6 Situs Deobfuscator JavaScript Online


Menyembunyikan script javascript menggunakan obfuscation memanglah suatu ide yang bagus sebagai perlindungan agar tidak dicuri, diklaim ataupun diganti daripada copyright sang pembuat. Banyak sekali creator kodingan yang susah-susah ngoding ampe berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat kodingan yang menarik akan tetapi tidak dihargai apa yang ia buat selama itu.

Oleh karena itu, banyak juga yang membuat tools obfuscation dan juga deobfuscatornya yang memiliki fungsi yang satu sebagai enkripsi script sedangkan satu lagi sebagai deobfuscate script tersebut. Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang tools deobfuscator khususnya yang disediakan beberapa situs online secara gratis. Biasanya tak hanya deobfuscator javascript, tak sedikit situs juga memberikan layanan tools lainnya yang bisa digunakan setiap hari. Pernahkah Anda menemukan script javascript yang sudah di obfuscation namun sulit untuk dipecahkan kode aslinya ? Yuu dicoba beberapa situs deobfuscator online secara gratis.

JSNice

JSNice adalah situs paling sering muncul di mesin pencarian google dengan tampilan yang sangat sederhana akan tetapi fungsi sebagai situs deobfuscate masih menjadi prioritas bagi mereka. JSNice mendeteksi obfuscation packers yang saat ini sering dijumpai pada kode script javascript ketika di obfuscation. Situs tersebut terakhir update pada tahun 2018 dan menawarkan pembaruan diantara lain yaitu Support for ECMASCRIPT 6, Built-in packers detector, Possibility to transpile not yet supported code, Increased prediction accuracy dan Ability to provide direct feedback on JSNice predictions.

Situs: JSNice.org

Beautifier

Sebenarnya awal nama dari situs ini adalah jsbeautifier namun dirombak dari nama hingga dilakukan penambahan fitur yang berguna melakukan deobfuscate, unpack menjadi readable. Beautifier juga menyediakan ekstensi browser, software dan segala macam yang mendukung javascript maupun html. Beberapa fitur menarik di situs ini termasuk unescape printable chars encoded as \xNN or \uNNNN dan mendeteksi obfuscation namun tidak semuanya selalu berhasil di deobfuscate disini.

Situs: Beautifier.io

Unminify

Situs ini tidak seperti lainnya yang memberikan keterangan mengenai apa saja fitur di dalamnya hanya mencantumkan bahwa ia mampu melakukan unpack dan deobfuscate javascript, css, html, xml dan json. Jika menemukan script obfuscation pada URL website yang Anda miliki ataupun yang dimiliki perusahaan Anda mungkin bisa mencoba situs ini untuk dijadikan test deobfuscate.

Situs: Unminify.com

de4js

Menggunakan github.io sebagai tempat deobfuscator online tak mengurangkan manfaat utamanya. Dengan desain halaman serba hitam menambah nilai kesan yang enak dipandang ketika digunakan pada malam hari. Sang pembuat deobfuscator menggabungkan open source lainnya yaitu Decoder JSFuck, Decoder JJencode dan lainnya dengan bantuan kontributor bernama Himura2la menjadikan situs gratisan ini menjadi keren dan patut dicoba. Fitur yang terdapat disitus mampu mendeteksi diantara lain yaitu Eval, Array, _Number, JSFuck, JJencode, AAencode, URLencode, Packer dan JS Obfuscator.

Situs: lelinhtinh.github.io/de4js/

Deobfuscate Javascript

Seperti namanya situs ini akan mendeteksi dan mampu melihat kodingan javascript dibalik script yang sudah di obfuscation oleh sang pembuat entah itu digunakan untuk berbuat jahat atau hanya ingin melindungi kodingan agar tidak disalahgunakan. Situs ini sepenuhnya bekerja tanpa mengandung konten HTML dan script javascript juga harus menggunakan sintaks yang benar agar tidak terjadi gagal dalam penggunaan. Dirancang untuk mendeteksi penggunaan sintaks eval dan write dengan muatan berbahaya akan tetapi beberapa script berbahaya tidak hanya menggunakan fungsi tersebut. 

Situs: deobfuscatejavascript.com

Codeamaze

Situs terakhir dalam pembahasan kali ini yaitu adalah Codeamaze. Codeamaze juga memberikan layanan tools online secara gratis khususnya javascript deobfuscate dengan memberikan sample contoh bagaimana mereka bekerja melakukan deobfuscate pada script javascript yang di obfuscate. Walaupun tak menjelaskan beberapa fitur yang mereka miliki tidak ada salahnya toh kita mencobanya.

Situs: codeamaze.com

Kesimpulan

Situs deobfuscate yang sudah dijelaskan tersebut masing-masing memiliki kemasan yang berbeda akan tetapi mereka akan membantu siapa saja yang ingin mencoba melakukan reverse kode script javascript yang biasanya di obfuscate dengan tujuan jahat dan itu memang paling umum dan sering dijumpai di internet. Dengan enkripsi yang rumit mungkin beberapa situs diatas tidak selalu bisa mendeteksi atau memberikan kode asli di dalamnya.

No comments for "6 Situs Deobfuscator JavaScript Online"