Perlu Ketahui, Inilah Perbedaan Obfuscation dan Encryption


Dalam dunia Information Communication Technology dan Cybersecurity hal yang paling mendasar untuk diketahui sebagai keamanan data akses dari ancaman luar yaitu obfuscation dan encryption. Namun pada pembahasan kali ini kita akan sedikit mengorek lebih dalam informasi perbedaan keduanya bagi sistem keamanan sebagai antisipasi serangan para blackhat.

Obfuscation, dan Encryption memiliki tiga keutamaan diantara lain yaitu Kerahasiaan, Integritas dan Keaslian. Ketiga keutamaan tersebut sangat mempengaruhi khususnya dalam dunia digital security yang pada keutamaan Kerahasiaan menjaga atau melindungi segala sesuatu informasi yang bersifat sensitif dan aktivitas yang tidak dikenal maka akan dibatasi. Keutamaan kedua yaitu Integritas yang berarti melindungi informasi yang dianggap penting dan menjaganya agar tidak otak-atik oleh pihak ketiga. Keutamaan terakhir tidak lain yaitu Keaslian yang dimana seluruh informasi akan di identifikasi sebagai pemilik yang sah dan yang memiliki hak akses saja yang dapat berwenang.

Obfuscation

Semua orang ingin barang yang ia buat digunakan dengan baik tanpa dirusak ataupun dimodifikasi oleh seseorang tanpa izin begitupun dengan program yang dibuat susah payah memakan waktu berhari-hari tetapi jika dimodifikasi maka sebagai pembuat akan merasa kesal hasil karyanya diotak-atik oleh oknum tak bertanggung jawab.

Seperti halnya dengan Encoding, terkadang obfuscation dianggap sama seperti encryption dan keliru dalam penggunaanya. Definisi Obfuscation lebih tepatnya yaitu menyembunyikan atau mengkaburkan sebagian kode hingga seluruh kode agar sulit dimengerti oleh manusia. Jika encryption menggunakan kunci kriptografi bersifat publik sedangkan Obfuscation tidak.

Meskipun teknik Obfuscation dianggap tidak begitu aman karena sudah banyaknya website / tools yang menyediakan deobfuscation tetapi fungsinya sampai saat ini masih digunakan. Nilai kekayaan intelektual pada kodingan memang dijunjung tinggi agar terhindar dari perusakan kode secara illegal serta sangat membantu melindungi dari teknik reverse engineering.

Encryption

Simpelnya encryption adalah menjaga kerahasiaan data. Tak sembarang orang berhak mengakses tanpa adanya "key". Kunci tersebut haruslah memiliki keamanan tinggi yang sulit ditebak oleh orang lain dan mencegah dari serangan brute force agar terjaga kerahasiaannya.

Kunci encryption dibagi menjadi dua yaitu kunci simetris dan kunci asimetris. Jika Anda pernah melihat isi file bertuliskan "BEGIN RSA PRIVATE KEY" nah itu menggunakan jenis encryption yang memakai kedua kunci tersebut dengan perbedaan yang mencolok yaitu jumlah kunci yang ingin digunakan.

Encryption simetris memiliki kunci bersifat rahasia yang fungsinya sebagai mengenkripsi dan mendeskripsi transformasi data. Pada kunci ini tidak boleh ada orang lain yang mengetahuinya sebab jika kunci ini berhasil diketahui maka orang tersebut dapat mengakses segala informasi sensitif.

Encryption asimetris dibagi menjadi dua kunci yang pertama bersifat publik dan yang kedua bersifat pribadi. Kunci pribadi layaknya encryption simetris yang bersifat rahasia sedangkan kunci publik bersifat global siapa saja boleh tau dan itu tidak menjadi masalah. Nahh pada penerapan encryption kunci publik yang digunakan dibantu dengan kunci pribadi sebagai fungsi mendeskripsi data.

No comments for "Perlu Ketahui, Inilah Perbedaan Obfuscation dan Encryption"