Tips Solusi Ketika Google Update Algoritma

Beberapa hari yang lalu Google melakukan pembaruan Core Algoritma. Sistem pembaruan ini rutin tiap bulan secara jelasnya belum ada yang mengetahui tujuan dan dampak yang akan terjadi ketika pembaruan ini terjadi, sebab pada pembaruan sebelumnya seperti Google Rankbrain dan Google Pigeon mereka menjelaskannya namun untuk yang ini tidak terlalu dijelaskan secara penuh.

Tahun demi tahun pembaruan berjalan akhirnya ditemukan sedikit informasi mengenai pembaruan core algoritma ini dikarenakan para pakar SEO melihat dari segala sisi contoh saja dari page rank yang mereka miliki yang semula paling atas tiba-tiba merosot jauh bahkan sampai tidak ada yang nyantol dipencarian / terindeks.

Cara Kerja Google Core Algoritma

Ada ratusan miliar halaman situs yang ada di seluruh dunia yang harus dipilih sesuai apa yang dicari oleh pengguna dan Google menemukan sebuah cara untuk memilah situs-situs tersebut untuk dijadikan situs terbaik dihalaman pencarian sesuai keyword dari pengguna yang sedang mencari topik tertentu. Ini adalah teknik Google untuk mempermudah dan mempercepat pencarian pengguna di mesin penelusuran dan menemukan apa yang dicari selama ini.

Situs peringkat terbaik saat ini belum tentu di hari yang akan datang, Google akan terus melakukan pembaruan secara berkala untuk memastikan situs dengan konten artikel paling berkualitas untuk disajikan kepada pengguna dan yang paling relevan menurut mereka akan ditampilkan di mesin pencarian.

Analisis keyword dalam penelusuran menjadikan pembaruan ini paling terpenting untuk menemukan informasi yang benar-benar sesuai serta relevan makna arti kata yang dicari oleh pengguna. Contoh saja dalam menafsirkan kata eja ketika mencari sesuatu pada keyword A namun seharusnya adalah B maka Google akan memilah keyword tersebut dan menampilkan situs yang cocok untuk ditampilkan.

Analisis ejaan keyword

Tujuan algoritma ini untuk mengurangi situs berisikan tautan / konten SPAM yang membahayakan namun biasanya situs SPAM tersebut mempunyai tujuan yaitu meraih peringkat terbaik di mesin penelusuran identik memakai keyword secara berulang-ulang ataupun membeli backlink serta pembaruan ini akan membasmi situs yang melanggar pedoman webmaster Google.

Dengan bantuan Google Console, pembaruan ini juga akan mempercepat dan memfilter situs-situs yang paling terbaik dalam hal kualitas konten artikel yang dibuat. Tools crawler yang dimiliki oleh Google akan memeriksa setiap tautan link pada situs dan pasti akan diperiksa apakah tautan tersebut berbahaya atau tidak.

Solusi Mengatasi Google Core Algoritma

  1. Membuat konten artikel berkualitas tanpa memperbanyak kata kunci yang cenderung seperti spam seo
  2. Berikan kata kunci salah satu dibagian halaman berupa Judul, Isi artikel dan bisa juga pada penamaan gambar konten.
  3. Menggunakan tag SEO atau pedoman webmaster Google
  4. Crawling ulang pada tautan yang paling sering dikunjungi
  5. Ikhtiar dan berdo'a