Perbedaan IT Security dan Cyber Security

Perbedaan IT Security dan Cyber Security


Haloo sobat kembali lagi dengan pembahasan yang menarik nihh. Banyak yang mencari tahu apakah IT Security dan Cyber Security itu sama ataukah berbeda. Pada era digital globalisasi ini keduanya sangat erat yang hampir memiliki kesamaan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan keduanya yang saat ini sangat berpengaruh pada dunia teknologi modern.

IT Security adalah strategi keamanan siber yang mencegah akses illegal atau tidak sah yang mengancam komputer, jaringan maupun data perusahaan atau personal individu. IT Security berfungsi untuk menjaga integritas dan kerahasiaan sebuah informasi yang sangat sensitif bilamana diketahui oleh seseorang bisa berdampak berbahaya. Jadi pada dasarnya IT Security yang bisa di andalkan tidak perlu membutuhkan seorang yang bekerja di Cybersecurity. Namun untuk lebih tangguh ada baiknya keduanya bisa bergandengan satu sama lain saat bekerja.

Dalam dunia bisnis jika IT Securitynya gagal dalam menjaga kerahasiaan data client maka  itu akan menjadi mimpi buruk seperti halnya keuntungan dan client akan memilih perusahaan yang lebih aman dan lebih ketat dalam mengamankan datanya. Apalagi sebuah pemerintahan yang memegang penuh data penduduk yang ada di negara tersebut jika IT Securitynya tidak efisien bekerja dan keamanan terbengkalai bisa jadi data penduduknya bisa bocor. Wahhh sungguh berbahaya kalo gitu..

local-hunter

Cybersecurity adalah bagian dari IT Security yang tidak jauh berbeda dalam menjalankan tugas. Cybersecurity melindungi semua sistem yang mencakup data, server serta perangkat lunak dari ancaman yang ingin mengakses secara ilegal  Cybersecurity diimplementasikan kepada pemerintah, perusahaan maupun individu.

Tantangan terbesar Cybersecurity yaitu para peretas semakin pintar dan tidak akan ada habisnya untuk mencari sebuah celah yang ditentukan. Tiap harinya ada saja kasus peretasan disebuah perusahaan, pemerintahan maupun yang menyerang personal pribadi. Saat ini ancaman yang sering terjadi pada Cybersecurity yaitu :
  • Malware
  • Ransomware
  • Phising
Oleh karena itu, dalam era globalisasi modern ini kita patut mewaspadai serangan-serangan jahat yang mengancam diri pribadi kita khususnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini