Pelajari Mengenai Google Core Algoritma


Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan Google akan melakukan update pembaruan sistem mereka walau begitu kita tetap dapat mengetahui informasi mereka melalui akun sosial media yang sudah tersebar seperti di Twitter. Tujuan pembaruan sistem ada kalanya berujung positif dan tidak sedikit juga mengalami hal buruk bagi blogger pemula.

Tidak hanya Google Core Algoritma yang di update pembaruan sebelumnya juga terdapat update seperti history pencarian pada akun yang di sinkron dan sebagainya. Filterisasi pada algoritma ini menyebabkan perubahan yang sangat drastis pada situs-situs yang sedang ingin menggapai peringkat pertama di mesin pencarian. Alhasil terkait perubahan yang terjadi beberapa situs akan terperosok jauh bahkan sampai tidak terlihat di halaman pencarian.

Perlu kamu ketahui terkait pembaruan yang terjadi, ini adalah sistem algoritma Google untuk memilah situs-situs dengan keyword pencarian yang sering digunakan oleh pengguna dalam mencari sesuatu yang cocok untuk ditampilkan walaupun sudah menggunakan tag seo jika pembaruan ini terjadi bakal jatuh juga dari halaman pencarian.

Pembaruan algoritma lebih cenderung terhadap analisis kata kunci di hasil pencarian bagaimana sistem mereka mengindentifikasi konten yang berkualitas agar dapat ditampilkan dan lebih diunggulkan kepada pengguna. Ditambah lagi dengan membasmi situs-situs yang berisikan konten artikel muatan berbahaya yang mengandung SPAM, malware dan sejenisnya yang berhasil merangsak masuk di halaman pencarian Google.

Jika website tidak terindeks ataupun tidak tampil pada halaman pencarian itu bukan berarti melanggar pedoman webmaster Google hanya saja sebagai pembaruan sistem untuk lebih baik dalam memilah sebuah konten yang nantinya akan disajikan kepada pembaca yang mengunjungi situs tersebut.

Baca Juga : Tips Solusi Ketika Google Update Algoritma

Pembeda yang simpel untuk melihat sisi relevan pembaruan ini adalah misalnya situs A memuat daftar website terbaik tahun 2017 sedangkan situs B sebagai daftar website terbaik tahun 2020 walaupun memiliki kemiripan situs B menjadi salah satu daftar website yang akan ditampilkan sebab situs tersebut menampilkan atau melakukan perubahan di dalamnya.

Dampak Google Update Algoritma

  1. Terperosoknya peringkat pada halaman pencarian
  2. Seringnya tidak terindeks pada kasus beberapa situs yang pernah ada
  3. Pada kasus yang lain beberapa situs akan tergeser oleh situs yang menampilkan konten baru walau memiliki konteks artikel yang sama
  4. Jika sudah terkena dampak maka sulit untuk dipulihkan dalam artian yaitu peringkat situs
  5. Penurunan trafik drastis

Perihal pembaruan tidak selamanya merugikan ini adalah menjadi salah satu mental untuk para konten kreator blogger agar dapat lebih semangat memberikan artikel yang berkualitas kepada para pembaca serta peningkatan jumlah trafik masih bisa terjadi dan situs masih bisa bertahan di halaman pencarian.