native masih digunakan hingga saat ini walau tidak begitu banyak apalagi untuk mencari pekerjaan yang rata-rata harus memiliki persyaratan kemampuan di bidang framework.

Framework

Dibangun menggunakan barisan kode pemrograman PHP, framework sendiri merupakan kerangka kerja yang lebih terstruktur dan kompleks dalam penggunaan membuat website berskala kecil hingga besar. Kumpulan kode PHP yang sudah diatur menjadi terstruktur maka semua pekerjaan yang dilakukan oleh programmer menjadi cepat dan menghemat waktu.

Baca Juga : Inilah Perbedaan CodeIgniter dan Laravel Super Lengkap

Hadirnya framework menjadikan pekerjaan semakin dipermudah dan adanya framework untuk membangun sebuah aplikasi bisa bersama tim tanpa harus memisah-misahkan file layaknya PHP Native. Tak hanya itu untuk menjamin keamanan sebuah website, dibeberapa framework PHP memasangkan fitur keamanan untuk mencegah serangan-serangan dari luar yang bisa mengakibatkan bocornya data sensitif  seperti account, database dan informasi lainnya.

Kesimpulan

PHP Native memang saat ini tidak begitu diminati untuk kalangan programmer yang sudah lama melintang di dunia pemrograman PHP sebab tidak efisien untuk project berskala besar apalagi memakan waktu cukup lama untuk meracik komponen file-file menjadi rapih dan siap digunakan. Walau demikian jika Anda termasuk programmer yang senang membuat web hanya sekedar iseng atau ada tujuan tertentu bukan untuk project besar sepertinya PHP Native masih diperlukan.

Untuk Anda yang gemar membuat web dengan cepat dan menghemat waktu mungkin framework adalah jawabannya. Yaps di framework ini bisa memenuhi kebutuhan ngoding Anda ditambah ada beberapa fitur yang berbeda di setiap framework PHP. Komunitas framework PHP di Indonesia juga sudah banyak bertebaran ini menjadi nilai plus untuk seseorang yang berminat belajar menggunakan framework kedepannya. 

Anda mungkin menyukai postingan ini