Mengenal Virus Trojan Coswid


Trojan memiliki banyak cara untuk menyusup kedalam komputer dan dampak yang diberikan juga sangat fatal jika tidak diatasi dengan cepat. Trojan memiliki banyak variasi namun tujuannya tetap yaitu merusak sistem komputer. Beberapa trojan yang sudah terkenal diantaranya yaitu  Trojan MyDoom, Trojan ILOVEYOU, Trojan Spy dan Trojan CryptoLocker seperti layaknya ransomware pembuat trojan juga menitipkan pesan pada program yang dijalankan tersebut mulai dari sekedar iseng-iseng ataupun ada maksud lain.

Trojan Coswid atau biasa disebut Trojan Downloader adalah malware yang menargetkan platform Windows untuk menjalankan trojan ini digunakan software Trickler. Trickler sendiri yaitu perangkat lunak yang dirancang untung mengunduh serta download tanpa diketahui oleh korban lalu perintah selanjutnya akan menginstall spyware ataupun keyloger di komputer korban.

Jika korban sudah terindetifikasi terkena malware ini maka trojan akan melakukan request ke server untuk mendownload berbagai file seperti HTML, PNG, dan GIF. File yg di download bukan sembarang foto / gambar semata namun sudah disisipi oleh kode jahat didalamnya walaupun gambar tersebut valid namun sudah disisipi kode jahat.


Kamu bisa melihat pada gambar diatas, gambar tersebut sudah disisipi kode jahat yang sudah di encode menggunakan Base64encode nah pada kode yang sudah di encode perintah itu akan menjalankan tugas mendownload beberapa file lainnya kepada korban. Penyerangan ini terjadi pada email spam atau lampiran yang sudah dimasukkan kode jahat tersebut dan memiliki tampilan yang menarik agar korban melakukan klik terhadap lampiran tersebut.

Dampak Terkena Malware

  1. Mengendalikan komputer korban jarak jauh
  2. Pencurian data atau memasang spyware
  3. Exploitasi
  4. Infeksi tambahan dari malware lainnya

Mencegah Malware

  1. Update Windows Defender
  2. Selalu aktifkan Windows Firewall
  3. Memasang AntiVirus seperti Avast dan Kaspersky
  4. Menghindari pesan masuk email yang terdapat lampiran khususnya kepada pengirim tidak dikenal
  5. Jika perlu upgrade sistem windows yang berhubungan dengan keamanan


No comments for "Mengenal Virus Trojan Coswid"