Pengertian Obfuscation dan Deobfuscation

Pengertian Obfuscation dan Deobfuscation


Obfuscation atau Deobfuscation mungkin sudah pernah kita dengar, biasanya penggunaan tersebut untuk mengenkripsi suatu kode yang dibuat guna mengamankan kodingannya agar tidak diklaim oleh seseorang. Obfuscation dalam Bahasa Indonesia artinya "Kebingungan" dari nama itu saja kita sudah mengerti tujuan obfuscation untuk digunakan. Mari disimak pembahasan kali ini..

Obfuscation

Teknik Obfuscation dalam menyembunyikan script asli membuatnya sulit dipahami dan sulit diketahui apakah kodingan tersebut berisi muatan jahat atau sebaliknya. Obfuscation sendiri jika di artikan yang sebenarnya adalah sebuah teknik yang biasa digunakan oleh para pembuat kodingan untuk melindungi dari pihak ketiga yang ingin merubah, mengklaim dan mengganti tanpa izin pembuat.

Obfuscation lebih dari sekedar enkripsi, program yang sudah melakukan teknik obfuscation umumnya sangat sulit dipahami bagaimana alur kerja dari kode yang sudah di obfuscation tersebut namun tetap menjaga dengan aman fungsi kerjanya. Tujuan dari obfuscation menyembunyikan kode asli sebanyak mungkin agar tidak di decrypt dengan mudah dan membutuhkan waktu lama untuk membongkarnya apalagi kita juga membutuhkan tools khusus untuk membantu melakukan reverse engineering pada kode yang di obfuscation.

Secara garis besar, penggunaan obfuscation lebih mengarah kepada seseorang yang menyisipkan kode jahat untuk disebarkan di dunia maya. Banyak website dan tools yang menyediakan fitur obfuscation akan tetapi malah disalah gunakan oleh beberapa oknum yang membuat kode jahat dan menyembunyikannya menggunakan tools obfuscation tersebut.

Deobfuscation

 Jika obfuscation untuk menyembunyikan kode asli dari si pembuat maka deobfuscation sebaliknya yang artinya mengubah kode yang di obfuscation menjadi seperti semula dan dapat dilihat tanpa merasa sulit dipahami. Banyaknya tools ataupun website yang memiliki metode obfuscation maka menjadi tambahan bagi kita untuk mencari yang tools deobfuscation yang sesuai dengan kode yang sudah menggunakan obfuscation.

Referensi :

Anda mungkin menyukai postingan ini