Daftar Distro Linux Asli Buatan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Daftar Distro Linux Asli Buatan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba


Local-Hunter.com - DracOs Linux adalah salah satu sistem operasi Linux buatan asli Indonesia yang bersifat open source dan juga dikembangkan menggunakan Linux From Scratch yang menjadikan special pada distro ini adalah DracOs tidak seperti distro lainnya yang dihasilkan dari turunan sebelumnya dan distro ini dikerjakan oleh developer yang handal serta profesional dalam meracik distro linux DracOs.

Bagi kamu yang menyukai tentang penetrasi testing ataupun ruang lingkup sejenisnya mungkin bisa dicoba sebagai alternatif dari Kali Linux, ParrotOS, BlackArch dan lainnya. DracOs juga memiliki tools yang powerfull yang dibuat oleh developer mereka juga seperti TheFatRat, Dracnmap, Brutal dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi tools penetrasi testing tersebut sudah cukup populer dikalangan IT Security di Indonesia maupun mancanegara yang direview melalui website ataupun channel Youtube biasanya yang membahas bug hunter dan juga bug bounty.

Desain yang menarik serta tools yang begitu mantap kamu wajib mencoba distro linux yang satu ini. Ciri khas lain pada distro ini adalah penamaan codename yang horror mungkin pihak developer ingin membawa sensasi horror di Indonesia ke mancanegara agar mereka tahu bahwa Indonesia memiliki sesuatu yang membuatnya jadi penasaran hehehe. 

Dikarenakan ini adalah distro linux yang pada dasarnya digunakan sebagai pentesting ini menjadi lebih mudah karena sudah banyak fanspage, youtube ataupun forum yang membahas terkait pentest dan lebih bersyukur lagi didalamnya sudah terdapat tools jadi tidak perlu download lagi jika dirasa kurang kamu bisa menambahkan sendiri.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang distro DracOs ada dibawah ini.

Situs : https://dracos-linux.org/




BlankOn adalah sistem operasi distribusi linux yang populer dalam pemakaian karena desain yang sangat user friendly. Linux BlankOn ini berbasis sistem operasi open source yang sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari ataupun penggunaan yang ditujukan kepada IT di Indonesia. Tidak kalah juga terkait kepopuleran distro linux ini kamu bisa melihat Youtube terkait BlankOn dan akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh BlankOn  :

  1. Distro linux yang open source serta user friendly
  2. Memiliki komunitas terbesar di Indonesia (Facebook)
  3. Memiliki repository dengan jumlah yang besar
  4. Ciri khas diambil dari kebudayaan, bahasa indonesia maupun tema yang khas.
  5. Mendukung pengoperasian layar sentuh
  6. Panduan pemasangan yang mudah dimengerti.
Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang distro linux BlankOn ada dibawah ini.

Situs: https://blankonlinux.or.id/


XentaOS adalah distribusi linux yang bisa dikatakan masih fresh yaitu dibuat pada tahun 2019 lalu yang diketuai oleh Dindin Hernawan.  Sistem operasi ini sebagai jangka panjang atau biasa disebut LTS yang dikembangkan dari Linux Mint dengan tampilan yang didesain ramah dan menarik kepada pengguna. 

Desktop yang digunakan oleh XentaOS yaitu Cinnamon yang dimana dekstop ini dipakai dalam Linux Mint. Penggunaan kepada user lebih didominasikan keperluan sehari-hari ini bisa dilihat dari update terbaru dari aplikasi yang terpasang pada XentaOS seperti LibreOffice, LibreOffice Math, KBBI, LibreOffice Draw dan masih banyak lagi yang siap digunakan tanpa melakukan pembaruan.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang distro linux XentaOS ada dibawah ini.

Situs : https://xentaos.com/


Codernate adalah sistem operasi open source turunan dari Arch Linux yang akhirnya dikembangkan oleh 3 pemuda asal Maluku tepatnya Ternate. Tampilan dinamis yang sedap dipandang membuat pengguna menjadi nyaman dalam penggunaan sehari-hari sama seperti XentaOS distro yang dikembangkan ini masih baru dirilis tahun lalu.

Buat kamu yang memiliki kemampuan dibidang IT Security Codernate juga tersedia tools untuk pentesting. Codernate sudah merilis versi 3.0 dengan sistem operasi menggunakan DE Gnome. Tahap rilis selanjutnya yaitu XFCE Edition yang masih dalam pengembangan oleh tim developer mereka.

Untuk bergabung dan berkontribusi pada Codernate bisa ikuti link dibawah ini.

Telegram : https://t.me/CodernateLinuxID
Unduhan : https://drive.google.com/drive/folders/1iw9rdkxShFEDGlCLjNxBD1LIoKmshpKj

Sebenarnya masih banyak lagi distro buatan Indonesia namun kebanyakan sudah tidak dilanjutkan lagi oleh masing-masing developer entah dikarenakan kurangnya kontribusi dari pengguna ataupun terkait pendanaan dalam merancang distro yang dibuat oleh mereka namun yang masih bertahan dan masih memiliki pengguna yang banyak tertera pada artikel diatas. 

Mari kita dukung agar tidak punah seperti distro pendahulunya. Jika kamu mengetahui distro linux lainnya yang masih bertahan hingga kini silahkan berkomentar dan sertakan sumber link.

Anda mungkin menyukai postingan ini