Methode Phising Melalui Google Docs

Methode Phising Melalui Google Docs


Phising Google Docs menjadi salah satu trend baru untuk mendapatkan data informasi korban. Semua cara phising sebenarnya sama saja namun pelaku memodifikasi sesuatu agar menjadi menarik perhatian dengan itu korban akan lengah dengan manipulasi yang dibuat oleh pelaku pembuat phising. Trend ini paling sering ditemukan pada platform Facebook dan penyebaran dilakukan secara masif.

Teknik social engineering menjadi salah satu teknik yang harus digunakan dalam mengelabui korban bahwa situs yang disebar pelaku merupakan situs asli namun kaum awam biasanya cenderung tidak memeriksa keaslian situs tersebut dan mereka menjadi penasaran untuk mengunjunginya dengan hasrat keinginan sesuatu dalam situs yang disebar pelaku.

Tidak hanya disebar melalui Facebook phising google docs juga melakukan serangan melalui email secara random dengan subject undangan dan sejenisnya. Phising yang berjenis baru ini sangat mengerikan yaitu langsung meminta izin akses ke Gmail ketika korban mengklik izinkan pada laman phising google docs tersebut maka pelaku dapat mengendalikan jarak jauh.


Serangan ini biasanya menargetkan perusahaan yang menggunakan Gmail sebagai email bisnis mereka dengan cara apapun untuk memanipulasi korban dan segala hal untuk mendapatkan data informasi dengan phising terbaru ini kemungkinan berhasil juga besar hanya menggunakan keterampilan dalam membuat skema yang sesuai dengan subjek korban.

Jika kalian sudah pernah mengklik tautan Phising Google Docs secepatnya segera diperiksa dan dihapus jika pernah mengizinkan akses email dengan cara berikut ini:

  1. Buka pengaturan akun Google (myaccount.google.com)
  2. Lalu menuji ke pengaturan keamanan dan juga aplikasi yang terhubung
  3. Carilah Google Document yang sudah pernah kamu berikan akses ke gmail dan langsung segera hapus dari account.
Jika sudah selesai dengan cara diatas sebaiknya pesan yang memuat tautan Google Docs dari alamat email tak dikenal langsung Laporkan Pesan sebagai Spam dan jika akun kamu berhasil diambil alih oleh pelaku pastikan sudah menautkan email pemulihan agar bisa kembali seperti semula.

Anda mungkin menyukai postingan ini