7 Rekomendasi Film Hacker Tahun Jadul


Aksi peretasan di berbagai belahan dunia yang dilakukan oleh hacker tampaknya menjadi pandangan khusus bagi sutradara film dimana hal-hal unik dan menarik terjadi dalam melakukan peretasan mulai dari menganalisis, mengexploitasi sampai berujung tindak pidana. Sebelum berkembangnya teknologi canggih, cybersecurity memang sudah digemari sejak jaman dulu dan oleh sebab itu dibuatkan film ditambah cerita yang membuat siapapun penasaran ingin menonton.

Dengan teknologi editing yang seadanya beberapa film yang akan dibahas ini menjadi nilai tongkat sejarah dunia cybersecurity. Cerita film hacker pada saat itu tidak segamblang yang sekarang akan tetapi cara bekerja dari aktor yang memahami hal itu menjadi sesuatu yang unik dikarenakan teknologi pada saat itu sangatlah terbatas.

Walaupun teknologi yang serba terbatas, siapapun bisa memanfaatkannya untuk membuat hal yang menakjubkan di mata orang lain entah itu menguasai jaringan ataupun pengendalian komputer yang hebat. Dari film ini kita belajar bagaimana teknologi pada masa itu bisa digunakan dengan keterampilan menakjubkan.

Top 7 Film Hacker Jadul

  • Hot Millions (1968)
Peter Ustinov sebagai pemeran yang memiliki keahlian di bidang komputer lalu ia berangkat ke Amerika Selatan bersama temannya yang bernama Robert Morley. Ia berencana untuk melakukan penyusupan ke sebuah operasi komputer besar pada masa itu. Dalam perannya ia sebagai penggelap jutaan uang poundsterling namun Ustinov memiliki masalah pengaman pada sistem komputer setelah masalah ditemukan lalu ia mempelajari bagaimana ia membypass sistem keamanan komputer tersebut setelah semua dipelajari akhirnya pengaman komputer tersebut berhasil di bypass.
  •  Tron (1982)
Kevin Flynn merupakan programmer yang bekerja di perusahaan ENCOM Corporation. Ia membuat sebuah arcade video game namun ide kreatif dan menarik dari Kevin Flynn dimanfaatkan oleh salah satu rekannya yang bernama Ed Dilinger. Merasa idenya sudah diambil rekannya maka Kevin Flynn berusaha meyakinkan bahwa ia bisa masuk kedalam ENCOM dan mencari barisan-barisan kode yang diklaim dan dicuri oleh Ed Dilinger serta memastikan bahwa ide tersebut adalah miliknya bukan dari Ed Dilinger.

Untuk membantu menembus sistem keamanan ENCOM, Kevin Flynn dibantu dengan dua orang bernama Alan Bradley dan Lora akan tetapi Program Master Control (MCP) yang saat ini mendominasi dunia digital memiliki sistem keamanan yang cerdas buatan Ed Dilinger berhasil menggagalkan rencana Kevin Flynn lalu mengubahnya menjadi file komputer menggunakan laser digital experimental.
  • WarGames (1983)
Seorang remaja bernama David Lightman yang tidak terlalu pintar belajar di sekolah namun mempunyai keterampilan dalam meretas. Hari-hari yang dilakukan David adalah meretas setelah pulang sekolah, yaitu ia berhasil menembus keamanan sistem nilai milik sekolah dan mengganti nilai temannya bernama Jenifer. Suatu hari, David tanpa menyadari meretas sistem keamanan WOPR (Respon Rencana Operasi Perang) yang dimana WOPR adalah buatan seorang ilmuwan programmer tahun 1960 bernama Steven Falken. Dalam melakukan peretasan ia mencari sebuah kata sandi untuk menembus keamanan WOPR milik angkatan udara AS dan menemukan kata sandi yaitu Joshua, nama tersebut adalah nama putra dari Steven Falken yang meninggal karena kecelakaan.

  • Hackers: Wizards of the Electronic Age (1984)
Film dokumentasi yang terinspirasi dari buku berjudul "Hackers - Heroes of the Computer Revolution" yang dibuat oleh Steve Levy menceritakan bahwa peretas yang dimaksud bukan cracker yang lebih kepada sifat berbahaya akan tetapi peretas yang membuat perubahan besar terhadap dunia teknologi. Film ini dibintangi oleh para senior yang memiliki keahlian luar biasa yaitu revolusi komputer seperti Steve Wozniak salah satu pencetus Apple, Bill Atkinson dan Andy Hertzfeld sebagai desainer dari Macintosh.
  • Sneakers (1992)
Salah satu pemeran hacker dalam film ini bernama Martin Bishop (Robert Redford) ia mempunyai keahlian dalam meretas seperti bank dan bagaimana sistem keamanan yang dimiliki oleh mereka. Martin sebagai pemimpin dalam tim bersama anggota lainnya seperti Portier, Ackroyd, Phoenix dan Strarthan yang juga handal dalam komputer. Tim Martin bekerja untuk agen CIA untuk mengambil kotak hitam dan mereka mampu untuk memecahkan kode enkripsi firewall.
  • Hackers (1995)
Seorang hacker remaja bernama Dade ditangkap oleh Badan Rahasia AS dengan terbukti bahwa ia menulis virus komputer yang menyebabkan perusahaan saham di AS menurun drastis secara signifikan dalam sejarah. Akibat dari perbuatan yang dilakukan ia di dakwa 7 tahun penjara dan dilarang mengoperasikan komputer.

Setelah dibebaskan, ia beraksi kembali dengan menelepon stasiun televisi setempat untuk memberikan nomer modem dalam hal ini Dade menggunakan teknik yang disebut Social Engineering setelah berhasil menipu penjaga keamanan stasiun televisi ia berhasil meretasnya dan mengganti siaran program TV menjadi The Outer Limits.
  • Pirates if Silicon Valley (1999)
Film sejarah dari kedua belah pihak yaitu Microsoft dan Apple dimana Steve Jobs dan Steve Wozniak pendiri dari Apple sedangkan Bill Gates dan Steve Ballmer pendiri Microsoft. Semuanya menceritakan tentang awal mula dari perusahaan ternama dunia serta perbandingan kedua sistem operasi yang sama-sama profesional.

Demikian informasi mengenai berbagai film di bidang cybersecurity, pemrograman maupun yang berhubungan dengan hacking dan sejenisnya. Jika Anda memiliki koleksi film lainnya silahkan berkomentar. Selamat Menonton.