Tentang Deep Web Vs Dark Web Jarang Diketahui Banyak Orang


Dark web atau deep web memiliki perbedaan namun masih sama dalam artian  mereka adalah sisi gelapnya sebuah internet. Mayoritas pengguna internet biasanya menggunakan mesin pencari Google untuk menemukan apa yang ia cari namun ketika ia tak menemukan biasanya mencari cara bagaimana ia mendapatkan hal tersebut seperti penggunaan VPN untuk berselancar dengan bebas ataupun penggunaan browser tor.

Deep Web

Deep web adalah sebuah informasi internet yang sama dengan artikel World Wide Web namun dengan perbedaan deep web tidak terdapat pada mesin pencari pada umumnya seperti Google dan Bing karena tidak terindeks oleh mereka. Sebagian besar artikel / konten deep web merupakan informasi sensitif dan rahasia, perlu diingat tidak semua isi informasi pada deep web merupakan illegal itu sesuai pada pembuat konten deep web yang mengharuskan konten mereka tidak ingin diindeks oleh mesin pencari pada umumnya.

Deep web banyak disalah pahami oleh sebagian orang yang mengatakan bahwa isi informasi pada deep web semuanya tentang pembunuhan serta illegal akses sebenarnya bukan itu yang dimaksud sulitnya akses terhadap deep web menjadikan seseorang menyimpan informasi yang sifatnya rahasia dan tidak diketahui oleh publik seperti halnya database, jejaring intranet universitas ataupun perusahaan ternama dunia.

Penelitian yang dilakukan Universitas Californio bahwa deep web menampung data sekitar 7.4 Petabyte (1Petabyte setara dengan 1000Terabyte) yang berisikan informasi web rahasia yang biasa kita gunakan seperti Facebook, Blog, Instagram dan situs lainnya. Mereka juga mengatakan situs besar tersebut menyumbang 2% dari seluruh internet yang ada. Perbedaan pendapat terjadi ada yang mengatakan deep web menampung lebih dari itu.

Informasi yang dianggap rahasia pada deep web diantaranya yaitu
  1.  Akses menuju database online
  2.  Intranet universitas ataupun perusahaan
  3.  Sistem internal pada perusahaan
  4.  etc

Dark Web

Dark web lebih dalam lagi dari deep web dan informasi juga lebih luas dibandingkan deep web. Dark web atau biasa juga dengan nama darknet yang berisikan konten yang lebih mengarah ilegal akses seperti jual beli data pengguna, leaked database dan perkumpulan para blackhat. Kesamaan diantara deep web dan dark web adalah mereka tidak diindeks dan sulit ditemukan pada mesin pencari layaknya Google ataupun Bing dan sejenisnya.

Dark web bisa dikatakan lebih mengerikan karena akses yang sulit konten didalamnya berisikan perdagangan ilegal, jual beli senjata, narkoba dan data pengguna yang sifatnya rahasia. Sebelum mengakses dark web biasanya seseorang menggunakan browser khusus yang berfungsi agar mereka tidak dapat dilacak keberadaanya seperti Browser Tor berguna untuk diskusi sesuatu yang bersifat ilegal.

Keberadaan dark web membuat orang menjadi penasaran akan lebih jelas bagaimana isi yang disuguhkan didalamnya mencakup informasi kredensial yang sangat rahasia contohnya credit card, passport, hasil akun yang diretas, informasi data rahasia pemerintah ataupun peralatan skimmer yang berfungsi untuk pembobolan atm.

Tidak hanya informasi data sensitif dark web juga menyimpan berupa tools yang berbahaya misalnya RAT, keylogger, botnet, DDoS, malware, exploit. Situs web memiliki nama yang sulit diingat ataupun sulit dicari keberadaanya seperti contoh paoxi92xmawv.onion yang ditemukan oleh pakar keamanan di Chicago situs tersebut menjual barang ilegal namun dengan cepat situs tersebut sudah tidak ditemukan lagi.

Dark web sangat cepat mengetahui informasi di dunia maya yang membuatnya lincah dalam berpindah-pindah nama domain agar tidak diketahui namun situs dark web juga mempunyai kelemahan yang rentan terhadap serangan DDoS dan tidak mempunyai keamanan yang tinggi daripada situs umumnya. Berbekal pindah-pindah nama domain yang bertujuan mencegah seseorang seperti intel ataupun serangan seperti DDoS ini sangat efektif untuk lingkungan yang dinamis.

No comments for "Tentang Deep Web Vs Dark Web Jarang Diketahui Banyak Orang"