Cara Mengatasi Svchost.exe Yang Memakan Banyak RAM Sampe Lag


Pernahkah kalian tiba-tiba laptop yang kamu pakai terasa berat / lemot ? Yaps, saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa kita simpulkan mengenai laptop normal menjadi berat ketika di jalankan yaitu adanya virus yang berada di laptop namun tidak terdeteksi dan yang kedua banyaknya program yang berjalan seperti yang kamu lihat gambar diatas.

Svchost.exe sebenarnya file bawaan windows yang berisi sebuah services berbeda ketika dijalankan pertama kali. Dikarenakan banyaknya program yang berjalan secara bersamaan itulah penyebabnya jika laptop kamu merasa menjadi berat. Pengaruh paling besar pada svchost.exe yaitu jika laptop kamu hanya mempunyai RAM 2GB. Mengapa ? sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu banyaknya program yang berjalan apalagi ditambah ketika membuka Google Chrome.

Kamu wajib hati-hati jangan ceroboh untuk menghentikan program bawaan windows yang berjalan otomatis karena services yang dijalankan itu mempengaruhi fitur dari laptop tersebut. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang terasa berat.
  1.  Scan Laptop / Komputer 
    

Usahakan selalu menggunakan scan yang original untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti adanya malware dari software yang baru di download apalagi jika download hasil crack dan belum lagi website tersebut menampilkan banyak iklan.

      2. Stop Service Svchost.exe Yang Tidak Perlu


Pada halaman service di Task Manager kalian sorting dan lihat dengan detail apa saja yang tidak perlu kamu jalankan di latar belakang windows. Service yang berkaitan dengan windows tetap biarkan saja berjalan. Pada pemeriksaan service jangan lupa gunakan software anti virus untuk memastikan ada atau tidaknya virus yang berada di Task Manager.

      3. Bersihkan Event Viewer


Bersihkan log aplikasi windows menggunakan tools bawaan windows yaitu Event Viewer untuk menampilkan Event Viewer ikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini.
  • Tekan Windows  + R.
  • Ketik pada dialog Run eventvwr setelah itu OK.
  • Di dalam  Event Viewer, perluaskan terlebih dahulu pada sisi sidebar kiri dan bagian aplikasi.
  • Setelah itu pada menu Windows Logs pilih Application dan klik kanan pilih Clear Log.
  • Jangan lupa bersihkan seperti Security, Setup, System dan lainnya dengan cara yang sama. Namun perlu diperhatikan file apa yang akan dibersihkan.
  • Langkah terakhir silahkan Restart laptop atau komputer kamu.
      4. Scan Menggunakan VirusTotal




Bagi yang merasa ragu terhadap file svchost.exe kamu bisa segera langsung cek pada situs virustotal.com. Tetap waspada dengan file yang hampir mirip dengan aslinya untuk svchost.exe hanya berada pada directory C:\Windows\System32 jika bukan pada directory tersebut sudah dipastikan file tersebut malware yang berjalan dilatar belakang.


No comments for "Cara Mengatasi Svchost.exe Yang Memakan Banyak RAM Sampe Lag"