Solusi Menyelesaikan Masalah Pada CAPTCHA


Sebenarnya apa si itu CAPTCHA ? Apakah CAPTCHA merupakan produk Google ? Bagaimana cara mengatasinya ?. Mari kita bahas secara tuntas pada pembahasan kali ini. Google CAPTCHA pertama kali diperkenalkan oleh Jon Langford dan kawan-kawan pada tahun 2013. Istilah CAPTCHA sendiri yaitu Computer Automated Public Turing Test to tell Computer and Humans Apart.

CAPTCHA sendiri mempunyai tugas khusus menangani seluruh aktivitas pengguna internet yang berkunjung kesuatu pencarian di Google ataupun langsung pada website yang tersedia CAPTCHA. Pada tahun 2018 Google mempublikasikan reCAPTCHA versi terbaru yaitu generasi ketiga berbeda dari sebelumnya yang menggunakan kotak area untuk mengetikkan kode CAPTCHA. Terobosan terbaru ini sebagai perlawanan terhadap aktivitas penyalahgunaan permintaan query yang berlebih.

Varian reCAPTCHA saat ini yang paling banyak digunakan yaitu pada versi kedua dan ketiga masing-masing berbeda dalam menganilisis pengunjung. Pada reCAPTCHA versi ketiga memungkinkan autentikasi kepada pengguna menggunakan Javascript API sebagai tindakan yang membantu dalam hal konten artikel pada situs yang kamu kelola. Sedangkan pada versi kedua tanpa menggunakan CAPTCHA atau dengan kata lain hanya mencentang "Saya Bukan Robot" lalu halaman akan dialihkan sesuai permintaan pengunjung.

Pengelola situs website dapat membuat script Javascript API reCAPTCHA dengan dokumentasi yang telah disediakan oleh Google yang sangat membantu dalam mengamankan lalu lintas yang mengarah website kalian. CAPTCHA biasa digunakan pada form login, register atau bahkan sebagai autentikasi melalui email.

Pilihan Cara Mengatasi Masalah Pada CAPTCHA

  1. Aktifkan javascript pada web browser (Google / Firefox)
  2. Browser dalam keadaan versi terbaru
  3. Nonaktifkan VPN
  4. Clear Cache-Cookie pada pengaturan web browser
  5. Diskonek internet lalu sambungkan kembali
  6. Setting konfigurasi DNS Primary dan Secondary (8,8,8,8 dan 4.4.4.4)
  7. Langkah terakhir yaitu restart komputer
Cara diatas bisa kalian gunakan satu persatu dan sebelum mencoba baca terlebih dahulu masalah apa yang didapat pada captcha tersebut. Tindakan CAPTCHA membantu kedua belahpihak antara pengunjung dan pengelola web agar dilindungi dari serangan jahat maupun spam bot pada lalu lintas jaringan.