Apa Yang Menyebabkan Sering Munculnya CAPTCHA Pada Google


Pernahkah kalian menghadapi kesulitan untuk memverifikasi sebuah CAPTCHA ?. Itu adalah hal yang wajar. Sistem captcha dibuat oleh Google untuk memverifikasi kepada pengguna apakah ia manusia atau robot. Robot dalam artian disini bukan robot dunia nyata namun bot spam yang mengirimkan query otomatis secara terus-menerus.

Masalah komputer atau jaringan Anda mengirimkan kueri otomatis ini menjadi sesuatu yang mengesalkan sebab terkadang walau sudah memberikan jawaban yang benar namun Google merespon dengan jawaban tetap salah tidak ada yang pasti mengenai jawaban respon tersebut itu adalah sistem dari mereka sebagai filter manusia atau robot.

Google reCAPTCHA saat ini sudah menggunakan versi ketiga dan meningkatkan keamanan bagi pengguna untuk mengakses internet contohnya website dimana hampir rata-rata developer membuat sistem reCAPTCHA yang berfungsi mengamankan dan juga antisipasi spam bot. Developer biasanya akan memasang reCAPTCHA pada bagian login untuk mencegah terjadinya serangan bruteforce dan ini memang sangat efektif untuk meminimalisir serangan tersebut.

Sistem baru pada reCAPTCHA v3 memperkenalkan fiturnya yaitu menganalisis semua lalu lintas jaringan yang kamu pakai apakah lalu lintas jaringan tersebut mencurigakan atau tidak bagi Google. Masalah pada kueri otomatis bisa disebabkan konfliknya IP address pada lalu lintas jaringan yang kamu pakai oleh karena itu muncul reCAPTCHA sebagai fungsi memverifikasi lalu lintas jaringan.

Saat ini situs yang sudah menggunakan reCAPTCHA v3 sudah lebih dari 700.000 dari seluruh dunia secara keseluruhan yang menggunakan sistem reCAPTCHA selain versi ketiga kurang lebih 27% situs web. Google mengembangkan lebih jauh tentang reCAPTCHA untuk menentukan algoritma yang cocok kepada pengunjung website agar keamanan privasi tidak terganggu.

Penyebab Munculnya CAPTCHA

  1. Konflik lalu lintas pada jaringan
  2. Aktivitas tidak wajar
  3. Mencari kata kunci yang sama dengan pengguna lain secara terus menerus
  4. IP publik yang digunakan termasuk dalam blacklist
  5. Komputer / laptop yang dipakai terindetifikasi sebagai spam bot
Jika kamu mengalami hal tersebut bukan berarti tidak bisa melakukan browsing di Google namun itu adalah sebagai peringatan bahwa IP publik yang digunakan terdeteksi sebagai aktivitas tidak wajar yang menurut Google itu sebagai bot. Pengguna yang sering menggunakan VPN atau browser selain Google biasanya akan sering muncul CAPTCHA yang dinilai berisiko tinggi.

Walaupun sistem CAPTCHA ini dinilai merepotkan pengguna yaitu mewajibkan memverifikasi sebagai manusia bukan robot disisi lain mendapatkan nilai tambah tentang keamanan website. Pihak Google juga mengatakan bahwa sistem reCAPTCHA ini tidak termasuk dalam penargetan iklan seperti Google Adsense, Admob dan sejenisnya.