Dibalik Templates Blogger Gratis, Wajib Diperhatikan!

Dibalik Templates Blogger Gratis, Wajib Diperhatikan!


Blogger adalah sebuah website yang sangat berguna untuk menulis artikel lalu di publikasikan secara global dan hasilnya para pembaca dapat pengetahuan di dalamnya. Umumnya blogger sudah menyediakan beberapa template gratis tanpa harus download namun ya kembali lagi kepada diri masing-masing yaitu untuk mencari template yang benar-benar fresh dan responsive dari penampilan. Keuntungan dari responsive membuat tampilan blog yang kita miliki akan terasa nyaman ketika di kunjungi oleh pengunjung dan ditambah pengunjung merasa betah lama-lama berada di blog kita karena desain template yang keren.

Puluhan hingga ratusan template tersedia di Google entah itu berbayar atau gratis namun kita sebagai pengguna template wajib memerhatikan template yang gratis mulai dari di sisipkan kode tertentu ataupun tiba-tiba redirect ke halaman situs yang menyediakan template tersebut. Kedua hal tersebut sering terjadi untuk template gratis tujuannya agar seseorang yang mendownload template gratis berpindah haluan membeli template premium (berbayar). 

Jikalau Anda ingin membuat sebuah situs blogger namun bingung memilih template yang gratis tetapi aman, responsive, simpel dan keren saya masih tetap merekomendasikan menggunakan template buatan dalam negeri seperti Linkmagz, VioMagz, MasihTerjaga dan masih banyak lagi. Template tersebut dibuat oleh seorang programmer yang sudah lama melintang di dunia blogger Indonesia dikarenakan tampilan yang responsive maka sampai saat ini menjadi pilihan dan kelebihan lainnya tidak adanya unsur script yang di obfuscated.

Nahh pada pembahasan kali ini saya menemukan template gratis yang tersedia di Google lalu di dalamnya ada sebuah script javascript yang di obfuscated pada bagian paling bawah itulah salah satu yang ingin saya sampaikan kepada seluruh blogger yang menggunakan template gratis untuk selalu mengecek source code di dalamnya apakah ada codingan yang di obfuscated atau aman. Let's Go.

Jika Anda pernah menggunakan templates gratis di Google dan melihat source code di dalamnya di obfuscated maka tampilan code tersebut seperti di bawah ini. Maka untuk melihat dibalik code yang diobfuscated kita bisa menggunakan situs DDecode.

Templates Obfuscated Free Edition

Untuk memastikan bahwa code yang diobfuscated ini hanya codingan biasa atau ada sesuatu dibaliknya dan hasilnya akan tampak seperti di bawah ini. Anda bisa melihat link result sebagai berikut: http://ddecode.com/hexdecoder/?results=d803ee0c0c205eb1bb638079893c94cf

ddecode obfuscated

ada dua jenis yang saya tau mengenai obfuscated ini yaitu eval packed dan eval packer nahh untuk melihat hasil selanjutnya kita menggunakan situs JavaScript Tester. Saya tidak langsung melihat source code dibalik obfuscated, namun ingin melihat apa yang terjadi ketika javascript tersebut di execute. Ketika di execute ternyata codingan yang di obfuscated mengarah ke halaman pembuat templates tersebut. Ini adalah hasilnya.

Execute javascript obfuscated

Ketika sudah mengetahui code yang di obfuscated adalah redirect ke halaman situs pembuat templates dan juga menggunakan eval packed maka mari kita lihat codingan tersebut secara utuh dan hasilnya seperti di bawah ini.


unpacked code javascript templates

sama seperti sebelumnya kita harus menggunakan situs DDecode kembali. Result unpacked bisa lihat disini: http://ddecode.com/hexdecoder/?results=3ec31d04d813b6dc6fa57d947ab99d9e dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Result var _0x4136

Apakah sudah selesai ? Oh belum. Gambar diatas adalah hasil ddecode dari var _0x4136 akan tetapi pada bagian setInterval masih harus kita bongkar lagi dan dibagian inilah copyright sesungguhnya disembunyikan. Jikalau Anda menghapus dan memodifikasi pada var _0x4136 saja maka sebagian besar ada beberapa kesalahan mulai hilangnya fitur random post dan sejenisnya (ga semua templates). Oleh karena itu mari kita lihat kembali apa dibalik setInterval. Lihat gambar di bawah ini.

Last result obfuscate templates

Kesimpulan

Templates gratis menjadi salah satu harapan untuk membuat sebuah situs blogger dengan menggunakan templates maka situs tersebut menjadi pembeda diantara situs blogger lainnya yang masing-masing memiliki fitur responsive dan pastinya menarik perhatian pengunjung. Obfuscated yang dilakukan pembuat templates bertujuan menghindari penghapusan hak cipta ataupun modifikasi namun banyaknya orang yang pandai melihat hal aneh dalam codingan pasti langsung memastikan apakan codingan tersebut benar-benar aman hanya copyright atau ada maksud lain.

Saya sangat merekomendasikan gunakan produk templates lokal dari segi tampilan tidak kalah bersaing dengan templates yang ada di Google akan tetapi mungkin akan dikenakan biaya itu bukan masalah besar karena harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. 

Demikian pada pembahasan kali ini jika ada yang kurang mengerti ataupun kekurangan lainnya silahkan berkomentar dan jangan sungkan untuk bertanya.

Anda mungkin menyukai postingan ini