Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G di Indonesia


Saat ini dunia jaringan telekomunikasi sangat berkembang pesat dan muncul beberapa inovasi yang meningkatkan performa kinerja signal agar kedepannya semakin efisien dan tetap aman digunakan. Jaringan 5G seolah-olah hadir untuk mengatasi masalah pada generasi sebelumnya entah problem dari signal ataupun kecepatan bandwith. Kini jaringan 5G sudah digunakan pada perusahaan smartphone seperti Realme, Xiaomi, Huawei dan sebagainya.

Kelebihan Jaringan 5G :

  • Performa Cepat
Dikutip dari portal berita CNN International, bahwa jaringan 5G memiliki kekuatan super power daripada jaringan sebelumnya yaitu 4G yang mencapai 90-100x lebih cepat saking cepatnya jika melakukan streaming film dengan durasi panjang ataupun kualitas HD hanya hitungan detik. Berbeda halnya dengan jaringan 4G yang agak lama dan bandwith yang dikirimkan tidak sebesar dengan jaringan 5G.
  • Smart Network
Jaringan 5G adalah sesuatu terobosan yang baru dan mampu membaca perintah signal telekomunikasi dengan sangat cepat yang artinya semua akses internet seperti membuka situs, streaming video, download dan segala macem yang menggunakan internet diklaim mengungguli dari jaringan 4G. Dengan memberikan resolusi yang tinggi serta bandwidth besar ini akan menambah kecepatan koneksi internet yang efisien serta lebih efektif menjangkaun apapun hingga yang terkecil sekalipun.
  • Secure Network
Tak hanya mengandalkan kecepatan akses internet, namun tingkat keamanan sudah pasti ditingkatkan demi menjaga pengguna dari serangan jahat yang mengancam jaringan mobile yang mereka gunakan. Biasanya organisasi seperti pemerintah dan industri akan melakukan pekerjaan dengan cara monitoring jarak jauh dan itu membutuhkan koneksi yang cepat agar tidak terjadi lag satu sama lain.

Kekurangan Jaringan 5G :

  • Private Secure
Terkait penggunaan jaringan mobile personal mengenai keamanan jaringan ini belum di informasikan apakah jaringan 5G lebih aman dibandingkan generasi sebelumnya sebab informasi ini masih belum ditemukan akan tetapi jangan khawatir seiring perkembangan zaman pasti akan berkembang dan pihak perusahaan telekomunikasi sudah memikirkan hal itu.
  • Jaringan Terbatas
Dengan kecepatan sangat tinggi pasti ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya yaitu jaringan yang terbatas. Artinya ruang lingkup yang diberikan jaringan 5G tidak bisa menembus dinding atau bisa dikatakan jangkauan tidak luas seperti umumnya.
  • Terbatas Pada Smartphone
Walau teknologi ini sudah hadir namun beberapa tipe smartphone tidak akan mendapatkan update mengenai jaringan mobile terbaru disebabkan perusahaan smartphone akan lebih memprioritaskan kepada produk baru mereka.
  • Biaya Sangat Tinggi
Jika kecepatannya melebihi jaringan 4G maka biaya yang akan dianggarkan untuk membuat jaringan mobile 5G pasti akan memerlukan biaya yang sangat mahal untuk membeli perlengkapan teknologi dan juga untuk menambahkan keamanan privasi yang sampai saat ini belum diselesaikan.

No comments for "Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G di Indonesia"